Properti Anda, Asset atau Liability?

cara memanfaatkan properti menjadi asset yang menghasilkan
Hampir seluruh lapisan masyarakat setuju dengan pendapat bahwa properti adalah media investasi yang sangat baik dan menjanjikan.

Hal Ini karenakan harganya yang terus mengalami kenaikan dan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bila disewakan atau dikontrakkan.

Namun tidak banyak orang yang sadar untuk memanfaatkan properti yang dimilikinya sebagai sumber penghasilan tambahan. Nyatanya hingga kini masih cukup banyak orang yang memiliki properti lebih dari satu dan membiarkan properti-properti tersebut tanpa menghasilkan sesuatu apapun.

Pada dasarnya properti anda dapat digolongkan menjadi dua hal yaitu asset dan liability. Mungkin di dalam laporan keuangan anda sudah pasti properti akan masuk ke dalam fixed asset. Jadi bagaimana bisa properti yang notabene termasuk aset bisa menjadi liabilitas?

Mudah saja jawaban dari pertanyaan di atas dan logikanya dapat anda pahami dari penjelasan berikut ini :


“Asset adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan uang untuk anda tanpa kehilangan kepemilikan.” Contohnya adalah rumah yang anda sewakan atau kontrakkan, mobil yang anda rentalkan, royalty lagu atau buku dan sebagainya.

Sedangkan “Liability adalah segala sesuatu yang membuat anda harus mengeluarkan uang.” Contoh riilnya adalah membayar tagihan listrik, biaya perawatan rumah, biaya service kendaraan, membayar pajak dan sebagainya.

Dari penjelasan diatas tentu sudah sangat jelas terlihat bahwa properti anda memiliki dua sisi yang bertolak belakang. Di satu sisi properti anda jelas merupakan sebuah fixed asset tetapi di sisi lain properti tersebut juga menjadi sumber keluarnya uang anda jika tidak dimanfaatkan dengan benar.

Properti yang diulas di sini jelas bukan rumah utama yang anda tinggali sekarang dan juga bukan rumah yang anda miliki satu-satunya. Karena jika anda hanya memiliki satu rumah sudah pasti rumah tersebut sangat sayang jika harus disewakan, kecuali jika memang anda berminat untuk menyewakan beberapa kamar saja.

Jadi jika anda memiliki lebih dari satu properti maka sebaiknya manfaatkan kelebihan tersebut. Cukup banyak alternative pilihan yang dapat anda ambil untuk memanfaatkan properti anda agar menghasilkan uang.

Salah satu alternatif pilihan yang menggiurkan adalah menyewakan keseluruhan rumah atau hanya sebagian ruangan di rumah seperti kamar tidur untuk wisatawan. Anda dapat menjadikan rumah anda sebagai tempat menginap bagi para turis asing ataupun domestic.

Anda perlu tahu bahwa peluang seperti ini merupakan peluang emas karena kini cukup banyak wisatawan yang ingin dan lebih nyaman menginap di rumah native citizen daripada di hotel.

Anda dapat mencoba untuk melisting rumah anda di berbagai situs rental rumah seperti BnB, Homestay dan sebagainya. Harga yang anda tawarkan bisa disesuaikan dengan fasilitas yang ada di rumah anda.

Nah jadi properti itu bisa menjadi asset atau malah liabilitas, semuanya kembali ke pilihan anda sebagai pemilik..

0 Response to "Properti Anda, Asset atau Liability?"

Posting Komentar