11 Trik Ciptakan Foto Traveling Yang Unik Dan Keren

cara buat Foto Traveling Yang Keren Dan Unik
Buat kamu yang hobi traveling, rasanya tidak lengkap kalau belum mendokumentasikan kegiatan jalan-jalan itu melalui foto-foto. Mulai dari tempat, pemandangan, kuliner, dan diri sendiri menjadi objek yang wajib dipotret untuk nantinya diunggah ke Instragam.

Tentunya, kamu pasti menginginkan hasil foto yang bagus, kan? Sebisa mungkin foto-foto itu harus terlihat keren dan unik. Sayangnya, tak selamanya foto yang kamu ambil selalu tampak bagus. Kadang-kadang ada jepretan yang tampak jelek padahal backgroundnya udah keren banget.

Hmm, kira-kira bagaimana cara memperoleh hasil foto yang bagus dan tampak keren di Instragam ya? Nggak perlu bingung deh, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa kamu praktekkan agar foto-foto travelingmu terlihat unik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 11 trik agar foto travelingmu unik dan keren..

Trik memperoleh foto traveling yang unik dan keren:      


1.    Bawa peralatan seperlunya

Membawa peralatan berlebihan saat traveling hanya akan membuatmu repot sendiri. Ujung-ujungnya kamu sibuk dengan barang bawaanmu sehingga melewatkan momen dan objek yang ingin dipotret. Selama kamu memiliki kamera di smartphone, itu sudah cukup untuk memperoleh bidikan yang bagus dengan beberapa pengaturan.

2.    Perhatikan timing untuk pengambilan foto

Dalam dunia fotografi, pemilihan timing atau waktu merupakan hal yang sangat penting. Sumber pencahayaan sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Biasanya para fotografer mengambil foto di pagi dan senja hari untuk memperoleh foto yang eksotis. Sedangkan saat siang hari, sangat cocok mengambil foto di dalam ruangan.

3.    Bila ingin memperluas objek, gunakan lensa lebar

Apabila kamu ingin memperluas objek agar pemandangan terlihat sempurna, sebaiknya gunakan lensa lebar untuk memotret. Biasanya penggunaan lensa lebar ini untuk objek foto landscape.

4.    Close up

Jika kamu ingin memperoleh foto yang lebih bagus dan terlihat jelas, tidak ada salahnya kamu mencoba berfoto close up. Teknik foto close up diperlukan jika kamu ingin fokus pada objek tertentu saja.

5.    Ambil foto Candid secara diam-diam

Tidak perlu menunggu jalanan sepi. Agar terkesan lebih unik dan natural, kamu bisa mengambil foto kapan saja secara diam-diam. Cukup temukan angle yang menarik dan berpose senatural mungkin, langsung click deh. Dijamin galeri instragammu bakal terlihat lebih mengesankan dan unik.

6.    Gunakan aplikasi penunjang

Kamu nggak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi penunjang agar fotomu terlihat lebih keren saat diunggah di Instragam. Sebagian besar fotografer profesional mengedit foto mereka sebelum dipublish. Meskipun tidak diedit secara total, namun sebaiknya sempurnakan beberapa bagian yang terlihat kurang bagus. Ada banyak aplikasi editing di Apps Store, kamu bisa memilih salah satunya, seperti PS Express.

7.    Gunakan fitur focus

Beberapa merk smartphone saat ini sudah memiliki fitur focus untuk memperoleh gambar objek yang lebih tajam. Penggunaan fitur focus dilakukan dengan cara menekan layar ponsel sedikit lama. Fitur ini juga membuat latar belakang menjadi blur, sedangkan target objekmu menjadi lebih jelas.

8.    Kenali aplikasi kamera di smartphonemu

Sebelum kamu berangkat traveling, pastikan mengecek aplikasi kameramu. Apakah kamu sudah memahaminya atau belum? Sebaiknya kenali lebih dalam fitur kamera di smartphonemu agar tidak bingung saat hendak mengambil foto di perjalanan. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan dan recommended adalah aplikasi native camera iPhone.

9.    Pahami Rule of Third

Teori paling dasar dalam pengambilan gambar foto adalah Rule of Third. Dalam pengaturan ini, layar ponsel dibagi menjadi 3 kotak vertikal dan 3 kotak horizontal. Sehingga nantinya akan ada 9 kotak dalam satu frame. Saat kamu memotret, objek foto harus berada di garis perpotongan antar kotak untuk memperoleh hasil yang sempurna.

10.    Jangan lupa membersihkan lensa kamera

Lensa kamera adalah bagian paling penting yang berpengaruh terhadap hasil foto. Apabila lensa kamera kotor, maka kamu juga akan kesulitan melihat objek yang hendak kamu potret. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan lensa kameramu, baik itu kamera SLR atau smartphone.

11.    Sebisa mungkin, sertakan alam di gambar fotomu

Mengambil foto selfie sudah terlalu mainstream. Kamu juga bisa selfie di kamar atau kampus. Jadi kalau kamu sedang liburan, coba deh kurangi foto selfie dan perbanyak pemandangan alam.

Memperoleh jepretan foto yang keren saat traveling memang susah-susah gampang. Tapi dengan 11 trik di atas, kamu pasti bisa mendapatkaan hasil foto yang lebih istimewa. Selamat mencoba.

0 Response to "11 Trik Ciptakan Foto Traveling Yang Unik Dan Keren "

Posting Komentar