Buah Sayuran yang dianggap Sepele ini Memiliki Khasiat Tersembunyi dan JARANG diketahui

Mungkin bagi anda para ibu sudah sangat mengenal salah satu buah yang sering disayur ini. ada yang menyebutnya manias tetapi nama labu siam merupakan nama umum yang dikenal di masyarakat. tanaman yang menghasilkan buah labu siam ini merupakan tanaman merambat dengan sulur-sulurnya yang ulet.

Tanaman labu siam ini memerlukan media tanah yang lembab dan basah untuk dapat  tumbuh dengan baik. tanaman ini juga dapat tumbuh dengan amat cepat. Bayangkan saja anda dapat memanen labu siam sekitar 30 hari setelah penyerbukan bunga. Dan setiap kali panen, satu tanaman labu siam dapat menghasilkan hingga 150 buah labu siam setiap musimnya.
khasiat tersembunyi labu siam yang JARANG diketahui

Buah labu siam ini memiliki ciri kulit yang cukup tebal dengan warna hijau pucat hingga hijau tua dan terdapat beberapa alur vertical di permukaan kulitnya. Beberapa tipe labu siam memiliki permukaan kulit yang halus dan beberapa lainnya memiliki kulit penuh dengan duri runcing. Daging labu siam sendiri berwarna putih pucat yang membungkus bakal biji. Tekstur daging buahnya juga renyah .
Kandungan Nutrisi  Labu Siam

Sayuran yang biasa diolah untuk sayur ini memiliki kandungan berupa vitamin C, Vitamin B kompleks (seperti folat sebagian 61 MCG dan sebagian kecil niasin, thiamin, riboflavin, amam pantotenant dan vitamin B6), zat mineral (seperti zat besi, mangan, fosfor, seng dan tembaga). Labu siam juga menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan kolesterol rendah.

Bayangkan saja, labu siam tidak memiliki kandungan lemak jahat melainkan kaya serat, anti-oksidan, mineral dan vitamin. Jadi labu siam sangat cocok untuk dimasukkan dalam menu diet anda.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan


1.       Menurunkan Darah Tinggi


Labu siam memiliki kandungan kalium yang cukup baik, dimana kalium merupakan salah satu zat utama yang dapat melawan sodium. Anda perlu tahu bahwa mengkonsumsi sodium terlalu banyak merupakan salah satu penyebab utama darah tinggi.

2.       Membantu Menghindari Cacat Tabung pada Bayi

Labu siam dapat dikonsumsi oleh ibu hamil pada awal masa kehamilan. Karena kandungan folat yang ada dalam labu siam dapat membantu pembelahan sel dan pembentukan DNA dengan baik.

3.       Anti Kanker dan Anti Penuaan Dini

Labu siam mengandung anti-oksidan flavonoid poli fenolik (seperti apigenin dan luteoin) yang bermanfaat mengikat radikal bebas yang dapat mengakibatkan pembentukan sel kanker, penuaan dini dan penyakit degenerasi lainnya. Selain itu anda juga harus tahu bahwa labu siam juga memiliki kandungan  vitamin C yang cukup untuk kebutuhan harian anda.
Perhatian dan Keamanan

Labu siam memang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, namun anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsinya karena labu siam memiliki kandungan getah yang banyak. Getah labu siam ini dapat menyebabkan rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan ketika tidak dibersihkan dengan benar.

Getah labu siam ini diduga dapat menyebabkan beberapa reaksi kontak anestesi sementara. Untuk mengantisipasinya maka anda disarankan untuk memakai sarung tangan ketika mengupas buah labu siam ini, atau anda dapat mengupas labu siam dibawah kucuran air kran.
manfaat tanaman sayur labu siam

Untuk mendapatkan khasiat maksimal anda harus selektif dalam memilih labu siam. Pilihlah buah labu siam yang masih segar, muda, dan tidak busuk. Jika anda membeli labu siam untuk stok maka simpan labu siam di dalam kantong kertas atau dalam kompartemen sayuran di kulkas dengan kelembapan yang cukup.


Pada umumnya buah labu siam dapat disimpan hingga 23 minggu,namun untuk menghindari berkurangnya manfaat yang diperoleh maka akan lebih aman dan baik jika anda membeli labu siam untuk langsung dimasak.

0 Response to "Buah Sayuran yang dianggap Sepele ini Memiliki Khasiat Tersembunyi dan JARANG diketahui"

Posting Komentar