Mau Promosi? Coba Konten Marketing

Bagaimana cara promosi dengan konten marketing
Konten marketing adalah strategi pemasaran dengan mendistribusikan konten yang menarik pembaca dengan tujuan agar pembaca terdorong untuk menjadi konsumen.

Mau promosi? Coba konten marketing juga tidak ada salahnya. Promosi adalah media yang memberikan kontribusi besar pada suksesnya sebuah usaha. Pengenalan dan memperoleh kepercayaan konsumen sehingga mereka mau membeli adalah tujuan utama strategi ini.

Sebelum membahas kenapa harus menggunakan konten marketing, pebisnis harus mengetahui terlebih dahulu empat proses konsumen dalam membeli barang/jasa:

1.   Awareness/masalah. Pembeli membutuhkan sebuah produk/jasa tapi barang/jasa tersebut tidak tersedia di tangan

2.     Research/Pencarian. Pembeli mencari solusi dengan mencari barang yang dibutuhkan. Pada tahap ini pembeli akan memilah mana barang yang dia butuhkan termasuk jenis, tipe, warna dan lainnya

3. Consideration/Membandingkan. Pembeli jarang yang langsung membeli barang yang dibutuhkan. Kebanyakan pembeli akan menimbang mana yang memiliki keuntungan lebih dan harga yang lebih murah.

4.      Buy/Membeli. Setelah melalui berbagai tahapan baik barang apa yang diperlukan dan mana yang akan dibeli, mereka akan membayarnya di kasir.

Melakukan marketing konten secara mandiri bukanlah hal yang mustahil. Pebisnis hanya perlu memberikan sedikit perhatian pada konten yang ditulis. Hasilnya, pembeli akan berdatangan kepada anda. Langkah-langkahnya pun mudah yaitu:

1.      Paham dengan 3 Tujuan Konten
Tujuan dari sebuah konten itu terbagi menjadi tiga yaitu konten dibuat untuk mendatangkan visitor/pembaca, untuk meningkatkan kepercayaan dan untuk berjualan (anda harus hati-hati dalam menulis konten jenis ini karena pembeli biasanya tidak bisa langsung percaya tentang apa yang anda jual).

Note: Dalam membuat konten, anda harus ingat bahwa ketiga tujuan di atas tidak bisa dimasukan ke dalam satu konten yang anda buat.

2.      Kenali Target Pasar
Prinsip konten marketing adalah memberikan solusi/informasi pada pembaca baru menjual. Sehingga mengenali bagaimana karakteristik target pasar anda adalah hal yang penting dalam membuat konten. Biasanya karakteristik berhubungan dengan pekerjaan maupun rutinitas sehari-hari.

3.      Perencanaan dan Pemetaan Konten
Pembeli tidak akan percaya pada konten yang anda tulis bila penulis langsung to the point membuat konten penjualan. Untuk perencanaan penulisan konten, ada baiknya memulai menulis dengan konten pengenalan terlebih dahulu kemudian menulis konten branding dan yang terakhir menulis konten yang bertujuan untuk penjualan.

4.      Paham Strategi Pembuatan Konten
Dalam piramida pemetaan konten, konten pengenalan dan branding adalah jenis konten yang memiliki tingkat kesulitan rendah. Jadi jumlah tulisan untuk konten pengenalan dan branding harus lebih banyak dari konten penjualan

5.      Mendistribusikan Konten
Anda bisa pula melakukan distribusi konten dengan berbagai metode salah satunya adalah metode email list building.

Note: Konten yang anda kirim harus konten bermutu untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang anda jual.

6.      Ukur dan Analisalah Konten yang Kamu Buat
Bekerja itu perlu pengukuran dan analisa agar konten yang dibuat ke depannya lebih berkualitas. Dari segi konten pengenalan, menganalisa jumlah visitor, jumlah share dan backlink adalah wajib. Untuk konten branding anda harus menganalisa jumlah subscriber atau jumlah follower di jejaring sosial.


0 Response to "Mau Promosi? Coba Konten Marketing"

Posting Komentar