5 destinasi wisata di Sumatra Barat yang wajib dikunjungi


Jalan-jalan ke Sumatera rasanya nggak lengkap kalau tidak mencoba masakan khas di sana, yaitu rendang dan sambalado. Hmm, mantap! Tapi selain dikenal dengan kulinernya yang menggoda, ternyata pulau Sumatera juga menyimpan surga-surga yang tersembunyi.

Bagi para pelancong atau traveler, mungkin sebagian besar dari kalian hanya mengetahui tempat-tempat wisata yang populer, seperti jam gadang. Padahal, ada banyak destinasi wisata keren yang bisa kamu kunjungi di wilayah Sumatera, khususnya Sumatra Barat.

Tentunya, kamu nggak bakal menyesal berkunjung ke tempat-tempat wisata di Sumatra Barat ini. Karena selain kelestariannya yang masih terjaga, tempat wisata ini juga memiliki sisi unik.

Berikut 5 Destinasi Wisata di provinsi Sumatra Barat yang wajib untuk kamu kunjungi:


1.  Air terjun Timbulun

Air terjun Timbulun sumbar
Destinasi wisata pertama ini terletak di  timur kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Selain menawarkan pemandangan yang mempesona, Wisata Air terjun Timbulun juga cukup menantang. Dibutuhkan fisik kuat serta peralatan yang memadai untuk mencapai lokasi air terjun.

Kabarnya, Air terjun Timbulun memiliki 7 tingkatan. Untuk mencapai 1 tingkat  ke tingkat lainnya dibutuhkan perjuangan yang cukup keras. Pada umumnya, para wisatawan mencukupkan perjalanannya hanya di tingkat ke-2. Sebab medan yang ditempuh juga tidak mudah. Namun, bagi kamu yang menyukai tantangan, tempat wisata air terjun Timbulun adalah pilihan yang tepat.

2.  Pantai Pamutusan

Pantai Pamutusan
Di sebelah barat provinsi Sumatra Barat, kamu akan menemukan sebuah tempat wisata yang sangat memakau, yaitu Pantai Pamutusan. Keindahan pantai Pemutusan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan tempat ini sudah menjadi objek wisata favorit bagi para turis mancanegara.

Pantai ini tak hanya memiliki pasir putih yang syahdu, tetapi kamu juga dimanjakan dengan pemandangan air laut yang kehijau-hijauan. Selain itu, ada beberapa pulau yang menjulang dari bawah laut dengan keindahan terumbu karang. Yang jelas, kamu bakal betah berlama-lama di tempat ini. Apalagi jika kamu mengajak orang tercinta. So sweet deh.

3.  Pantai Muaro Binguang

Pantai Muaro Binguang sumatera barat
Beralih ke Desa Mandiaangin, Kabupaten Pasaman Barat, kamu akan menemukan sebuah surga yang masih tersembunyi, Pantai Muaro Binguang. Tempat wisata yang ini masih jarang dijamah dan berlokasi jauh dari pemukiman warga. Akses jalan untuk menuju ke Muaro Binguang pun juga penuh hambatan.

Namun kesulitan itu semua bakal terbayar saat kamu sampai di lokasi tersebut. Muaro Binguang merupakan destinasi pantai yang bersih dan memiliki pasir putih yang bakal memikat hatimu. Sangat cocok dijadikan tempat berwisata dengan kekasih hatimu.

4.  Air Terjun Belek

Air Terjun Belek Padang Pariaman
Selain Muaro Binguang, di Provinsi Sumatra Barat juga ada Air Terjun Belek yang merupakan destinasi wisata tersembunyi. Untuk menuju ke lokasi air terjun belek, kamu harus melewati hutan belantara yang cukup menantang. Sangat cocok bagi kamu yang suka berpetualang.

Air terjun Belek memiliki ketinggian 15 meter dengan aliran air yang tenang dan sunyi. Terlihat sangat mempesona di tengah hutan belantara nan hijau. Apabila kamu ingin berkunjung ke tempat ini, lokasi Air terjun Belek tak jauh dari Air Terjun Nyarai. Tepatnya di Hutan Gamaran, kabupaten Padang Pariaman.

5.  Pantai Pasumpahan

Keindahan Pantai Pasumpahan Sumbar
Pantai Pasumpahan dapat dikatakan sebagai pantai yang paling damai dari sekian banyaknya pantai di provinsi Sumatra Barat. Pantai ini memiliki air laut yang biru, ombak yang berderu cukup rendah, serta bukit-bukit kecil yang menghijau. Keindahan pantai Pasumpahan ini sudah didengar oleh banyak orang, bahkan hingga ke wisatawan mancanegara. Untuk menjangkau tempat ini juga tidak terlalu sulit karena berlokasi tidak jauh dari pusat kota Padang.

Itulah 5 tempat wisata di provinsi Sumatra Barat yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Jika kamu pecinta travelling, setidaknya kamu harus mengunjunginya sekali dalam seumur hidup.

0 Response to "5 destinasi wisata di Sumatra Barat yang wajib dikunjungi"

Posting Komentar