Jadikan Hobi Menulis Sebagai Ladang Penghasilan

Pada zaman seperti saat ini, tidak heran jika hampir semua orang mengkonsumsi berita melalui internet. Yah, dulu yang diketahui tentang internet sebatas sesuatu tempat mencari info pada google dan y-mail yang digunakan untuk berkomunikasi, sekarang kegunaannya bertambah. Tidak hanya sebatas sebagai pencari info namun info tersebut bisa berubah menjadi pundi-pundi yang menggiurkan.

Pada era teknologi ini, banyak sekali tenaga kerja kompeten yang masih menganggur. Menganggur ini tentu bukan hanya karena keinginan namun karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk memperoleh pekerjaan. Lapangan pekerjaan menipis sedang tenaga kerjanya setiap hari makin bertambah. Kita tidak bisa lantas marah dan menuntut protes pada pihak pemerintah karena hal itu juga bisa diakibatkan oleh diri kita sendiri.


Oleh karena itu akan lebih baik jika kita mencari pekerjaan atau berwirausaha agar anda tetap bisa menghasilkan rupiah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan memanfaatkan internet untuk membuat artikel.

Sumber-sumber yang muncul pada laman google ketika kita men-search sebuah keyword adalah berbagai artikel yang sangat beragam. Artikel-artikel tersebut di post oleh pemilik blog. Namun pemilik blog tersebut tidak selamanya yang membuat artikel tersebut. Pada blog-blog tertentu terutama yang sudah memiliki viewer yang banyak mereka mampu untuk membayar orang-orang yang bersedia bekerja freelance kepadanya.

Cara kerjanya adalah mereka adalah pemilik blog ini bisa membuka iklan yang mengatakan bahwa mereka membutuhkan pekerja lepas yang bisa menggarap artikel dengan tema tertentu. Biasanya banyak pencaker (sebutan untuk para pencari kerja) yang menyambangi laman iklan lowongan kerja freelance. Pemilik blog tinggal menunggu apakah ada yang tertarik untuk mengajukan diri pada iklan lowongan pekerja lepas yang ia posting. Tidak lupa mereka akan menyertakan kontak yang bisa dihubungi saat ada peminat.

Ketika peminat ini datang, maka mereka dapat tetap berhubungan dengan cara virtual. Tentu bisnis ini dilandasi dengan rasa percaya. Pemilik blog yang kemudian disebut klien oleh para pekerja freelance ini akan memberikan penjelasan singkat tentang artikel yang akan dibuat. Jika perjanjian sudah deal diantara 2 pihak tersebut maka tahap awal biasanya klien  akan memberikan beberapa keyword yang akan menjadi bahan artikel.

Di bagian ini terkadang saat memberikan keyword, klien akan melakukan trial terlebih dahulu. Jika artikel percobaan ini sesuai dengan keinginan klien tersebut maka mereka akan kembali mengirim keyword  lain yang artinya kerja sama berlanjut.


Dari sinilah pundi rupiah bisa didapatkan oleh para freelance writer tersebut. Mereka akan membuat artikel tentang suatu hal berdasarkan pengetahuan sendiri ataupun bisa mencari referensi di internet. Jadi tidak perlu takut jika anda baru pertama kali mendengar kata kuncinya. Namun tetap, anda dilarang keras memplagiat artikel orang lain.

Mungkin bagi beberapa orang yang awam tentang dunia freelance, akan terdengar mustahil untuk mendapatkan keuntungan. Namun jika sudah menggeluti dunia tersebut keuntungan yang didapat bisa sangat menggiurkan. Bahkan jika anda sudah mampu mengambil tender besar, anda bisa menggaji beberapa orang lagi untuk membantu anda mengerjakan project artikel tersebut.

Hanya dengan bermodalkan laptop, akses internet dan kemauan maka kata-kata yang anda rangkai bisa menghasilkan rupiah yang dapat anda jadikan mata pencaharian sampingan. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mulai merangkai kata-kata untuk menghasilkan rupiah ?

0 Response to "Jadikan Hobi Menulis Sebagai Ladang Penghasilan "

Posting Komentar