Khasiat Ajaib Air Rebusan Daun ini Mungkin Belum Anda Ketahui

Anda tentu pernah mendengar atau bahkan mengenal dengan baik tanaman yang satu ini. mungkin orang yang hidup di daerah lebih mengenal tanaman ini dengan baik ketimbang orang yang tinggal di kota. Tanaman yang sedang kita bicarakan ini adalah tanaman sukun. Bagi kebanyakan orang mungkin buah sukun bukanlah buah yang asing. Karena cukup banyak orang yang menyukai buah sukun ini.

Khasiat Ajaib Air Rebusan Daun ini Mungkin Belum Anda Ketahui
Beberapa orang suka mengolah buah sukun untuk direbus dan sebagian lagi lebih suka di goreng.di daerah perkotaan pun makanan berbahan baku buah sukun seperti sukun rebus, sukun goreng hingga kripik sukun juga cukup populer.

Namun jangan salah fokus karena kali ini kita akan mengulas tentang manfaat daun sukun untuk kesehatan. Mungkin beberapa dari anda bingung karena saat ini sebenarnya banyak yang tidak tahu tentang manfaat daun sukun ini.

Orang-orang yang familiar dengan ternak tentu hanya tahu bahwa daun sukun  biasanya digunakan untuk pakan ternak. Sedangkan  orang-orang awam bahkan mungkin tidak tahu bentuk dari daun sukun itu sendiri.

Anda harus tahu bahwa pada kenyataannya daun sukun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.  Daun sukun ini mengandung senyawa kalium yang sangat bermanfaat. Karena kalium dapat menguraikan batu ginjal sehingga dapat larut dengan mudah dan keluar bersama urine.

Beberapa senyawa bermanfaat yang terkandung dalam daun sukun adalah asam amino esensial, kalium, vitamin B2, hidrosianat, Asteilcolin, Polifenol dan tannin. Selain senyawa-senyawa tersebut, daun sukun juga mengandung anti-oksidan.

Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Tradisional


Berikut adalah beberapa khasiat daun sukun untuk mengatasi berbagai penyakit :


1.      Di wilayah Kepulauan Pasifik daun sukun biasa digunakan untuk menghilangkan panu.


2.  Di india daun sukun digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Biasanya daun sukun dihancurkan lalu ditempelkan pada bagian mulut yang terkena sariawan.


3.      Orang betawi biasa menggunakan rendaman daun sukun untuk merendam kaki agar pegal-pegal hilang.


4.      Daun sukun juga dapat digunakan sebagai obat sakit jantung. Berikut adalah cara untuk memanfaatkan  untuk obat jantung :

-          Ambil daun sukun tua yang masih melekat di pohon

-          Bersihkan daun sukun dengan air bersih

-          Jemur daun sukun hingga kering

-          Rebus daun sukun dalam panic dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya

-          Minum air rebusan tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.


5.      Daun sukun sebagai anti-kanker dengan cara :

-          Satu lembar daun sukun tua direbus dalam 5 gelas air

-          Tunggu mendidih kemudian tambah lagi 5 gelas air

-          Setelah mendidih tambahkan 5 gels air lagi

-          Lakukan berulang-ulang lalu saring ramuan tersebut.

-          Minum teratur hingga habis.

6.   Menurut beberapa orang yang pernah mencobanya, daun sukun dapat menyembuhkan penyakit kritis lain seperti penyakit ginjal, penyakit hepatitis, dan penyakit asam urat.


Untuk memanfaatkan daun sukun sebagai obat, anda harus ingat bahwa daun sukun yang telah tua serta berwarna kecoklatanlah yang dianjurkan untuk dipakai. Salam sehat untuk anda semua..

0 Response to "Khasiat Ajaib Air Rebusan Daun ini Mungkin Belum Anda Ketahui"

Posting Komentar