Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Memang tidak harus merenovasi rumah setiap tahun atau secara berkala karena untuk merenovasi rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena alasan biaya besar ini juga yang menyebabkan beberapa orang mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk renovasi rumah.

Bagaimana Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah
Pada dasarnya memang sudah menjadi resiko anda untuk mengeluarkan biaya banyak saat merenovasi rumah karena memang harga-harga bahan bangunan semakin meningkat. Oleh karena itu anda harus pintar-pintar memutar strategi dalam merenovasi rumah.

Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk anda yang ingin merenovasi rumah agar dapat sedikit meminimalisir budget yang harus anda keluarkan :


1.       Model Renovasi

Model renovasi ini menjadi salah satu hal vital dalam merencanakan renovasi rumah. Karena sebelum menentukan model renovasi seperti apa yang anda mau, anda belum bisa menyusun budget plan untuk renovasi rumah anda. Biasanya renovasi dibagi menjadi dua yaitu renovasi total dan renovasi sebagian.

Beberapa contoh renovasi sebagian adalah pengecatan ulang, perubahan tata ruang, penataan interior dalam rumah, merubah letak kamar ataupun menambah bagian rumah.

Sedangkan untuk renovasi total contohnya adalah anda memiliki sebuah rumah dengan ukuran 36 atau 45 kemudian membongkarnya untuk diperluas dan di desain ulang.

Untuk sebagian orang renovasi sebagian adalah pilihan aman karena tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat besar dan pastinya rumah yang direnovasi sebagian masih dapat ditinggali meski sedang direnovasi.

2.       Persiapkan Budget Plan

Dalam merencanakan apapun anda tidak boleh meninggalkan budget plan. Karena dapat dibilang bahwa budget plan akan membantu anda melihat seberapa banyak pengeluaran yang harus anda tanggung dalam suatu kegiatan. Meski terkadang nominal budget plan tidak sama persis dengan budget realnya, namun anda dapat menggunakannya sebagai patokan.

Untuk mengantisipasi terjadinya selisih antara budget plan dengan budget sebenarnya, anda dapat melebihkan budget plan yang anda buat. Atau anda dapat berkonsultasi kepada para ahli untuk merencanakan budget renovasi rumah agar anda dapat dibuatkan keseluruhan biaya renovasi yang anda butuhkan.

3.       Pilih Bahan Bangunan

Bagi anda yang memiliki budget terbatas atau memang ingin menghemat pengeluaran dapat mengakalinya dengan pemilihan bahan bangunan. Pilihlah bahan bangunan yang berkualitas sedang atau anda juga dapat memakai barang bekas. Untuk opsi kedua anda jangan keburu berpikir negatif, karena tidak semua barang bekas berkualitas buruk.

Terkadang anda bisa mendapatkan barang bekas berkualitas bagus dengan harga miring. Selain itu barang-barang bekas sebaiknya hanya anda gunakan pada bagian tertentu saja. Karena bagian-bagian vital seperti rangka atap, pondasi, pipa air yang ditanam dan struktur rumah harus anda pilihkan bahan bangunan yang berkualitas.

Jika bagian-bagian vital tersebut tidak anda perhatikan kualitasnya maka konsekuensinya anda bisa terbebani oleh biaya pembongkaran yang tentunya tidak sedikit.

4.       Pengeluaran Biaya Tenaga Kerja untuk Renovasi

Biaya yang satu ini dapat dibagi menjadi dua sistem yaitu borongan dan harian. Untuk anda yang sudah memiliki konsep yang matang akan lebih baik untuk menggunakan sistem borongan. Karena sistem ini akan membantu anda menghemat biaya pengeluaran.

Nah semoga tips-tips di atas dapat membantu anda dalam menghemat biaya renovasi rumah..

0 Response to "Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah"

Posting Komentar