Tips mengatasi susah tidur

kenapa susah tidur
Matahari telah terbit dan semua orang bangun tidur dalam keadaan segar dan bertenaga, namun tidak dengan Anda, Anda tetap saja merasa capek dan mengantuk karena tidak dapat tidur dengan nyenyak semalaman. Ketahuilah bahwa "penderitaan" ini bukan Anda sendiri yang mengalaminya, karena ternyata banyak orang yang juga mengalami gangguan tidur.

Berdasarkan penelitan dua per tiganya dialami oleh wanita. Mengatasi susah tidur adalah perkara yang susah-susah gampang, karena ada orang yang sampai harus mengeluarkan banyak uang untuk berobat dan ada pula yang dapat mengatasi masalah ini dengan beberapa tips sederhana.
Jika tidak segera diatasi, permasalahan gangguan tidur dapat menyebabkan kurangnya waktu istirahat Anda dan pada akhirnya bisa mengganggu kesehatan. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi susah tidur ringan yang mungkin menimpa Anda.

Tips mengatasi gangguan tidur

·           Hindari stres dan bersantailah. Jangan biarkan permasalahan di kantor, di rumah, atau di mana saja membuat Anda susah tidur. Bicarakan masalah Anda dengan pasangan atau sahabat untuk meringankan beban pikiran Anda. Jika tidak terbiasa bercerita tulislah semua permasalahan Anda di sebuah buku harian untuk mencurahkan semua uneg-uneg Anda. Dengan begitu Anda akan lebih tenang dan bisa tidur dengan nyenyak.

·           Jangan makan terlalu banyak atau langsung tidur setelah makan, karena perut yang penuh akan menimbulkan ketidaknyamanan yang membuat Anda sulit tidur. Selain itu Anda akan merasa lelah keesokan hari karena organ pencernakan terus bekerja mencerna makanan yang Anda konsumsi.

·           Gantilah pil tidur Anda dengan mengonsumsi teh chamomile yang bermanfaat untuk membuat Anda rileks dan mengatasi insomnia yang Anda derita.

·           Hindari tidur siang berlebihan untuk mencegah mata tetap terbuka pada malam hari karena tubuh masih penuh dengan energi.

·           Mandi dengan air yang hangat bisa juga membantu tubuh menjadi rileks dan menghilangkan pegal, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

·           Keluarkan televisi dari tempat tidur, karena pergi tidur sambil menonton televisi atau menyalakan lampu justru akan membuat organ tubuh semakin awas dan tidak dapat beristirahat. Sebagai gantinya, pasanglah musik yang bisa menenangkan dan membantu Anda cepat terlelap.

·           Rajin berolah raga juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi insomnia Anda. Anda dapat memilih untuk berlatih yoga, karena selain efektif untuk melatih otot, olah raga ini juga dapat membantu Anda menenangkan pikiran.

·           Suasana dan suhu dalam kamar juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan Anda susah tidur. Rapikan kamar Anda, aturlah suhu di dalam kamar yang membuat Anda nyaman, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, agar tidak mengganggu istirahat Anda.

Tips di atas dapat Anda praktekkan untuk mengatasi susah tidur ringan yang Anda alami. Tetapi permasalahan Anda masih tetap berlanjut, ada baiknya Anda menghubungi dokter untuk mendapat penanganan medis, karena mungkin gejala insomnia itu merupakan indikasi Anda terserang suatu penyakit.

2 Responses to "Tips mengatasi susah tidur"

  1. salam kenal sob,, lihat blogku
    cara mempercepat modem smartfren

    http://ajibondhankottama.blogspot.com/2013/08/cara-mudah-mempercepat-koneksi-modem.html

    BalasHapus
  2. salam kenal juga, sudah saya kunjungi, blognya bagus sobat!

    BalasHapus