Bekerja Sekaligus Traveling? Tourist Guide Jawabannya


Di era 80-an profesi ini dianggap remeh oleh masyarakat namun seiring berjalannya globalisasi menjadi pemandu wisata merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap enteng. Bagi Anda yang suka traveling tentunya profesi ini sangat menyenangkan. Selain bekerja Anda juga bisa menyegarkan pikiran dan mengedukasi para pelanggan.

Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki beragam destinasi wisata yang memukau dunia. Satu diantaranya adalah Pulau Bali dan Lombok yang terkenal akan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Di sinilah prospek peluang bisnis pariwisata mulai menjamur di berbagai kota di nusantara. Ditambah turis yang berdatangan ke tempat wisata juga tidak hanya pengunjung dosmetik namun meliputi wisatawan internasional yang hendak mengenal lebih jauh akan budaya tanah air.

Menjadi pramuwisata tidaklah semudah kelihatannya diperlukan pengetahuan yang luas serta kemampuan berbahasa yang mumpuni. Bila salah satu pelanggannya kebanyakan turis internasional kemampuan bahasa Inggris tentu menjadi poin utama yang sangat dibutuhkan. Wawasan mengenai tempat wisata yang akan  dituju juga dibutuhkan agar pelanggan merasa puas dan terpukau akan pelayanan anda.

Gaji yang diterima oleh seorang pemandu wisata bisa dikatakan sangat lumayan ditambah bila memiliki jam terbang yang tinggi. Latar belakang seorang pramuwisata sebenarnya beragam asal ia cakap dalam berbicara dan ramah. Di luar negeri bahkan pelajar ataupun anak kuliahan bisa menjadi seorang pramuwisata. Umumnya pramuwisata bekerjasama dengan pihak hotel atau penginapan untuk memperoleh banyak pelanggan.

Tidak sedikit pula yang menawarkan paket wisata yang lebih miring dari segi harga sebagai salah satu strategi pemasarannya. Anda juga bisa menjadi pramuwisata mandiri bila memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas yang dimaksud meliputi transportasi baik roda dua ataupun roda empat yang dapat menampung wisatawan yang Anda pandu.

Bisnis pemandu wisata ini juga memiliki persaingan yang ketat dengan kompetitor sejenis sehingga Anda perlu meningkatkan pelayanan, pemasaran dan memperbanyak promo. Salah satu promo yang bisa di tawarkan adalah pemberlakuan diskon untuk rombongan wisatawan. Tempat wisata yang Anda tawarkan juga tidak harus melulu wisata alam seperti pantai ataupun pegunungan, Anda juga bisa menawarkan destinasi wisata edukatif layaknya tempat pembuatan batik maupun wisata perkebunan.

Anda juga bisa menawarkan paket wisata keluarga dikala musim liburan telah tiba. Ingatlah keramahan adalah hal yang juga dapat membawa kesuksesan dalam berbisnis pramuwisata di masa depan. Jangan lupa untuk selalu responsif dengan pertanyaan pelanggan dan berlapang dada setiap menerima keluhan.


Selalu perbaharui wawasan agar membantu  Anda dalam mengambarkan situasi juga menjawab pertanyaan yang dilontarkan pelanggan. Sering memperbahurui website dan gencar melakukan promosi di media sosial adalah strategi yang perlu dicoba dalam bisnis pramuwisata. Ditambah lagi  bila Anda sering memposting tempat wisata yang keren  sehingga membuat para pengunjung website atau pengikut penasaran dan ingin segera merasakan liburan.

0 Response to "Bekerja Sekaligus Traveling? Tourist Guide Jawabannya"

Posting Komentar