Air Terjun Mananggar, Niagaranya Indonesia


Wisata air terjun merupakan salah satu jenis wisata yang paling diburu oleh banyak orang. Bisa dibilang air terjun adalah gabungan dari pantai dan gunung karena memiliki unsur air dan tanah atau tebing bebatuan sekaligus. Wisata air terjun sendiri memiliki feel yang berbeda dengan wisata pantai atau gunung. Salah satu faktor yang membuat wisata air terjun populer adalah ketinggian air terjun itu sendiri.

Sebagai salah satu pecinta air terjun tentu mengunjungi wisata Air Terjun Niagara di Amerika adalah impian yang entah kapan bisa terkabul. Namun Anda sebagai warga Negara Indonesia patut bangga dan beruntung karena Negara kita memiliki Air Terjun Niagara juga lho.

Salah satu wisata air terjun yang ada di tanah Borneo, tepatnya di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat nyatanya menyandang predikat sebagai Niagara-nya Indonesia. Air terjun yang memiliki ketinggian 60 meter dan lebar 60 meter ini memiliki beberapa nama yaitu Air Terjun Mananggar, Melanggar, Banangar dan juga Menaggar.

Air terjun Mananggar ini adalah patahan Sungai Landak dan letaknya pun berada di hulu Sungai Landak yaitu sekitar 290 km arah timur laut Kota Pontianak. Jika Anda sedang hunting obyek wisata air terjun atau Anda memang sedang berada di Kalimantan Barat, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Air Terjun Mananggar.


Meskipun air terjun yang satu ini bisa dibilang sebagai replika Air Terjun Niagara namun awalnya akses untuk menuju ke dasar air terjun masih cukup sulit. Jalan yang hanya setapak tertutup oleh semak belukar sehingga wisatawan yang datang lebih memilih untuk menikmati keindahan Air Terjun Mananggar dari atas air terjun. Bagaimana dengan akses saat ini? Meski tidak semulus akses di Air Terjun Niagara, tetapi saat ini pengunjung dapat menuju dasar air terjun Mananggar dengan lebih mudah.

Untuk menikmati pesona Air Terjun Manggar ini pun pengunjung harus ekstra sabar karena perjalanan yang harus dilewati cukup panjang dan berliku. Butuh waktu sekitar 6 hingga 7 jam untuk mencapai Kecamatan Air Besar dari Kota Pontianak. Belum lagi pengunjung harus menempuh perjalanan yang tidak mudah dari Kecamatan Air Besar ke obyek wisata. Namun jangan pantang menyerah ya,, karena pesona air terjun ini benar-benar setimpal dengan lelahnya perjalanan yang di tempuh J

Uniknya Air Terjun Manggar ini memiliki danau di bagian bawah air terjun yang memiliki luas lebih dari 2 hektare. Danau ini berbentuk bulat dan dapat digunakan untuk mandi, berenang hingga memancing udang dan ikan. Di bagian kiri atas air terjun terdapat sebuah tempat untuk memohon rizki kepada Tuhan YME, dimana tempat ini sudah dipergunakan sejak ratusan tahun silam hingga saat ini.

Kemudian di atas air terjun ini terdapat Gunung Pejapa yang memiliki ketinggian 1.019 meter yang mengelilingi Air Terjun Mananggar. Selain itu air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan yang asri dan masih terjaga. Di sekitar air terjun juga terdapat Gua Sanjan, dimana dalam gua ini terdapat air terjun dan sungai kecil.

Untuk masalah penginapan sayangnya belum ada penginapan resmi di sekitar obyek wisata. Namun pengunjung memiliki opsi untuk mendirikan tenda, menginap di rumah penduduk ataupun menginap di tempat parkir.


Bagaimana? Apakah kalian berminat mengunjungi Air Terjun Niagara versi Indonesia ini?

0 Response to "Air Terjun Mananggar, Niagaranya Indonesia"

Posting Komentar