10 Tips Sederhana Mengatasi Jetlag Saat Bepergian Dengan Pesawat

10 Tips Sederhana Mengatasi Jetlag Saat Bepergian
iklankalbar.com.  Salah satu hal yang sering terjadi saat traveling ke luar negeri adalah jetlag. Biasanya kondisi jetlag ini terjadi setelah bepergian naik pesawat. Tubuh akan bereaksi kaget dan berusaha menstabilkan diri terhadap perubahan situasi. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lesu, lemah, dan kehilangan nafsu makan.

Jetlag sendiri merupakan gangguan pada tubuh yang muncul sementara setelah melintasi zona waktu penerbangan. Tentu saja, keadaan ini membuat anda tidak nyaman dan liburan pun juga ikut terganggu.

Nah, bagi anda yang sering mengalaminya, berikut 10 tips mengatasi jetlag:


1.   Rutin berolahraga, terutama sebelum melakukan perjalanan

Olahraga memang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Dengan rutin berolahraga, maka fisik menjadi lebih fit dan tidak gampang mengalami sakit.

Salah satu cara untuk mengatasi jetlag adalah rutin berolahraga. Namun jika anda tidak sempat melakukan olahraga di setiap hari, usahakan berolahraga sebelum traveling. Tidak perlu olahraga yang berat, olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda juga dapat mengurangi dampak jetlag.

2.   Memperbanyak konsumsi air putih

Saat hendak menempuh perjalanan, usahakan untuk membawa bekal air putih. Terlebih lagi jika perjalanan yang ditempuh jauh. Minumlah banyak air putih selama penerbangan atau di perjalanan. Tujuannya agar tubuh tidak kaku dan badan lebih segar

3.   Buka tirai pesawat

Apabila anda merasa pernafasan sesak dan sumpek karena tidak ada udara segar, maka anda dapat membuka tirai pesawat di pagi atau siang hari. Udara segar dapat diperoleh dari cahaya alami, yaitu cahaya matahari yang terpancar dari luar jendela pesawat.

4.   Hindari konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan penerbangan anda menjadi terganggu, karena kondisi tubuh menjadi buruk. Selain itu, alkohol juga membuat anda mudah tertidur, namun tubuh akan lemas saat terbangun. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi alcohol.

5.   Sesuai jadwal tidur dengan tempat tujuan traveling

Tips sederhana untuk mengatasi jetlag adalah dengan menyesuaikan jadwal tidur dengan tempat tujuan traveling. Apabila anda hendak terbang barat, maka cobalah tidur lebih larut saat di rumah. Sebaliknya, jika anda akan terbang ke timur, usahakan tidur lebih awal. Cara ini bertujuan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Di samping itu anda juga perlu membiasakan tidur siang. Kebiasaan tidur siang sebelum bertraveling dapat  membantu mengatasi jetlag.

6.   Buatlah suasana nyaman saat di pesawat

Untuk memunculkan suasana nyaman selama perjalanan, anda bisa mencoba beristirahat saat perjalanan. Namun jika anda melalui perjalanan yang panjang, usahakan untuk tetap terjaga dengan car amenyibukkan diri atau mengobrol. Di samping itu, tubuh akan lebih nyaman apabila anda mengenakan pakaian santai dan longgar.

7.   Hindari konsumsi kafein

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi memang terasa nikmat. Tapi jangan lakukan ini sebelum atau saat bertraveling. Kafein dapat menyebabkan anda sulit tidur. Sehingga anda akan mengantuk dan tidak bisa sepenuhnya menikmati liburan.

8.   Sesuaikan pencahayaan

Ketika anda telah sampai di penginapan, usahakan untuk mengatur cahaya di kamar sesuai dengan tempat tinggal anda. Misalnya, anda terbiasa berada di ruang yang cerah, maka bukalah tirai jendela. Begitu pula sebaliknya. Hal ini membantu mengatasi jetlag.

9.   Beristirahat sehari setelah perjalanan

Apabila anda sering mengalami jetlag saat bepergian, maka usahakan untuk mengosongkan jadwal sehari setelah berangkat. Beristirahatlah untuk memulihkan tubuh setelah mengalami jetlg. Hindari aktivitas yang berat karena dapat menyedot energy dan membuat tubuh semakin lemas. 

10.  Konsumsi suplemen melatonin

Melatonin adalah hormon yang membantu kita tertidur. Jika memang semua cara diatas tidak berhasil, maka tidak ada salahnya anda mengonsumsi suplemen OTC (over-the-counter) melatonin. Tujuannya untuk merangsang agar mata mengantuk dan anda bisa tidur tepat waktu. Tapi ingat, jangan konsumsi obat ini secara berlebihan dan sebaiknya diskusikan dengan dokter terlebih dahulu.

Demikian tips mengatasi jetlag. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan membantu traveling anda menjadi lebih menyenangkan tanpa gangguan.

0 Response to "10 Tips Sederhana Mengatasi Jetlag Saat Bepergian Dengan Pesawat"

Posting Komentar