Tips Membeli Tanah Kavling

Rumah adalah salah satu aset yang pasti ingin dimiliki oleh setiap keluarga. Dengan kondisi ekonomi seperti apapun memiliki rumah adalah ketenangan tersendiri bagi setiap orang.

yang mesti diperhatikan sebelum membeli tanah kavling

Anda yang ingin membangun rumah impian tentu sempat terpikir untuk membeli rumah jadi atau membangun rumah. Bagi anda yang memutuskan untuk membangun rumah tentu membutuhkan tanah kavling. Dalam membeli tanah kavling, anda harus memperhatikan beberapa poin agar anda tidak mengambil keputusan yang salah.


Berikut ini adalah beberapa tips untuk anda sebelum memutuskan untuk membeli tanah kavling :


1.       Perhatikan Perkembangan Lingkungan Sekitar

Sebagai calon pembeli anda harus pandai melihat perkembangan lingkungan sekitar tanah yang akan anda beli. Pastikan bahwa tanah yang anda beli tidak terpencil. Hindari membeli tanah kavling yang sekelilingnya terlalu banyak space kosong dengan jarak terlalu jauh antar rumah. Hal ini penting karena menyangkut keamanan lingkungan dan kehidupan sosial anda kelak.


2.       Tentukan Kapan Anda Akan Membangun Rumah

Jika anda sudah memastikan kapan akan membangun rumah maka jadikan waktu tersebut sebagai patokan untuk memperkirakan bagaimana perkembangan lingkungan sekitar.


3.       Cari Tahu Asal Usul Tanah

Mencari tahu asal usul tanah itu penting karena cukup banyak orang yang berpegang dengan pakar fengshui ataupun mitos yang menyebar di masyarakat. menurut pakar fengshui sendiri tanah-tanah bekas penampungan sampah, tanah kuburan atau makam, rumah ibadah adalah beberapa tanah yang kurang baik karena tidak ada energi positifnya. Contoh tanah-tanah yang memiliki energi positif adalah tanah bekas sawah, kebun dan sebagainya. Jika tanah yang anda beli sudah diratakan dan anda masih ragu tentang asal usulnya maka ada baiknya jika anda mencari informasi dari kelurahan atau kecamatan setempat.


4.       Pilihlah Tanah yang Landai

Dari segi kemiringan tanah, pastikan anda memilih tanah yang landai agar lebih mudah dalam membuat saluran dan aliran air. Hindari membeli tanah-tanah kavling yang terlalu datar karena aliran air dapat tersendat dan berpotensi banjir. Sedangkan tanah yang terlalu curam sebaiknya juga dihindari karena anda akan mengeluarkan cukup banyak dana lagi untuk meratakan tanah.


5.       Pastikan Keberadaan Fasilitas Penunjang

Fasilitas penunjang seperti aliran listrik, saluran air, pasar, sekolah dan sarana kesehatan  harus anda pikirkan masak-masak. Jika memang saat ini belum tersedia maka perkirakan apakah saat anda membangun rumah nanti fasilitas-fasilitas tersebut sudah tersedia?


6.       Akses  Jalan

Di manapun anda membeli tanah kavling selalu pastikan akses jalan menuju tanah tersebut mudah. Sebisa mungkin cari tanah kavling yang memiliki akses jalan lebar karena sudah pasti area tersebut cukup ramai dan anda mudah dalam bepergian.


7.       Antisipasi Bahaya yang Mungkin Muncul di Sekitar Lingkungan

Hindari membeli tanah kavling yang dekat dengan tiang atau tower listrik, jalur pipa gas, jalur kereta api, daerah tepi sungai, daerah dekat tebing dan juga tanah di area bandara. Pengecualian di atas selain dapat digunakan untuk menghindari bencana alam atau kecelakaan juga untuk meminimalisir kemungkinan rumah anda tergusur untuk pembangunan fasilitas umum.


8.       Antara Kavling Lama dan Kavling Baru

Lebih baik anda memilih tanah kavling yang tidak terlalu baru atau terlalu lama. Karena untuk tanah kavling baru harganya akan cukup tinggi disebabkan oleh faktor pengembang masih dalam tahap mengembalikan biaya dan modal mereka. untuk kavling yang terlalu lama juga sebaiknya dihindari karena opininya tanah tersebut kurang laku. Meski opini di atas belum tentu benar namun ada baiknya anda memilih opsi amannya saja.


9.       Perhatikan Legalitas Tanah

Legalitas ini sangat penting dan tidak dapat anda abaikan. Periksalah kelengkapan surat akte tanah atau sertifikat, dan pastikan jangan pernah membeli tanah kavling yang masih disengketakan. Jangan juga tergiur harga miring  karena dokumen yang diragukan kelengkapannya. Untuk langkah antisipasi anda dapat melakukan crosscheck ke pihak terkait.


Semoga tips-tips diatas bermanfaat untuk anda semua..

0 Response to "Tips Membeli Tanah Kavling"

Posting Komentar