Manfaatkan benda di sekitar rumah anda

Anda mungkin sering pusing memikirkan betapa banyaknya semut yang selalu merongrong lantai dapur, tidak peduli sesering apapun Anda membersihkan lantai. Atau mungkin, Anda bingung mengapa kaca jendela rumah selalu terlihat kusam walaupun sudah digosok. Ada juga mungkin di antara Anda yang mengalami masalah bau tak sedap di rumah, baik bau dari kamar mandi, toilet, maupun ruangan yang baru dicat.

Berbagai masalah ini seringkali diatasi dengan menggunakan solusi seperti penggunaan pembersih kamar mandi, pembersih ubin, obat serangga, kapur barus dan berbagai bahan kimia rumah tangga lainnya. Akan tetapi, Anda harus waspada terhadap bahaya keracunan yang bisa menimpa anggota keluarga jika  bahan-bahan ini sering digunakan.

Untuk mengatasi berbagai masalah kebersihan rumah ini, Anda bisa beralih menggunakan berbagai benda sehari-hari yang kelihatannya sepele, namun ternyata cukup efektif dan tidak mengandung bahan-bahan kimia sintetis. Masalah Anda selesai, dan para penghuni rumah pun bebas dari resiko terpapar terlalu banyak bahan kimia rumah tangga.

Benda-benda Sehari-hari dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa benda yang biasa kita temukan di rumah serta bagaimana cara memanfaatkan mereka sebagai alat pembersih rumah tangga.

·     Ampas atau Sisa Air Kopi
Jika Anda punya kebiasaan minum kopi bubuk dan tidak habis, jangan buang sisa-sisa kopinya. Tuangkan saja ke dalam kloset yang mengeluarkan bau tersebut, lalu biarkan. Trik ini sering digunakan pramugari di berbagai armada pesawat, dengan cara menggantungkan kantung bubuk kopi di toilet. Hal ini karena kopi punya efek penyerap molekul berbau busuk.

·     Sisa Air Teh
Bagaimana jika Anda suka minum teh? Gunakan sisa airnya untuk pembersihan kilat kaca jendela. Caranya mudah yaitu cukup dipercikkan atau diguyurkan ke kaca yang kotor. Diamkan sampai agak kering (tetapi jangan sampai terlalu kering) lalu langsung lap. Kaca akan nampak cemerlang. Hal ini karena zat tannin dalam teh mengandung fungsi penyamak yang bisa meluruhkan debu dan kotoran dari kaca.

·     Bubuk Vanila
Bubuk vanilla yang wangi dan tidak terlalu mahal bisa menjadi solusi penghilang semut. Caranya cukup dengan menaburkan bubuk ini di sekitar tempat yang sering dikerumuni semut atau penyimpanan makanan. Cara ini lebih aman daripada memakai kapur pembunuh serangga dan membuat dapur Anda jadi wangi. Hal ini karena aroma vanilla yang kita sukai tidak digemari semut.

·     Air Garam
Campuran air garam yang kelihatan sederhana bisa dijadikan penghilang aroma cat yang ampuh. Bila Anda baru selesai mengecat rumah atau baru pindah ke rumah yang baru dibangun dan masih mengeluarkan bau cat, campurkan beberapa sendok garam ke dalam sebaskom air, lalu tempatkan di sudut-sudut ruangan. Buat 3 atau 4 baskom air seperti ini. Tunggu beberapa jam, lalu ciumlah perbedaannya. Bau cat pasti akan cukup banyak berkurang.

·     Gabus Kardus Barang Elektronik
Gabus putih yang Anda dapat ketika membeli barang rapuh atau elektronik dapat dimanfaatkan sebagai penambal talang. Gabus cukup dipotong-potong dengan ukuran yang disesuaikan, lalu direndam dalam minyak tanah. Tunggu sampai sangat lunak, lalu gunakan untuk menambal talang bocor.

Dengan menggunakan berbagai benda-benda sederhana ini, Anda bisa menghemat biaya pembelian bahan-bahan kimia rumah tangga. Selain itu, jika Anda cukup sering mengalami masalah seperti yang dijabarkan di atas, Anda bisa mengurangi resiko keracunan bahan kimia dengan beralih ke berbagai benda sederhana untuk membersihkan berbagai bagian rumah. Rumah Anda pun menjadi lebih bersih dan nyaman.

0 Response to "Manfaatkan benda di sekitar rumah anda"

Posting Komentar