Bingung, Pilih Apartemen ataukah Rumah?

mau beli apartemen atau rumah ya
Ketika ingin membeli rumah baru biasanya beberapa orang akan mengalami kegalauan, khususnya bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan. Seperti yang anda tahu bahwa di kota-kota besar cukup banyak jenis hunian yang dapat dijadikan alternatif pilihan. Mulai dari apartemen, condotel, rumah (landed house) hingga rumah susun.

Untuk memilih hunian yang tepat tentu setiap orang harus mempertimbangkan beberapa hal. Namun untuk pembahasan kali ini kita akan membahas tentang dilema beberapa orang dalam memilih hunian khususnya apartemen dan rumah.

Pada dasarnya apartemen dan rumah sama-sama menjadi pilihan hunian yang sangat cocok untuk daerah perkotaan. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Nah berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau apartemen :


1.       Lokasi

Faktor lokasi harus anda pertimbangkan di tempat pertama. Jika anda menginginkan lokasi strategis maka apartemen adalah jawabnnya. Karena hampir semua apartemen dibangun di lokasi yang strategis.

2.       Harga

Apartemen tentu memiliki harga yang lebih besar dibandingkan dengan rumah. Apalagi jika apartemen yang anda inginkan ada di lokasi strategis.

3.       Kenyamanan

Jika kenyamanan adalah tujuan anda maka rumah adalah satu-satunya jawaban. Karena rumah lebih luas dan dapat anda design ulang ataupun ditambahkan beberapa hal yang bisa membuat anda nyaman.

4.       Investasi

Rumah dan apartemen sama-sama menguntungkan jika dipertimbangkan sebagai bentuk investasi. Namun untuk melihat lebih untung yang mana antara rumah dan apartemen, maka anda harus mempertimbangkan beberapa faktor termasuk lokasi. Jika anda tinggal di kota besar apartemen bisa jadi lebih menguntungkan karena cukup banyak orang yang meminati hunian satu ini.

5.       Privasi

Anda termasuk orang yang butuh privasi? Maka apartemen bisa menjadi pilihan utama. Karena tinggal di apartemen akan membuat anda sepenuhnya berada dalam dunia anda sendiri. Ingat bahwa butuh privasi bukan berarti anti sosial. Seringkali orang-orang yang sibuk akan lebih memilih apartemen dibandingkan rumah.

6.       Fasilitas

Jika anda menginginkan fasilitas yang lengkap maka apartemen dapat menjadi solusi. Kini semua apartemen memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari gym, kolam renang, taman, pusat perbelanjaan, sauna, dan fasilitas olahraga lainnya. Untuk rumah, tentu anda harus membeli atau membuatnya sendiri karena memang itu kebutuhan pribadi anda.

7.       Biaya Perawatan

Biaya perawatan sifatnya adalah berkala. Untuk biaya perawatan rumah tentu anda akan mengeluarkan cukup banyak biaya perbulannya. Untuk apartemen sendiri, anda juga masih mengeluarkan biaya perawatan namun hanya sekali setiap bulan karena sudah diakumulasikan sehingga nominalnya pun terlihat lebih besar.

8.       Keamanan

Yang dimaksud dengan keamanan disini adalah resiko bencana alam seperti gempa atau kebakaran. Tentu anda tahu bahwa apartemen memiliki resiko lebih besar karena bentuknya yang bertingkat dan ruang gerak yang lebih sempit.

9.       Legalitas

Rumah dan apartemen memiliki legalitas yang berbeda. Jika anda membeli rumah maka anda akan mendapatkan SHM (Surat Hak Milik). SHM merupakan surat kepemilikan yang paling kuat dan tidak berbatas waktu  dan dapat diwariskan secara turun-temurun.

Namun ketika membeli apartemen, anda akan mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan. Sertifikat ini memiliki batas waktu yaitu sampai 20 tahun. Untuk sertifikat ini, anda harus memperhatikan apakah HGB tersebut murni atau Hak Guna Bangunan diatas Hak Pengelolaan Lahan. Jika HGB murni itu berarti tanah tersebut milik sang developer dan anda dapat memperpanjang sertifikat tersebut saat habis masanya. Sedangkan HGB diatas HPL itu berarti tanah merupakan milik pihak lain, sehingga ketika jangka waktu kerja sama sang developer dengan pihak tersebut habis maka tanah dan bangunan menjadi miliki si pemilik tanah.

Jadi antara apartemen dan rumah, pilihan mana yang paling cocok untuk anda??

 

0 Response to "Bingung, Pilih Apartemen ataukah Rumah?"

Posting Komentar