Dasar-dasar blogging

Apa itu blog, blogging, blogger, blogspot?
Tentu saja banyak yang sudah tahu makhluk yang namanya blog, bahkan ada yang sudah  “master of the blog”. Namun saya juga perlu memberikan sedikit gambaran mengenai blog dan cara-cara membuat blog. Sekedar tutorial terutama buat newbie alias pemula. Dengan pengetahuan yang terbatas saya mencoba menuangkan apa yang pernah saya pelajari tentang blog atau blogspot.
Oke gak  perlu ber-panjanglebar lagi…
Blog kalo diartikan sederhana adalah sebuah media untuk menulis. Apa saja yang ditulis? Jawabannya menulis apa saja, hehe..  Sederhana bukan?
Blog yang ditulis bisa berupa catatan pribadi, info penting, kabar berita, pengetahuan, kumpulan resep masakan, kesehatan, dll.  Media yang digunakan tentunya online dan dapat dibaca oleh semua orang. Untuk keperluan ini sudah disediakan Google  dengan nama domain blogspot.com secara gratis tanpa perlu membayar domain/ hosting.
Nah aktivitas/ kegiatan menulis ini dinamakan blogging/ ngeblog, sedangkan orang yang melakukan blogging dinamakan blogger. Ngeblog dapat dilakukan sebagai hobi, atau dipakai sebagai alat untuk mempromosikan produk/ jasa. Blog juga bisa dipakai untuk mengenalkan profil pribadi atau organisasi/ perusahaan ke masyarakat luas di dunia online.
Jadi kegiatan ngeblog ini tidak terbatas pada individu tetapi perusahaan pun dapat ngeblog untuk menyampaikan info tertentu kepada masyarakat, menerima masukan atau bahkan berkomunikasi dengan pengunjung blog.
Baiklah saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat blog di blogspot. Sebelum membuat blog hal pertama yang sangat penting anda harus memiliki akun email. Saya anggap dulu anda sudah memiliki email. Jika belum bisa membuat akun email silahkan baca   cara membuat akun email.
Cara membuat blog hanya dengan beberapa langkah mudah:
1.       Ketik URL: www.blogspot.com atau www.blogger.com di kotak alamat web browser. Maka akan muncul halaman seperti di bawah ini:




 

2.       Isilah alamat email anda seperti pada gambar di atas, saya contohkan alamat email saya adalah kontak.mediakalbar@gmail.com, maka pada kolom email ketikkan  kontak.mediakalbar . Boleh juga diisi secara lengkap menjadi kontak.mediakalbar@gmail.com. Lalu klik tombol Masuk. Lihat gambar di bawah ini:

3.       Pastikan semua kotak isian telah terisi, alamat email, nama anda, dll. Pada baris Nama Tampilan boleh ditulis apa aja, misalnya nama anda, nama blog atau tema blog, Nama Tampilan ini akan muncul di halaman profil/Dasbor. Lanjutkan proses pendaftaran dengan mengklik button “Lanjutkan”. Maka akan muncul tampilan halaman seperti gambar di bawah ini: (silahkan lihat hasil Nama Tampilan "media online" yang telah saya buat)

Klik button "Ciptakan Blog Anda". Silahkan diisi Judul Blog dan Alamat blog (URL). Klik “Cek Ketersediaan” untuk mengecek apakah blog yang anda inginkan masih tersedia atau tidak. Jika setelah dicek ternyata sudah tidak tersedia alias sudah ada yang punya, maka anda harus mengganti alamat lain. Jika Alamat blog tersedia maka anda dapat melanjutkan dengan mengklik button “Lanjutkan”.

4.       Nah, selanjutnya pilih template (desain) yang sudah tersedia.  Pilih yang disukai. Misalnya saya memilih gambar yang ke-dua.  Setelah itu klik button “Lanjutkan”.

Selesai.  Blog anda sudah jadi dan siap diisi postingan.  

 

Klik button “Mulai blogging”, anda akan dibawa menuju halaman posting untuk mengisi konten pertama anda. Pada contoh berikut saya telah mengisinya dengan sebuah postingan.  Lihat gambar di bawah:



Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penulisan judul, kemudian lanjutkan dengan mengisi artikelnya, yang terakhir isi label dengan satu atau beberapa kata atau kalimat yang berkaitan dengan isi artikel blog anda. Setelah selesai, klik “Terbitkan Entri”. Maka akan muncul pemberitahuan berikut ini:

Klik  pilihan “Lihat Entri”, dan hasilnya seperti berikut:


Sampai di sini dulu, nantikan session selanjutnya!

0 Response to "Dasar-dasar blogging"

Posting Komentar