Anda Mahasiswa? Freelancer, Cocok Bagi Kamu Yang Masih Kuliah


Pekerjaan adalah suatu cara bagi setiap manusia untuk menghasilkan uang demi memenuhi kebutuhannya. Tidak hanya berpendidikan tinggi tetapi juga diperlukan kemampuan yang mumpuni untuk menghasilkan banyak uang dari sebuah pekerjaan. Tidak jarang bahkan ketika duduk dibangku kuliah atau sekolah menengah atas banyak pula pelajar yang telah bekerja demi memenuhi kebutuhannya atau sekedar mencari pengalaman.

Salah satu pekerjaan yang kini banyak dipilih baik dari pelajar,mahasiswa atau para lulusan sarjana yakni menjadi freelancer. Freelance atau pekerja lepas merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan sendiri yang mana waktunya ditentukan oleh freelancer sendiri serta tidak berkomitmen bekerja dengan majikan dalam jangka panjang tertentu. Istilah freelance sendiri dikenal sejak lama yakni pada tahun 1771-1832 oleh pria berkebangsaan Inggris bernama Sir Walter Scott. Ia menggambarkan pekerjaan freelancer  pada novel yang dia buat berjudul Ivanhoe.

Jenis pekerjaan freelancer sangatlah beragam mulai dari pembukuan, entry data, penerjemah, desain dan masih banyak lagi lainnya. Pekerjaan seperti ini cenderung berlandaskan atas kemampuan tiap freelancernya. Keunggulan dari freelance sendiri yakni tidak terpaku pada jam kerja dan kantor. Anda bisa bekerja dimanapun dan jam berapa pun asal tidak melewati batas waktu yang ditentukan oleh klien. Kamu menjadi bos untuk pekerjaan serta memiliki hak penuh atas harga dari jasa yang kamu tawarkan.

Meskipun begitu tidak berarti pekerjaan ini minim resiko faktanya ada beberapa kelemahan yang terdapat pada pekerjaan jenis ini. Dikarenakan freelancer merupakan pekerjaan tidak tetap tentu saja sumber pendapatan juga tidak menentu. Anda juga dituntut manajemen waktu yang baik sebab tidak jarang harus berlomba dengan deadline yang ditentukan sebelumnya antara pihak klien dengan freelancer. Terkadang kamu juga dituntut untuk mengeluarkan uang ekstra untuk pekerjaan ini, dan bila tidak melakukan perhitungan dengan cermat kamu bisa saja rugi.

Kamu juga perlu memikirkan klien baru ketika pekerjaan telah terselesaikan serta banyaknya kompetitor yang kini banyak muncul. Beberapa start up juga mulai muncul untuk menjembatani antara klien dan freelancer. Sebut saja diantaranya freelancer.co.id, projects.co.id, dan sribulancer.com. Bila anda menggunakan salah satu website tersebut tentu saja keamanan atas pembayaran jasa anda akan terjamin.  Bagi yang masih kuliah pekerjaan ini menajdi salah satu solusi dalam menghasilkan uang.

Kamu juga tidak lagi dipusingkan dengan masalah waktu yang bentrok dengan jam kuliah. Tentu saja kamu perlu memiliki reputasi yang mumpuni agar klien tidak pindah ke lain hati. Reputasi seorang freelancer bisa dibina dari perkataannya semisal tepati waktu deadline yang telah disepakati. Jangan lupa selalu responsif terhadap pertanyaan dan revisi yang diberikan oleh klien. Tidak lupa untuk memberikan gambaran diri kamu kepada klien ketika mengajukan lamaran seperti portofolio atas pekerjaan kamu sebelumnya guna memukau si calon klien.

0 Response to "Anda Mahasiswa? Freelancer, Cocok Bagi Kamu Yang Masih Kuliah"

Posting Komentar