Ini Dia Rumah Unik Di Indonesia

Rumah merupakan salah satu asset yang dimiliki hampir semua orang sebab setiap orang membutuhkannya untuk tempat perlindungan dan beristirahat. Ada beragam macam jenis rumah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini mulai dari rumah minimalis, rumah pohon hingga jenis apartemen yang kerap ditemukan di daerah perkotaan.

Indonesia sendiri dikenal sebagai bangsa yang kaya akan budaya sehingga hal ini juga berpengaruh pada model rumah di Indonesia. Dari banyaknya desain rumah ada lima rumah unik yang membuat banyak public penasaran untuk melihatnya secara langsung atau menjelajahi isi rumah tersebut.

Inilah rumah unik yang ada di Indonesia yang bisa anda kunjungi di antaranya sebagai berikut :


1.     Rumah Gurita

Rumah Gurita di Bandung
Umumnya bagian atap rumah dihiasi dengan berbagai ornament seperti patung atau kincir angin namun bangunan ini memiliki detail yang unik pada atapnya berupa replika gurita raksasa. Replika ini berwarna hitam dan seolah seekor monster telah menguasai rumah tersebut. Dinding rumah yang berwarna putih tentu saja kontras dengan warna gurita yang membuat rumah ini menonjol diantara rumah lainnya di kawasan kota Bandung. Ruangan yang hampir tertutup oleh badan gurita ini dibuat sebagai ruang makan oleh pemiliknya.

2.     Rumah Botol

Rumah Botol Ridwan Kamil.
Bangunan satu ini tidak kalah unik dengan rumah gurita terlebih pemiliknya yang juga seorang pejabat yang sangat disegani di Bandung yakni Ridwan Kamil. Rumah yang dibangunnya sejak tahun 2005 ini telah menghabiskan sekitar 30.000 botol yang dibeli dari pengepul sampah. Dindingnya juga banyak ditutupi kaca sehingga mampu menyerap energy matahari dan dijadikan listrik untuk rumah botol sendiri. Meskipun bagian rumah ini kebanyakan terbuat dari sampah namun tampilannya terkesan modern dan tak aka nada yang menyangka bila rumah tersebut memiliki ornament botol bila tidak dilihat dari dekat.

3.     Rumah Dinas Banyuwangi

Rumah Dinas Unik Bupati Banyuwangi
Apakah anda pernah melihat rumah hobbit pada film The Lord Of The Ring yang terletak di New Zealand? Bila belum tidak perlu jauh-jauh hingga ke Negara bersuhu dingin tersebut cukup datang ke kota Banyuwangi.

Salah satu rumah dinas bupati Banyuwangi ternyata memiliki keunikkan tersendiri yakni bangunannya tertutup dengan tanah yang ditumbuhin rumput hijau seperti  rumah para hobbit. Sang arsitek yang bernama Adi Purnomo mendesain rumah ini dengan sangat apik dan membuatnya sebagai salah satu green house yang menarik publik untuk berkunjung.

4.     Rumah Domes

Rumah Domes replika dari rumah teletubbies, tahan gempa dan angin
Bila anda tinggal di daerah Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke rumah domes yang merupakan replika dari rumah teletubbies. Rumah yang juga memiliki kubah berwarna putih ini ternyata dirancang agar tahan dari gempa dan angin yang menerpa hingga 450 km/jam.

5.     Rumah Adat Indonesia

rumah adat sumatera suku korowai dibangun di atas pohon.
Rumah adat Indonesia memiliki banyak keunikan tersendiri tergantung dari asal daerahnya. Ada yang memiliki atap yang khas seperti rumah adat sumatera atau rumah yang dibangun di tempat yang tak biasa seperti rumah suku korowai yang dibangun di atas pohon.

Apakah anda berminat untuk membangun sebuah rumah dengan keunikan tersendiri???

0 Response to "Ini Dia Rumah Unik Di Indonesia"

Posting Komentar