Mengapa Bisnis Harus Online, Apa Strateginya Agar sukses?

Seiring dengan perkembangan teknologi internet dewasa ini, peluang untuk menjalankan bisnis berbasis online pun semakin menggeliat dengan prospek yang cukup menjanjikan.  Peluang bisnis secara online terbukti mampu memberikan keuntungan yang signifikan bagi para pelaku usaha di bidang ini.  Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai seluk beluk bisnis online dan bagaimana strategi yang harus dilakukan agar sukses dalam mengembangkan bisnis online.

Apa Itu Bisnis Online?


Mengapa Usaha Harus di-Online-kan, Apa Strategi Agar Cepat sukses?
Bisnis online bisa diartikan sebagai segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan via internet atau secara online.  Kegiatan dalam bisnis online bisa meliputi aktivitas jual beli, penyediaan jasa online hingga aktivitas lainnya yang ada di berbagai bidang industri yang dilakukan secara online.

Kegiatan dalam bisnis online terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan wujud tampilannya di internet, yaitu:

Akun media sosial
•  Blog
Website
Toko online

Apa Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Online?


Sebelum terjun ke dalam bisnis online sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat maupun keuntungan dari bisnis ini.  Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjalankan bisnis online:

Modal

Modal menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum menjalankan bisnis online.  Pada dasarnya modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis online relatif kecil, di mana fasilitas utama yang wajib ada adalah komputer, smartphone dan koneksi internet.

Waktu

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis online adalah bisa dilakukan kapan pun tanpa mengenal waktu, bahkan bisa dibilang 24 jam karena sebagai pemilik usaha tugas kita hanya memberikan follow up terkait permintaan yang masuk.  Dan dari segi waktu, bisnis online bersifat fleksibel sesuai dengan waktu yang kita miliki sehingga lebih praktis dan menguntungkan.

Tempat

Apakah harus memiliki kantor untuk berbisnis online?  Tentu saja tidak, karena bisnis ini bisa dijalankan di manapun kita berada dan kapan pun kita mau.  Karena yang terpenting adalah koneksi internet yang memadai agar bisnis online tetap berjalan lancar.

Jangkauan pasar lebih luas

Dengan jaringan internet, maka bisnis online bisa menjangkau pasar yang lebih luas bahkan hingga ke mancanegara.  Namun demikian untuk mengoptimalkan jaringan maka diperlukan strategi marketing yang tepat agar bisnis kita lebih mudah untuk ditemukan oleh konsumen.

Biaya operasional

Biaya yang dikeluarkan untuk sebuah bisnis online cenderung kecil karena usaha ini cukup fleksibel tidak terbatas ruang atau waktu.

Keuntungan

Dalam hal keuntungan, bisnis online bukan hanya mampu meningkatkan pendapatan kita namun juga bisa menambah jaringan bisnis yang dimiliki.

Pembayaran

Dalam bisnis online pembayaran bisa dilakukan melalui transfer sehingga lebih praktis dan efisien.

Kita adalah bos

Setiap pelaku bisnis online adalah bos dari masing-masing bisnis yang dijalani, dengan demikian maka semua kegiatan bisnis bisa langsung kita tangani tanpa harus ada perintah atasan layaknya pekerja kantoran.

Lebih santai

Bisnis online merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dijalani dengan lebih santai, mengapa? Karena peluang usaha ini bisa dijalani di mana saja, termasuk di rumah.  Bahkan bisa sambil makan atau minum kopi.  Sekali lagi yang terpenting adalah koneksi internet yang memadai.

Promosi

Dalam bisnis online promosi bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis karena bisa memanfaatkan media sosial yang ada, dan dalam hal ini tentunya dibutuhkan kreatifitas yang baik agar promosi bisa menarik minat konsumen.

Apa Saja Kekurangan Bisnis Online?


Ketika Anda ingin mengenal bisnis online, Anda juga perlu memahami beberapa kekurangan dari bisnis ini.

Tanpa internet bisnis online tidak jalan

Sesuai namanya, bisnis yang berbasis online tentu saja sangat tergantung pada koneksi internet. Sehingga ketika tidak ada koneksi internet maka bisa dipastikan bisnis online akan mati suri.

Kepercayaan konsumen

Maraknya penipuan di internet turut andil dalam menurunkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis online. Maka dari itu, bisnis online harus bisa membangun image yang positif.

Pengiriman produk

Jauhnya lokasi konsumen bisa menjadi penghambat dalam berbisnis online, di mana untuk pengiriman produk diperlukan biaya tambahan sebagai ongkos kirim.

Strategi Agar Bisnis Online Sukses


Agar bisnis online bisa berkembang sesuai harapan, maka diperlukan strategi berbisnis online agar sukses.  Dengan menerapkan strategi bisnis online di bawah ini, Anda dapat meminimalisir resiko kerugian atau kegagalan.

Menentukan produk yang akan dijual

Sebelum menentukan produk yang akan dijual dalam bisnis online, maka sebaiknya kita melakukan riset produk terlebih dahulu.  Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja produk yang tengah dibutuhkan oleh konsumen saat ini, target pasar yang akan dituju, dan bagaimana peluang produk tersebut bisa mencapai target.

Mengenai produk yang akan dipasarkan, bisa ditentukan berdasarkan sifatnya.  Apakah kita akan menjual produk berupa barang fisik seperti pakaian, aksesoris, handphone, barang elektronik, makanan?

Apakah kita akan menjual produk berupa barang digital seperti e-Book, software ataupun produk informasi?

Apakah kita akan menjual produk jasa seperti misalnya jasa tour and travel, jasa pembuatan website, jasa online marketing?

Untuk pemula, tidak ada salahnya mengawali bisnis online dengan sistem reseller ataupun dropshipper.  Karena dengan cara ini kita bisa mempelajari secara langsung mengenai cara berbisnis online tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.  Untuk memulai bisnis dengan sistem reseller maupun dropshipper, pastikan suplier yang kita ajak kerjasama adalah yang sudah terpercaya untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Mengoptimalkan strategi promosi

Agar konsumen mengetahui bisnis online kita maka langkah yang harus dilakukan adalah gencar mempromosikan produk yang dijual.  Media sosial bisa menjadi sarana promosi yang efektif untuk berbisnis online.  Selain gratis, promosi di media sosial juga bisa menjangkau banyak konsumen.
Jika bisnis online sudah lebih berkembang, membuat website sendiri untuk memaksimalkan bisnis yang dimiliki bisa menjadi solusi tepat.  Ketika bisnis kita sudah memiliki website, maka kita bisa dengan mudah memasukkan link ketika mengunggah status di media sosial.  Tentunya calon konsumen akan lebih percaya jika bertransaksi dengan pelaku usaha yang sudah terpercaya.

Mengoptimalkan website

Setelah memiliki website pribadi maka kita bisa langsung mengisinya dengan konten yang berkualitas dan meyakinkan.  Sebagai langkah awal maka bisa memasukkan informasi seputar profil bisnis, galeri berupa gambar produk, alamat usaha dan bagaimana cara pemesanan maupun transaksinya.

Dalam mengoptimalkan website penting juga untuk memahami bagaimana cara menggunakan perangkat komputer termasuk software pendukungnya.  Mencari informasi yang banyak tersebar di internet bisa menjadi salah satu solusi bagi kita untuk bisa lebih memahami dunia internet marketing.  Jika ada kursus atau kesempatan untuk mempelajari hal itu, tak ada salahnya untuk dicoba, kan?

0 Response to "Mengapa Bisnis Harus Online, Apa Strateginya Agar sukses?"

Posting Komentar