Pantai Temajuk, Sunset Hingga Penyu Bertelur



Bagi kalian yang suka travelling pasti obyek wisata pantai selalu ada dalam list travelling bukan? Bagi kalian yang tinggal di wilayah Kalimantan Barat, kalian patut bangga karena di provinsi Kalimantan Barat ada cukup banyak obyek wisata pantai yang bisa dikunjungi.  Salah satu obyek wisata pantai yang wajib dan sayang banget untuk dilewatkan adalah Pantai Temajuk. Di pantai ini kalian bisa menikmati indahnya hamparan bebatuan granit, eksotisnya pantai pasang surut, hamparan pasir putih yang indah, sunset dari dermaga, snorkeling  hingga bisa menyaksikan penyu bertelur. Woah list kegiatan yang menyenangkan sekali bukan?


Salah satu kegiatan yang sepertinya tidak dimiliki oleh pantai pada umumnya adalah adanya moment di mana pengunjung bisa melihat  penyu akan bertelur. Tentu untuk menyaksikan moment langka ini pengunjung harus menginap di Pantai Temajuk. Namun tidak perlu khawatir karena di obyek wisata satu ini sudah ada beberapa jenis penginapan yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi pengunjung.

Salah satu penginapan yang wajib dicoba adalah Villa Kelapa Dua. Mendengar namanya pasti kalian membayangkan indahnya villa –villa yang ada di Bali ataupun Puncak , Bandung kan? Eits.. villa di Pantai Temajuk ini berbeda 360o dengan villa-villa yang ada di benak kalian lho. Villa Kelapa Dua ini adalah villa yang dibangun berdasarkan kerjasama antara Pemerintah Daerah Sambas dengan warga sekitar. Uniknya villa ini bermaterial kayu untuk dinding dan lantainya dengan atap rumbai daun kelapa. Belum lagi villa ini dibangun dengan model seperti rumah panggung namun dengan bentuk yang berbeda. Unik bukan?
Selain desainnya yang tidak biasa, villa ini juga memiliki tempat yang strategis lho, sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihat dan menunggu penyu naik ke pesisir untuk bertelur. Dengan tarif sekitar 150.000 hingga 300.000 rupiah, pengunjung sudah bisa menginap di Villa Kelapa Dua ini.

Nah setelah mengulas tentang fasilitas dan keindahan Pantai Temajuk, saatnya untuk mengulas tentang akses menuju Pantai Temajuk. Secara administratif pantai ini terletak di Desa Temajuk dimana desa ini hanya berjarak 4 km dari Telok Melano, Malaysia. Jadi dapat dikatakan bahwa desa ini adalah wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Pengunjung bisa mengakses Desa Temajuk dari Kota Pontianak ataupun Kota Singkawang.

Semua akses dimulai dengan perjalanan ke arah Sambas kemudian ambil jalur ke arah Kartiasa. Sampai di Kartiasa pengunjung perlu menyeberang sungai menggunakan feri tujuan Teluk Kalong dengan tarif Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 35.000 untuk mobil pribadi. Setelah itu baru dilanjutkan menuju arah Paloh.


Beberapa desa yang harus dilalui sebelum sampai di Temajuk adalah Dusun Liku, Dusun Setingga, Dusun Merbau, Dusun Sumpi dan Dusun Ciremai. Untuk mencapai Dusun Ciremai, pengunjung harus menyeberang sungai menggunakan perahu Bangkong dengan tarif Rp. 10.000 untuk sepeda motor dan Rp. 100.000 untuk mobil. Dari Dusun Ciremai pengunjung masih harus menempuh jarak 50 km lagi untuk sampau di Desa Temajuk. Sebagai info saja jalan darat yang harus dilalui tidak semuanya mulus karena memang daerah ini masih belum disentuh oleh dana pembangunan pemerintah secara menyeluruh. Kuncinya adalah sabar dan kalian bisa menikmati indahnya Pantai Temajuk..

0 Response to "Pantai Temajuk, Sunset Hingga Penyu Bertelur"

Posting Komentar