Faktor-Faktor Yang Menentukan Harga Jual Sebuah Properti

Apakah anda berniat untuk menjual ataupun membeli properti? Kita ketahui bahwa properti memiliki harga yang tinggi, berbeda jika anda hanya membeli baju. Anda bisa saja terjebak dengan transaksi yang merugikan. Anda perlu mengetahui standar harga properti sebelum melakukan penjualan ataupun pembelian properti. Jangan sampai anda harga yang anda pasang akan merugikan anda ataupun anda memasang harga terlalu tinggi sehingga properti yang anda jual tidak laku.

bagaimana cara menentukan harga jual property
Sebagai pembeli anda juga perlu mengetahui harga properti sehingga anda tidak tertipu dengan harga yang melambung padahal harga standar properti yang anda inginkan lebih rendah.  Anda perlu memiliki skill dan pengetahuan khusus dalam membeli properti.

Faktor apa saja yang mempengaruhi harga jual sebuah properti?


1.       Tempat atau Lokasi Properti

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah dimana properti tersebut berada. Lokasi di tengah kota tentu memiliki nilai yang lebih tinggi dari pedesaan. Lokasi akan mempengaruhi tingkat kemudahan akses. Lokasi yang dapat diakses dengan mudah tentu memiliki harga yang lebih tinggi. Berada di lokasi elit juga memiliki nilai yang lebih tinggi dari perumahan biasa. Lokasi yang berkembang juga dapat memiliki harga yang lebih tinggi.

Anda perlu juga memperhatikan tujuan dari pembelian atau penjualan properti, misalkan vila di pedesaan yang asri dan sejuk. Properti dengan tujuan komersil tentu memiliki nilai tambah, sehingga harganya akan lebih tinggi. Bagi penjual properti perbedaan kegunaan properti akan mempengaruhi pangsa pasar sehingga berpengaruh terhadap harga jual.

2.       Keadaan atau Kondisi Properti

Keadaan properti jelas akan mempengaruhi harga sebuah properti. Keadaan properti meliputi ada atau tidaknya kerusakan dan model. Apakah model baru atau model lama, misalkan untuk properti rumah. Properti rumah yang baru dibangun akan memiliki harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan rumah yang telah lama.

Rumah dengan kondisi yang masih bagus (tidak ada kerusakan) akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan rumah  yang memiliki banyak kerusakan, sebab akan membutuhkan biaya untuk melakukan renovasi.

Model rumah juga menentukan harga, desain yang up to date tentu memiliki harga yang berbeda dengan rumah model lawas. Desain bangunan selain ditentukan oleh selera penting hal lain yang penting adalah bahwa desain bangunan ditentukan oleh kegunaan, seperti yang telah tertulis sebelumnya bahwa kegunaan dapat menentukan harga jual.

Konstruksi bangunan mempengaruhi harga bangunan. Bangunan yang didirikan dengan material berkualitas akan memiliki harga yang mahal, selain itu cara pemasangan material dan kesesuaiannya dengan lingkungan juga berpengaruh.

Jika anda ingin menjual atau membeli properti tanah anda harus melihat luas tanah dan bentuknya, misalkan apakah tanah tersebut merupakan pekarangan atau sawah. Tanah yang memiliki nilai sama dapat memiliki harga yang berbeda jika bentuknya berlainan.

Ada juga faktor lain yang mempengaruhi nilai properti yaitu permintaan dan penawaran properti. Berikut hal yang dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran properti :

-          Faktor Kependudukan

Pertambahan jumlah penduduk dapat menentukan harga properti. Jumlah penduduk yang semakin bertambah akan meningkatkan permintaan properti. Jika tingkat penawaran properti tetap maka harga properti akan naik. Sebagai contoh harga properti di kota yang padat penduduk lebih mahal dibandingkan dengan kota kecil yang lebih sedikit jumlah penduduk.

-          Perubahan Cita Rasa

Cita rasa yang berubah pada pembeli dan investor juga akan mempengaruhi permintaan properti.

-          Perubahan Teknologi Pembangunan

Teknologi pembangunan semakin berkembang. Teknologi menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan pembangunan. Kemudahan pembangunan dapat meningkatkan penawaran properti, selain itu teknologi juga dapat berpengaruh terhadap permintaan properti.

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Menentukan Harga Jual Sebuah Properti"

Posting Komentar