10 Kebiasaan setelah makan

10 kebiasaan setelah makan
Pola hidup dan kebiasaan makan yang tidak sehat tentu saja akan menimbulkan berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Namun ada kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari seringkali diabaikan oleh kita, yaitu kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sehabis makan.

Nah berikut 10 kebiasaan setelah makan yang sering kita jumpai dan sering pula kita lakukan:


1 . Makan buah-buahan


Makan buah sehabis makan atau istilahnya cuci mulut sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Ternyata makan buah setelah makan merupakan kebiasaan yang tidak baik. Makanan yang baru kita makan  membutuhkan proses pencernaan 1-2 jam di dalam lambung, sehingga jika sehabis makan kemudian menyantap buah-buahan, maka buah yang baru saja kita santap ini akan terhambat oleh makanan yang telah masuk terlebih dahulu, buah-buahan tidak dapat dicerna secara normal. Lama-kelamaan  mengakibatkan diare, perut kembung, atau susah BAB dan gejala lainnya.

2 . Minum teh


Minum teh sehabis makan dapat mengencerkan getah lambung. Getah lambung membantu proses pencernaan, sehingga minum teh seusai makan dapat mengganggu proses pencernaan makanan. Daun teh
mengandung asam tanat yang tinggi. Minum teh sehabis makan mengakibatkan protein yang belum sempat dicerna oleh lambung langsung menyatu dengan zat asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak bisa dicerna dengan mudah, sehingga dapat mempengaruhi serapan protein, menghambat penyerapan zat besi, lama kelamaan bisa menimbulkan gejala anemia.

3 . Merokok


Sering kita jumpai ada sebagian orang yang merokok sehabis makan.  Perlu diingat, merokok seusai makan bahayanya  10 kali lebih besar dari biasanya. Pada saat seusai makan, peredaran darah di saluran pencernaan meningkat, jika merokok setelah makan, kandungan dalam rokok yang tidak baik ikut diserap, akibatnya dapat merusak otak besar, pembuluh darah jantung, dan hati.

4 . Mandi


Nah, ada juga orang yang langsung mandi setelah makan daripada mandi dulu baru makan. Mungkin menganggap lebih segar jika sehabis makan langsung mandi. Ini adalah kebiasaan yang keliru. Karena mandi sehabis makan volume aliran darah pada permukaan tubuh akan meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, dan menyebabkan pencernaan buruk.

5 . Mengendorkan ikat pinggang


Sehabis makan, mengendorkan ikat pinggang mungkin terasa lebih nyaman, namun hal ini dapat menimbulkan turunnya tekanan di dalam rongga perut dan memaksa lambung turun. Jika kebiasaan tersebut dilakukan terus-menerus maka akan benar-benar mengalami penurunan lambung.

6 . Banyak berjalan


Banyak berjalan seusai makan menyulitkan sistem pencernaan menyerap nutrisi makanan yang telah kita makan. Terutama untuk kaum manula, fungsi jantung akan melemah, penyempitan pembuluh darah, dan tekanan darah menurun.

7 . Berkaraoke



Lambung yang berisi seusai makan akan membesar, maka dinding lambung menjadi lebih tipis, dan volume aliran darah menjadi meningkat. Saat demikian, jika melakukan aktivitas bernyanyi atau berkaraoke, sekat rongga badan akan berpindah ke bawah, sehingga membebani rongga perut. Jika bebannya ringan dapat berakibat pencernaan buruk, dan jika aktivitasnya terlalu berat akan mengakibatkan gangguan lambung dan lain-lain gejala penyakit.

8 . Mengemudikan kendaraan


Sehabis makan, usus dan lambung butuh sejumlah besar darah untuk mencerna makanan. Maka untuk sementara waktu  otak besar kekurangan suplai darah. Mengemudikan kendaraan membutuhkan konsentrasi  sehingga ada kemungkinan berakibat kesalahan operasional. Jadi ada baiknya jangan langsung mengemudikan kendaraan seusai makan.

9. Langsung tidur


Nah, ini juga kebiasaan yang acapkali kita lakukan. Setelah makan kenyang seringkali rasa kantuk menyertai, lalu tertidur. Perlu dihindari. Tidur sehabis makan akan membuat makanan tidak bisa dicerna dengan baik, usus mengalami kembung dan mengakibatkan peradangan. Dan bila dilakukan pada malam hari menjelang tidur akan mengakibatkan aliran balik dan menyerang rongga pernafasan.

10. Minum air dingin


Kebiasaan  terakhir yang ini seringkali dilakukan oleh sebagian besar masyarakat saat ini. Apalagi sebagian besar warung makan dan restoran menyediakan beraneka  minuman dingin menyegarkan yang menggoda selera. Padahal sangat tidak dianjurkan minum air dingin setelah makan. Air es yang dingin dapat mengacaukan proses pencernaan lambung. Air es dapat membekukan minyak dan lemak pada makanan yang kita santap. Lemak yang membeku kemudian tertimbun di dalam usus dan lama kelamaan berakibat penyempitan saluran pencernaan sehingga berujung pada kegemukan. Sebagai gantinya biasakan minum dengan air hangat dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

(Sumber : okezone.com)

0 Response to "10 Kebiasaan setelah makan"

Posting Komentar