Kredit Kepemilikan Rumah

Rumah adalah kebutuhan pokok untuk kehidupan manusia. Namun, mempunyai rumah sendiri bukanlah hal yang tergolong mudah. Hal ini wajar, mengingat mahalnya harga rumah serta terus melambung setiap tahunnya menyebabkan banyak masyarakat kemudian kesulitan membeli rumah sendiri. khsusunya bagi masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah.
Untuk itulah, bank sebagai lembaga pembiayaan turut membantu pemerintah mengurangi kesulitan ekonomi masyarakat tersebut. Bank menerbitkan Kredit Kepemilikan Rumah yang bisa dimanfaatkan untuk membeli rumah dengan berhutang di bank. Kredit tersebut sudah terbukti cukup efektif membantu banyak masyarakat. KPR pun lebih banyak diminati masyarakat ketimbang membayar tunai ataupun runai bertahap.

Tips Memilih Kredit Kepemilikan Rumah

Berikut ini sejumlah tips bagi anda yang ingin memilih KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah.
1.      Jangan terpancing bunga yang rendah
Bunga yang rendah umumnya hanya promosi selama masa 1 hingga 2 tahun saja, sisanya adalah bunga pasar. Anda bisa menghitung ulang supaya nantinya tidak lebih dari simulasi di awal.
2.      Bandingkanlah sistem bunga Kredit Kepemilikan Rumah yang anda pilih, apakah menggunakan bunga tetap ataukan mengambang.
3.      Anda bisa memilih bank yang sudah bekerja sama dengan pengembang untuk mempermudah mendapatkan persetujuan KPR. Biasanya akan ada promosi dari bank yang bisa menguntungkan anda.
4.      Banyak bank yang menawarkan proses pengajuan cepat dan mudah, pastikan hal tersebut memang benar adanya.

Kelebihan Kredit Kepemilikan Rumah

1.      Tidak mengharuskan anda memiliki uang banyak, asalkan cukup untuk membayar uang muka dan cicilannya. Sisanya bisa anda buat modal usaha.
2.      Dengan KPR tentu pembayaran akan terasa lebih mudah dan ringan
3.      Nilai uanga yang mengikuti nilai inflasi akan membuat cicilan yang dilakukan awalnya terasa berat, namun seiring waktu akan terasa ringan dan tidak terasa lagi
4.      Rumah bisa ditempati atau ditinggali. Jadi sama saja dengan ketika anda mengontrak, setelah kredit lunas rumah sudah menjadi milik anda sepenuhnya
5.      Umumnya uang cicilan menjadi lebih semakin murah ketika uang muka semakin besar dan jangka waktu pembayaran semakin lama

Kekurangan Memilih Kredit Kepemilikan Rumah

1.      Belum tentu KPR yang diajukan akan langsung disetujui bank
2.      Semakin besar bunga yang dibayar ketika jangka waktu pembayaran semakin lama
3.      Tidak bisa diramalkan, bisa saja akan ada PHK atau masalah lainnya sebelum KPR anda lunas semuanya
4.      Tidak menutup kemungkinan adanya developer nakal. Jadi ketika cicilan sudah lunas, semua surat sertifikat hak milik yang seharusnya menjadi hak anda malah tidak bisa anda dapatkan.


Itulah sedikit pembahasan mengenai Kredit Kepemilikan Rumah. Memilih sistem KPR untuk mendapatkan rumah impian memang sangat membantu bagi anda yang memiliki pekerjaan tetap. Sama halnya jika anda memilih kontrakan, bedanya rumah akan menjadi milik anda seutuhnya ketika cicilan sudah dilunasi semuanya.

0 Response to "Kredit Kepemilikan Rumah"

Posting Komentar