Taman Nasional Danau Sentarum, Surga Tersembunyi Di Kalimantan Barat


Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki daratan lebih luas dibandingkan pulau Jawa. Apa sih yang terkenal dari daerah Kalimantan Barat? Jangan salah, karena Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah di dunia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Selain itu daerah Kalimantan Barat juga terkenal akan obyek wisata dan kuliner lho. Salah satu wisata terkenalnya adalah Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu.

Anda perlu tahu bahwa TNDS menjadi simbol hutan rawa air serta hutan hujan tropik di wilayah Kalimantan. Di wilayah taman nasional ini terdapat sebuah danau yaitu Danau Sentarum. Danau ini merupakan danau musiman yang terletak pada sebelah cekungan Sungai Kapuas. Danau ini memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat di sepanjang jalur Sungai Kapuas.


Danau Sentarum berperan sebagai daerah tangkapan air dan juga sebagai pengatur tata air bagi DAS Kapuas. Taman Nasional Danau Sentarum ini memiliki tumbuhan khas dan juga asli daerah tersebut yaitu tengkawang (Shorea beccariana). Selain itu masih ada lagi meranti (Shorea sp.), Jelutung (Dyera costulata), Ramin (Gonystylus bancanus), Keruing (Dipterocarpus sp.) dan juga Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri).

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Danau Sentarum ini, Anda harus benar-benar menyiapkan fisikdan budget yang memadai. Hal ini karena perjalanan menuju ke surga tersembunyi di Kalimantan Barat satu ini akan menguras tenaga serta dompet Anda. Namun sekali lagi, Anda harus tahu bahwa tenaga dan budget yang Anda keluarkan akan setimpal dengan keindahan dan kepuasan yang akan Anda peroleh ketika sampai disini.

Untuk jarak tempuhnya sendiri memang cukup jauh, dibutuhkan waktu sekitar 14 jam dari Kota Pontianak untuk perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau. Dari Semitau Anda masih harus menempuh perjalanan air menggunakan perahu motor jurusan Lanjak. Untuk perahu motor ini Anda akan dikenakan biaya sewa sebesar 1 juta/hari dimana satu perahu motor bisa diisi 6 orang.

Selain menggunakan rute tersebut, Anda juga bisa mencapai TNDS melalui jalur udara yaitu Pontianak-Putussibau dengan jarak tempuh sekitar dua jam kemudian disambung perjalan menggunakan logboat dari Putussibau ke Nanga Suhaid yang memakan waktu sekitar 7 jam.


Sebagai info tambahan, sebaiknya Anda mengunjungi Taman Nasional Danau Sentarum saat musim hujan. Hal ini karena musim hujan danau satu ini akan berfungsi sebagai daerah tadah air sedangkan saat musim kemarau, Danau Sentarum akan berubah menjadi lapangan kering. Sehingga Anda dapat menyaksikan panorama yang begitu indah dari perpaduan luasnya danau dengan pulau-pulau kecil disekitarnya serta pepohonan hijau lebat di kawasan TNDS saat musim hujan.

Ayo mulai petualangan eksotis Anda bersama TNDS..

0 Response to "Taman Nasional Danau Sentarum, Surga Tersembunyi Di Kalimantan Barat"

Posting Komentar