Cara Membuat Komputer Bekerja Lebih Cepat

Kamu pasti sangat kesal saat menghadapi komputer yang leletnya minta ampun, padahal harus segera mengerjakan tugas karena sudah mendekati deadline. Namun apa daya, meski marah-marah sendiri, kamu tetap saja terpaksa harus bersabar menunggu loading¬ yang lambat, yang memakan banyak waktu untuk menyelesaikan proses program yang sedang berjalan.

Nah, sebenarnya kamu bisa meningkatkan performa komputer kamu, asalkan tahu cara membuat komputer bekerja lebih cepat. Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Buang file-file tidak penting dari desktop
Kebiasaan kita dalam menggunakan komputer adalah menyimpan file yang telah selesai dikerjakan pada desktop komputer. Alasannya tentu saja agar gampang untuk menemukannya kembali. Nah, agar komputer bekerja lebih cepat, mulai sekarang kamu harus mengubah kebiasaan itu.Mulailah dengan merapikan file-file yang disimpan pada desktop komputer. Pindahkan semuanya ke folder-folder baru sesuai dengan tema masing-masing file, sehingga tidak susah untuk dicari saat dibutuhkan. Selain itu, untuk meringankan kerja hard drive bawaan pada komputer, ada baiknya juga kamu mulai menggunakan hard drive eksternal.

2. Bersihkan komputer dari virus atau malware
Manfaatkanlah anti virus yang ada pada komputer kamu untuk membersihkan virus atau malware yang menggerogoti kinerja komputer, sehingga bisa bekerja lebih cepat. Secara berkala, kamu harus melakukan ini. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan WOT (Web Of Trust) dan ekstensi Ghostery, jika komputer kamu terkoneksi dengan internet dan menggunakan browser Opera.

3. Jangan gunakan program Autostart
Agar komputer bekerja lebih cepat, kamu perlu menghapus program Autostart. Karena, dengan program ini, akan membuat semua program lain juga ikut berjalan secara otomatis. Untuk itu, coba lakukan pengauran agar komputer hanya menjalankan program yang kamu inginkan. Caranya, klik start menu pada Windows Vista atau ketik “msconfig” untuk Windows 7. Kemudian, buka link msconfig.exe.

4. Lakukan pengaturan pada disk komputer
Salah satu hal yang sering membuat kinerja komputer menjadi lambat adalah terjadinya disk fragmentasi. Lakukanlah pengaturan pada disk tersebut, dengan cara klik tombol start, All Programs, Accessories, dan kemudian System Tools, untuk mengoptimalkan drive komputer kamu.

Dengan beberapa cara di atas, maka komputer bekerja lebih cepat lagi. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian hardware komputer secara berkala. Karena debu-debu yang menempel di sana juga dapat membuat komputer jadi lelet. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Membuat Komputer Bekerja Lebih Cepat"

Posting Komentar