7 Trik Packing Mudah Dan Praktis Untuk Travelling

tips packing yang praktis saat bepergian
Salah satu hal yang penting dilakukan sebelum bertravelling adalah packing. Yup, meski terlihat gampang, nyatanya packing ini cukup ribet untuk dilakukan. Terutama bagi para backpaker yang dituntut membawa barang-barang secermat mungkin agar cukup  dalam tas dengan kapasitas yang terbatas.

Packing tidak hanya sekedar mengemas dan memasukkan barang bawaan ke dalam tas, tetapi kamu juga harus bisa memilih dengan bijak, mana barang yang penting dan tidak. Di samping itu, kamu harus bisa mengemas barang-barang seminimalis mungkin. Tujuannya agar tidak rempong dan bingung saat di jalan.

Nah berikut bebeapa tips packing praktis agar kamu nggak kewalahan saat bertravelling:

1.    Bawa pakaian seperlunya dan sesuaikan pakaianmu dengan cuaca di sana

Pertama, sebelum kamu berangkat bertravelling pastikan menentukan jenis pakaian yang akan kamu bawa 2 hari sebelumnya. Sebaiknya jangan membawa terlalu banyak pakaian agar cukup di dalam ranselmu. Selain itu, sesuaikan jenis pakaianmu dengan iklim di sana.

Jika kamu berencana travelling ke pantai, jangan bawa pakaian yang terlalu tebal. Sebaliknya, jika kamu hendak ke gunung, bawalah pakaian hangat. Utamakan atasan. Untuk bawahan, kamu cukup bawa 2 atau 3 dengan pemakaian selang-seling.

2.   Gunakan Vacum bag atau gulung pakaian dengan rapi ke dalam ransel

Untuk memasukkan pakaian ke dalam ransel ini, kamu nggak boleh asal-asalan. Sebab, apabila kamu memasukkannya secara asal, maka akan memakan banyak tempat. Ada 2 cara untuk menata pakaian di dalam ransel.

    Yang pertama, kamu bisa melipat dan memasukkan pakaianmu ke dalam vacuum bag atau space marker. Vacuum bag merupakan sejenis kantong plastik yang biasa digunakan sebagai tempat menaruh pakaian bagi para traveler.

    Yang kedua, apabila tidak menggunakan  vacuum bag, maka gulung pakaian dengan rapi dan masukkan ke ransel. Untuk pakaian yang diprioritaskan letakkan  di bagian atas agar mudah diambil.

3.   Siapkan tas kecil untuk memasukkan barang-barang penting

Beberapa jenis ransel memang mempunyai small pocket yang bisa kamu gunakan untuk wadah barang-barang penting. Namun agaknya, cara ini cukup ribet dan barang kamu juga bakal tercecer.

Sebaiknya, masukkan barang-barang penting (seperti dompet, kamera, hape, kunci, atau charger) ke dalam tas kecil. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mengambilnya saat membutuhkan.

4.   Scan dokumen penting ke dalam hape

Pasti pusing kalo bertravelling harus bawa-bawa kertas, kan? Nah, untuk mengakali hal tersebut, kamu bisa men-scan dokumen-dokumen penting ke dalam hape. Jadi, apabila ada klien, rekan kerja, atau dosen yang menanyakan tugasmu, kamu bisa siap setiap saat.

Jika memang perlu bawa laptop, sebaiknya masukkan laptop ke dalam laptop case.

5.   Masukkan perlengkapan mandi ke dalam Toiletries bag

Penting bagi kamu untuk membeli Toiletries bag sebelum bertravelling. Tujuannya sebagai wadah untuk perlengkapan mandi agar kamu nggak ribet mencarinya. Dengan memasukkan perlengkapan mandi ke dalam toiletries bag, kamu bisa menghemat banyak ruang dan barang bawaan juga lebih rapi.

6.   Jangan bawa uang tunai berlebihan, dan sebaiknya letakkan secara terpisah

Saat bertravellling, sebaiknya hindari membawa uang terlalu banyak. Kalaupun kamu memang butuh membawa banyak uang, jangan letakkan uang dalam satu tempat yang sama. Taruh uang secara terpisah-pisah untuk berjaga-jaga terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.

7.   Usahakan menyisakan ruang kosong di dalam ransel

Memang poin terakhir ini nggak wajib sih. Tapi sebisa mungkin, usahakan menyisakan ruang kosong di dalam ransel. Tujuannya sebagai tempat untuk menaruh barang-barang yang kamu beli disana, seperti oleh-oleh.

Itulah beberapa tips packing yang dapat kamu coba saat hendak bertravelling. Mudah, kan? Jadi, apakah kamu sudah siap menjadi backpaker?

0 Response to "7 Trik Packing Mudah Dan Praktis Untuk Travelling"

Posting Komentar