Pantai Selimpai, Pesisir Sambas Nan Elok


Jika Anda sedang berlibur ke Kalimantan Barat khususnya daerah Sambas, jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu obyek wisata di daerah Sambas yaitu Pantai Selimpai. Di Indonesia sendiri kegiatan berlibur cukup identik dengan pantai. Untuk Anda yang bosan dengan pantai yang itu-itu saja, maka luangkan waktu Anda untuk mengintip eloknya Pantai Selimpai ini.

Pantai Selimpai yang terletak di Desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas ini merupakan salah satu kawasan konservasi yang ada di Kalimantan Barat yang diberi nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Pantai ini merupakan tanjung (bagian daratan menjorok ke laut) dimana antara sisi garis laut dan bibir sungai hanya berjarak selebar lapangan bola.

Keunikan Pantai Selimpai ini adalah adanya bibir pantai yang menghadap ke laut dan juga ke sungai. Ketika Anda berada di bibir pantai yang meghadap ke sungai, Anda akan melihat ombak Laut Natuna yang bergulung-gulung. Lebih tepatnya sisi selatan hingga Pantai Selimpai berbatasan dengan Laut Natuna. Sedangkan sisi utara hingga timur dikepung oleh Sungai Merabau.

Selain keunikan tersebut, Pantai Selimpai juga dikaruniai beberapa jenis vegetasi dan fauna yang jarang ada di pantai lain di wilayah Kalimantan Barat. Ketika berkunjung ke Pantai Selimpai, Anda akan menjumpai aneka ragam panorama mulai dari hamparan hutan pinus, pantai, laut hingga sungai. Dari Pantai Selimpai ini juga Anda dapat melihat Tanjung Datuk yang merupakan kawasan perbatasan dengan Malaysia.


Saat menjejakkan kaki di Pantai ini Anda akan disambut oleh pasir putih yang landai dan pepohonan pinus yang menjulang. Kawasan pantai ini masih bersih dan tentu memiliki panorama yang tidak kalah dengan Pantai Kuta di Bali. Selain ada pasir putih, sungai dan hutan pinus ternyaa masih ada satu hal lagi yang menjadi daya tarik Pantai Selimpai.

Jangan salah, Pantai Selimpai ternyata memiliki pulau mini yang membuat banyak orang terkesan. Pohon berkayu yang menjulang di kawasan pantai ini juga sering mengundang decak kagum pengunjung. Hal ini karena banyak orang yang menganggap bahwa pohon-pohon tersebut sengaja di tanam di situ agar terlihat indah. Padahal kenyataannya pohon-pohon tersebut tumbuh secara alami. Perpaduan pohon cemara dan rumput hijau setinggi mata kaki akan membuat Anda rileks dan tenang.

Untuk mencapai lokasi Pantai Selimpai ini Anda bisa mengaksesnya dari Kabupaten Sambas. Lebih tepatnya pantai ini berjarak sekitar 7 km dari ibukota kecamatan dan 45 km dari utara kota Sambas. Sedangkan untuk waktu tempuh sekitar 1,5 jam untuk rute Sambas-Paloh. Kemudian pengunjung harus menyeberangi sungai Paloh menggunakan speed boat atau perahu motor dengan estimasi waktu sekitar 30 menit.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan pantai atau tempat wisata yang Anda kunjungi ya..

0 Response to "Pantai Selimpai, Pesisir Sambas Nan Elok"

Posting Komentar