Cermati 5 Tips Ini Sebelum Membeli Rumah

Anda seorang karyawan yang memiliki gaji tetap dan hendak memiliki properti berupa rumah sebagai investasi masa depan? Jangan buru-buru untuk membeli bila anda masih pemula dalam hal properti. Properti merupakan salah satu investasi yang cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia sebab nilainya yang cenderung naik tiap tahunnya serta bisa digunakan sebagai usaha lain seperti sewa atau penginapan.

Tips Membeli Rumah
Sayangnya beberapa orang yang belum mengerti akan rayuan promosi dari agen properti membuat para pembeli cenderung merugi karena pengetahuan yang kurang. Bila anda merupakan salah satu pemula tersebut ada baiknya sebelum anda membeli rumah baik secara kredit maupun secara tunai hendaknya mencermati tips di bawah ini agar  anda tidak menyesal di kemudian hari.

Tips membeli rumah:


a.     Lihat Lokasinya

Anda biasanya menemukan beberapa rumah di jual dengan harga di bawah rata-rata pada umumnya dengan luas yang sama. Perbedaan harga ini kemungkinan diakibatkan oleh lokasinya yang kurang strategis. Tidak adanya moda transportasi misalnya mampu menurunkan harga pasaran rumah tersebut sehingga sebelum membeli rumah ada baiknya anda memeriksa lokasi sekitar apakah dekat dengan fasilitas publik atau tidak.


b.    Kenali Calon Rumah Anda

Setelah mengecek lokasi sekitar maka kini saatnya menjelajahi calon rumah anda untuk menilai apakah bangunan tersebut layak untuk anda tinggali atau tidak. Lihatlah apakah bangunan kokoh dan terhindar dari kerusakan yang menimbulkan biaya perbaikan yang bisa membebani anda ke depannya.


c.     Periksa Dokumen Legalitasnya

Jangan lupa untuk memeriksa dokumen hukum atas calon rumah anda seperti surat tanah dan kepemilikan atas bangunan. Bila anda merasa kurang yakin atas dokumen tersebut anda juga bisa mengeceknya ke Badan Pertanahan Nasional agar anda lebih yakin lagi.


d.    Cek Harga Pasar

Agar anda terhindar dari harga jual yang tinggi ada baiknya bila anda rutin mengecek harga pasar rumah yang memiliki karakteristik seperti calon rumah anda yang akan anda beli. Bila perlu anda lakukan penawaran harga apabila harganya terlalu tinggi.

Jangan lupa untuk tidak terlihat berambisi memiliki calon rumah tersebut. Bila anda merasa kurang ahli dalam hal mencari rumah dan tidak mau repot maka anda bisa menggunakan jasa agen untuk mempermudah mencari rumah yang anda inginkan.


e.     Dapatkan Informasi Secara Detail

Bila anda berniat membeli rumah secara kredit maka anda juga perlu lebih detail memperoleh informasi perihal pembayaran. Jumlah angsuran yang perlu dibayarkan dan bunga yang dibebankan serta masalah down payment yang ditanggung. Untuk anda yang membeli secara tunai anda juga perlu memperoleh informasi tentang biaya kepengurusan dokumen yang perlu dikeluarkan.

Itu tadi merupakan beberapa tips untuk anda sebelum membeli rumah. Dan di era serba teknologi saat ini maka banyak pula developer yang mengiklankan produk rumah mereka di dunia maya. Hal ini akan membuat anda mudah dalam menggali informasi tentang lokasi properti yang ingin anda beli.

0 Response to "Cermati 5 Tips Ini Sebelum Membeli Rumah"

Posting Komentar