Bukalapak.com sebagai Marketplace Terkemuka di Indonesia

Nama Bukalapak.com sebagai salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia sukses meraih perhatian publik dalam waktu yang relatif singkat.  Kesuksesan tersebut bukan diperoleh dengan cara instan namun butuh strategi dan perjuangan yang tidak gampang.

Berdirinya Bukalapak.com


Bukalapak.com, Marketplace - Startup Terkemuka di Indonesia
Bukalapak merupakan situs jual beli online yang pertama kali diluncurkan pada 12 Januari 2010 oleh Achmad Zaky.  Berperan sebagai Founder sekaligus CEO (Chief Executive Officer) di Bukalapak.com, Achmad Zaky juga dibantu oleh Nugroho Hercahyo sebagai CTO (Chief Technology Officer).  Merintis usaha dari nol bukanlah perkara gampang, butuh tekad kuat dan perjuangan yang tak kenal putus asa.  Terlebih ada banyak tantangan terkait minat para pengusaha yang kurang interest berjualan secara online.  Bahkan lulusan Teknik Informatika ITB ini pernah secara langsung ke mall-mall untuk mengajak pelaku usaha membuka stand online di Bukalapak, meski ajakannya tersebut belum berbuah manis.

Karena di tahun 2010-an belum banyak orang yang memahami internet, dan bagaimana berjualan via online.  Enggan belajar dan tidak mau ribet menjadi salah satu alasan mereka menolak ajakan Achmad Zaky meski ditawarkan secara gratis.

Tanpa kenal lelah, Achmad Zaky bertekad untuk memajukan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) melalui platform Bukalapak.  Tak kurang dari 500 pesan dikirimkannya setiap hari via Facebook kepada para pelaku usaha dan ternyata mendapatkan respon yang cukup positif.  Sehingga ada peningkatan jumlah pelaku usaha yang memiliki akun Bukalapak.  Tak heran jika dalam kurun waktu 1 tahun, sudah ada sekitar 15 ribu pelapak di situsnya.

Bukalapak pun mulai dikenal luas sehingga beberapa perusahaan besar pun bersedia menjadi investor untuk pendanaan Bukalapak. Sebut saja Batavia Incubator, GREE Ventures, Aucfan, 500 Startups, dan IREP.  Dan dalam waktu sekitar 3 tahun Bukalapak sudah dikenal sebagai marketplace dengan reputasi yang bagus dan kredibel baik dalam kemudahan akses maupun customer servicenya.

Seiring berjalannya waktu, Bukalapak pun berbenah dan menawarkan benefit bagi kedua pihak, penjual dan pembeli. Banyak sekali alasan (baik teknis maupun non-teknis) mengapa situs ini patut menjadi tempat yang dituju ketika seseorang ingin menjual atau membeli sebuah produk.

Program-program unggulan Bukalapak


Ada banyak program unggulan yang ditawarkan oleh Bukalapak demi menjamin kepuasan customernya, diantaranya adalah:

·         Fitur Quick Buy

Fitur yang diluncurkan pada 25 Juni 2014 ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna Bukalapak, dimana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu.  Pada fitur ini pembeli cukup memilih Tab Beli tanpa akun,memasukkan alamat email dan alamat pengiriman produk.  Adapun email tersebut digunakan sebagai kontak dengan pembeli, baik untuk mengirim tagihan maupun konfirmasi ketika terjadi kesalahan transaksi.

·         Fitur pembayaran dengan Kartu Kredit, KlikPay dan Rekening Ponsel

Fitur yang diluncurkan untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2015 ini merupakan bentuk komitmen Bukalapak untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi pelanggan dalam berbelanja secara online.  Dalam fitur ini, metode pembayaran Kartu Kredit baik Visa maupun Master bisa digunakan untuk semua transaksi dengan nila  minimal Rp 10.000, dengan biaya pelayanan sebesar 1,5%.  Terkait dengan adanya proses refund, maka seluruh pembayaran akan dikembalikan namun tidak demikian dengan biaya layanan tersebut.  Sedangkan untuk fitur KlikPay tidak dikenakan biaya pelayanan.

·         Program bebas ongkos kirim

Bekerja sama dengan JNE sebagai mitra Bukalapak, di akhir tahun 2015 Bukalapak telah meluncurkan program bebas ongkos kirim.Pada bulan Maret 2016 kembali diadakan. Program ini merupakan wujud kepedulian Bukalapak kepada pelanggan yang ingin melakukan belanja online namun terbebani dengan tingginya ongkos kirim terutama yang berada di kota-kota kecil di Indonesia.  Program yang berlaku dalam rentang waktu tertentu.

·         Program Komunitas Bukalapak

Program yang bertujuan untuk menjaring lebih banyak pedagang ini menggaet para pelaku usaha kecil UMKM di daerah sehingga bisa berdagang secara online melalui platform Bukalapak.  Di komunitas ini, juga diberikan kesempatan kepada para pelaku usaha untuk menimba ilmu dan keterampilan dalam bidang marketing secara lebih efektif, sehingga bisa meraup omset yang berlipat dalam bisnisnya.  Harapannya Bukalapak tidak hanya mendominasi wilayah Jabodetabek saja melainkan juga bisa merambah ke wilayah lain di luar Jawa mengingat potensi UMKM di luar Jawa juga cukup besar.

·         Program Bedug Berkah BL

Program Bedug Berkah BL
Program unggulan dari Bukalapak yang satu ini merupakan program kejutan menyambut datangnya bulan Ramadhan.  Program ini akan berlangsung selama 49 hari, mulai tanggal 23 Mei hingga 10 Juli 2016.  Yang menarik, dalam program ini pelanggan hanya cukup menggerakkan gadget/smartphone saat berbelanja online di aplikasi Bukalapak dan akan ada banyak kejutan menarik yang ditawarkan, mulai dari potongan harga hingga Rp 500.000 dan bebas ongkos kirim hingga Rp 25.000.

Hadiah lainnya yang tak kalah menarik adalah paket umroh untuk 10 orang yang beruntung dan mobil Honda HRV untuk satu orang pemenang yang beruntung.


Mengapa harus di Bukalapak?


Perkembangan bisnis online saat ini sudah sedemikian pesatnya, berbagai kemudahan dan kepraktisan menjadi salah satu alasan bagi para buyer ketika berbelanja via online.  Demikian juga dari segi seller yang mendapatkan berbagai manfaat praktis dengan berjualan secara online.

Namun demikian berbelanja secara online juga dianggap beresiko mengalami penipuan, karena pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung.  Berdasarkan kekhawatiran akan munculnya penipuan dalam bisnis online, maka Bukalapak hadir sebagai tempat berbelanja yang bebas dari resiko penipuan online.

Payment system

Dengan sistem ini pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi secara lebih aman, dimana metode transaksi hampir menyerupai rekening bersama tradisional.  Dalam sistem ini penjual akan menerima pembayaran setelah pembeli menerima barang yang dibeli, sehingga ketika barang tidak dikirim maka pembeli berhak mendapatkan uangnya kembali 100%.

Adapun beberapa keuntungan menggunakan Payment System di Bukalapak adalah:

·         Dengan sistem pembayaran ini buyer bisa langsung membayar tanpa harus menghubungi pihak seller untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti halnya yang dilakukan pada forum jual beli.
·         Setiap pembelian, dimana buyer telah melunasi pembayaran maka penjual secara otomatis akan mendapatkan SMS dari sistem Bukalapak untuk segera melakukan pengiriman barang.
·         Dalam sistem ini, selain transfer pembeli juga bisa melakukan transaksi pembayaran melalui BCA KlikPay atau Mandiri KlikPay.
·         Kemungkinan untuk terjadi kesalahan sangat minim karena seluruh proses transaksi telah tercatat secara otomatis oleh komputer.
·         Jika dalam 3 hari pihak seller tidak mengirim barang maka akan ada otomatis refund, yaitu pengembalian dana kepada pembeli.
·         Adanya feedback positif dari pembeli jika tidak ada konfirmasi.
·         Adanya tim Customer Service yang dengan senang hati akan melayani penjual dan pembeli yang belum memahami bagaimana bertransaksi melalui Payment System di Bukalapak.



0 Response to "Bukalapak.com sebagai Marketplace Terkemuka di Indonesia"

Posting Komentar