Social Media Marketing VS Search Engine Marketing

Kebutuhan informasi yang diinginkan oleh sebagain besar orang di dunia tidak memungkiri orang-orang itu untuk mengakses internet setiap hari. Jika anda telisik, sangat susah menemukan ceceran koran di angkutan umum. Ini karena orang lebih memilih untuk membaca dari media elektronik. Selain lebih mudah mengakses juga sangat cepat merespon jika ada perubahan informasi segera.

Semakin berkembangnya teknologi, internet tidak hanya digunakan untuk mengakses informasi saja. Banyak hal lain yang digunakan menggunakan internet. Bahkan dapat dikatakan bahwa anda bisa mendapatkan apapun dari internet.

Internet juga digunakan orang untuk mengakses survei produk sebelum mereka membelinya. Mulai dari produk berwujud hingga yang tak berwujud. Sebelum membeli ponsel misalnya, konsumen akan mengakses internet untuk mencari hasil pengujian kualitas tentang produk yang dicari. Terlepas dari keakuratan informasi tersebut, anda akan tetap membacanya.

Hal ini juga semakin mudah karena hampir setiap orang dapat memosting banyak hal di Internet. Tidak perlu pelatihan khusus jika anda ingin menjadi blogger karena anda bisa mendapatkan tutorial apapun di Internet.

Saat ini mungkin di Indonesia pekerjaan adalah hal sedang dicari oleh sebagian besar orang. Hal ini karena memang tidak seimbangnya antara sumber daya manusia dan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Bagi anda yang juga masuk dalam golongan pencari kerja ini anda bisa memanfaatkan kebutuhan konsumsi internet untuk memulai bisnis anda. Beberapa bisnis yang berbasis fasilitas internet adalah Social Media Marketing, Search Engine Marketing, Pay per click. Namun apakah arti ketiga bisnis diatas ?

Sebelumnya telah diulas mengenai bisnis PPC (Pay Per Click). Kali ini akan dibahas dua bisnis lain yaitu Search Engine Marketing (SEM) dan Social Media Marketing (SMM) .

Search Engine Marketing adalah bisnis di mana anda dapat meletakkan blog atau web anda pada laman mesin pencarian. Jadi disini anda dapat membuat laman anda muncul di halaman utama laman pencarian. Semakin sering blog anda muncul di laman pencarian utama maka semakin besar keuntungan anda. Jika anda ingin hal ini terjadi, anda harus pandai menentukan kata kunci tautan yang tepat untuk laman blog anda. Sehingga blog anda akan muncul di urutan pertama saat dicari.

Hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari tahu apa yang orang lain butuhkan. Anda bisa saja memiliki blog yang khusus membahas tentang satu hal. Namun jika anda menginginkan postingan anda muncul pada laman utama mesin pencarian anda harus mengaitkan dengan hal yang tengah booming saat itu. Jadi postingan anda akan tetap update walau hanya membahas satu hal. Mesin pencarian yang biasa digunakan oleh orang adalah google, ask, bing, yahoo dan masih banyak lagi.

Bisnis ini lumayan menguntungkan karena berdasarkan survei 61% konsumen akan menggunakan mesin pencari sebelum membeli produk yang dibutuhkan. Bayangkan saja jika kata kunci tautan anda selalu sesuai dengan kebutahan konsumen tersebut.

Berbeda dengan Search Engine Marketing, Social Media Marketing adalah pemanfaatan postingan menggunakan sosial media. Sosial media yang biasa anda gunakan seperti facebook dapat anda gunakan untuk menyebarkan postingan anda. Kelebihan yang dimiliki oleh Social Media Marketing adalah jika salah satu akun sudah mengaksesnya maka akan terlihat pada beranda orang lain yang menjadi teman akun tersebut. Sehingga secara tidak langsung ini sudah menyebar dengan sendirinya.

Social Media Marketing sangat cocok jika digunakan untuk berjualan online. Tinggal seberapa kreatif anda dalam memposting produk anda di akun sosmed dan membuat orang lain tertarik dengan produk anda.

Jadi Social Media Marketing lebih menyasar konsumen via sosmed sedangkan Search Engine Marketing lebih luas pasarnya karena dilakukan melalui mesin pencarian.


0 Response to "Social Media Marketing VS Search Engine Marketing"

Posting Komentar