Eits.. Ini Nih Puncak Mahameru di Kalimantan Barat


Sebelum booming film 5cm beberapa tahun lalu, Gunung Semeru di Jawa Timur sudah menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam khususnya anak-anak gunung. Tak terkecuali juga untuk pecinta gunung di Kalimantan Barat. Jauh-jauh dari tanah Borneo mereka rela menyeberang ke Pulau Jawa untuk menakhlukkan puncak Mahameru milik Gunung Semeru.

Namun perjalanan jauh ini tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Oleh karena itu bagi kalian para pecinta gunung di borneo khususnya Kalimantan Barat ada baiknya jika kalian mengeksplore obyek pendakian di kawasan Kalimantan Barat. Yah itung-itung ikut meramaikan wisata lokal bukan?

Jika kalian tidak percaya silakan kunjungi bukit jamur di wilayah Bengkayang, Kalimantan Barat. Meskipun di Kalimantan Barat tidak ada gunung-gunung menjulang setinggi gunung-gunung di pulau Jawa, namun Bukit Jamur Bengkayang tidak dapat dipandang sebelah mata lho. Memang tinggi bukit jamur tidak mungkin menyamai puncak Mahameru namun panorama yang tersaji dari puncak Bukit Jamur tidak kalah kok.


Sejak akhir tahun 2014 lalu, Bukit Jamur sudah banyak menarik hati para wisatawan di Kalimantan Barat. Panorama yang indah menjadi alasan utama para pendaki berbondong-bondong naik ke atas bukit dan mendirikan kemah disana.  jadi jangan heran ketika kalian kesana lalu melihat banyak kemah didirikan di atas bukit ya. Itu bukan anak-anak SD atau SMP lagi Persami kok, tapi para pendaki yang heboh ingin menyaksikan keagungan Tuhan dari atas puncak Bukit Jamur.

Bukit Jamur sendiri merupakan salah satu obyek wisata baru di Kalimantan Barat. Dengan tinggi bukit ini mencapai 500 mdpl, maka para pendaki bisa mendapatkan moment samudra awan pagi-pagi buta. Saat sunrise,para pendaki akan disuguhi moment tak terlupakan dengan view layaknya berada di negeri dongeng. Sebagai info, untuk mencapai puncak bukit ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja. Sepertinya selama proses mendaki ini, para pendaki tidak akan merasakan lelah dan capek yang berarti karena mereka akan teralihkan oleh pemandangan indah nan mengagumkan di sekitar bukit.

Meskipun obyek wisata yang satu ini memang indah, namun sayangnya masih cukup banyak pendaki yang kurang bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan. Cukup banyak sampah yang berserakan di jalur pendakian dan juga di puncak bukit. Sepertinya pemerintah daerah Bengkayang harus bertindak agar Bukit Jamur kedepannya masih bisa dinikmati. Sangat disayangkan bukan, jika Bukit Jamur ditinggalkan karena kondisi lingkungan yang kotor. Ayo mulai dari diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya..

Untuk kalian yang tertarik mengunjungi Mahameru-nya Kalimantan Barat ini, kalian harus tahu bahwa lokasi Bukit Jamur ini terletak di Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Bengkayang, Kalimantan Barat. Kalian cukup menempuh jarak sekitar 6 km dari pusat Kota Bengkayang untuk sampai ke Bukit Jamur. Jadi lokasi bukit ini memang sangat strategis dan mudah untuk diakses.

Kalian siap memulai pendakian guys????

0 Response to "Eits.. Ini Nih Puncak Mahameru di Kalimantan Barat"

Posting Komentar