8 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Ke Gunung

tips persiapan wisata ke gunung
iklankalbar. com - sebelum kamu melakukan liburan, baik itu ke gunung, pantai, pedesaan, atau perkotaaan pastinya dibutuhkan persiapan. Tujuannya agar perjalananmu menjadi lebih nyaman dan kamu nggak kerepotan. Dengan begitu, liburan pun dapat berjalan dengan lancar.

Berbeda tempat, beda pula persiapan yang perlu dilakukan. Apabila kamu hendak bepergian ke gunung, maka kebutuhan yang diperlukan pun juga lebih ekstra. Mengingat cuaca di daerah gunung yang dingin dan medannya juga menanjak, dengan demikian kamu benar-benar harus mempersiapkan segala hal dengan matang.

Berikut 8 tips untuk mempersiapkan perjalanan ke gunung:


1.    Tentukan waktu yang tepat

Apabila kamu memutuskan berlibur ke gunung, maka pastikan memilih waktu yang tepat. Nggak seperti tempat wisata lain, dimana kamu bebas pergi kapan saja. Jika hendak ke gunung, sebaiknya kamu memilih waktu saat musim kemarau. Mengapa harus di musim kemarau? Karena saat musim ini cuaca nggak terlalu dingin, jalanan juga tidak becek. Jadi kamu bisa lebih leluasa menelusuri pegunungan.

2.   Jaga kesehatan fisik

Persiapan fisik juga menjadi hal penting saat kamu hendak berlibur ke gunung. Dibutuhkan fisik yang kuat, fit, dan sehat agar kamu siap menghadapi perubahan cuaca dan jalanan yang menanjak serta terjal.

Rugi banget kalau kamu sudah sampai disana, tapi malah sakit dan kondisi drop. Nah, oleh karena itu perbanyak beristirahat dan berolahraga ya guys.

3.   Tentukan dan periksa akomodasi yang akan digunakan

Persiapan penting berikutnya adalah menentukan jenis akomodasi yang akan kalian gunakan, apakah kamu hendak menggunakan kendaraan umum, mobil pribadi, atau motor.

Jika kamu hendak menggunakan kendaraan umum, pastikan mengetahui rute kendaraan tersebut. Apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, jangan lupa menservisnya terlebih dahulu dan isi bensin penuh, karena biasanya jarang ada penjual bensin di dekat gunung. Selain itu, bila naik motor usahakan rombongan. Jangan pergi seorang diri, ya? Karena nantinya kamu pasti butuh teman untuk membantu selama perjalanan.

4.   Pakaian

Kemanapun tujuan liburanmu, kamu pasti perlu perlengkapan pribadi. Nah, apabila kamu bepergian ke gunung, ada beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa, yaitu baju tebal (seperti sweater atau jaket), syal untuk penghangat lehermu, sarung tangan, kaos kaki, penutup kepala, celana panjang tebal, dan masker wajah. Kamu juga bisa bawa kacamata untuk melindungi mata dari debu. Selain itu, usahakan memakai sepatu boots. Jangan menggunakan sandal karena kamu akan kesusahan berjalan di medan yang berlekok.

5.   Perlengkapan pribadi

Untuk perlengkapan pribadi, beberapa benda yang harus kamu bawa saat berlibur ke gunung yaitu lampu senter, kamera (untuk mengabadikan momen liburan), hape, dan powerbank.

6.   Obat-obatan

Guys, di gunung nggak ada apotek atau minimarket. Jadi usahakan membawa obat-obatan pribadi, seperti obat mabuk perjalanan, antasida (bagi kalian yang punya maag), obat diare, obat sakit kepala, dan sebagainya (sesuai dengan kebutuhanmu).

7.    Cemilan

Memang sih, di gunung ada banyak penjual makanan dan minuman. Tapi tak ada salahnya jika kalian membawa bekal makanan dan minuman. Sebab makanan yang dijual disana relatif mahal. Jadi jika kamu nggak ingin keluar duit banyak, ya bawa makanan saja.

8.   Bawa uang secukupnya

At the last, yang perlu kamu bawa adalah uang tunai. Sebab digunung kamu nggak akan menemukan mesin ATM, lho! Jadi  bawalah uang tunai secukupnya dan jangan berlebihan.

Demikianlah 8 hal yang pelu disiapkan sebelum berlibur ke gunung. Jika 8 hal tersebut sudah kalian siapkan dengan matang, jangan lupa untuk berdoa juga, ya? Karena doa adalah persiapan yang paling penting.

0 Response to "8 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Ke Gunung"

Posting Komentar