Pantai Kijing Sang Primadona di Kalbar




Kalimantan merupakan suatu pulau yang memiliki kawasan hutan terluas dan dilewati pula oleh garis khatulistiwa. Beriklim tropis dengan beragam satwa dan flora di dalam hutannya membuat wisata alam Kalbar jarang ditemukan di tempat lain. Salah satu wisata alam yang membuat banyak traveller betah di propinsi yang ber-ibukota Pontianak ini adalah adanya pantai Kijing. Pantai Kijing merupakan pantai yang berlokasi di kecamatan sungai Kunyit yang masih masuk kawasan kabupaten Pontianak.

Bila mendengarkan lagu Nyiur Kelapa mungkin pantai Kijing bisa menjadi salah satu inspirasinya sebab di pesisir pantai terdapat barisan pohon kelapa cantik  lengkap dengan pasir putih yang landai. Selain itu barisan bukit – bukit yang diisi dengan pepohonan membuat pantai Kijing sangat diminati sebagai wisata alam di akhir pekan.  Pantai yang juga masuk dalam kawasan kota Mempawah ini di pinggiran pantainya dapat ditemukan kerang kecil yang sering disebut dengan Kijing. Kerang inilah awal mula nama Kijing dipakai sebagai nama pantai.



Ditambah lagi jika sudah memasuki waktu sore hari pemandangan senja di pantai Kijing menjadi salah satu aktivitas wajib bagi para pengunjung pantai untuk melihatnya secara langsung. Tak jauh dari pantai juga terdapat cagar alam Mangrove sebagai  pencegah abrasi. Tak heran bila pantai Kijing juga banyak dijadikan tempat biota laut lainnya tinggal seperti kepiting maupun kerang.

Bagi kamu yang hendak datang ke tempat ini cukup membutuhkan waktu 3 jam lamanya baik dengan motor ataupun mobil. Keindahan pantai Kijing yang tak tertandingi inilah yang membuat masyarakat Pontianak rela menempuh 70 km lebih untuk jalan – jalan di pantai Kijing. Bila anda berada di kota Mempawah maka jarak pantai hanya sekitar 18 km saja dari utara kota Mempawah menuju arah Singkawang.

Tiket masuk pantai ini juga termasuk murah yakni hanya berkisar Rp.5.000 saja per orangnya. Fasilitasnya cukup memadai dengan adanya restauran –restauran yang berada tak jauh dari pantai itu. Ada pula fasilitas tempat ibadah seperti vihara maupun mushola yang berada di bibir pantai Kijing. Jika mendekati hari – hari spesial seperti lebaran maka tak jarang diadakan pertunjukkan musik di pantai ini.

Kabarnya kawasan pantai Kijing juga akan dibangun sebuah dermaga internasional yang telah disahkan oleh kementrian perhubungan.  Di seberang pantai Kijing juga terdapat wisata lain bernama pulau  Temajo yang bisa anda kunjungi sewaktu - waktu. Pantai yang memanjang dari utara ke selatan ini memiliki luas sekitar 20 hektar.  Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga anak –anak bisa bermain  air dengan aman.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk jalan – jalan ke pantai Kijing? jika iya jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantainya dan hanya tinggalkan jejak langkah dan kenangan yang indah ketika beranjak pulang.


0 Response to "Pantai Kijing Sang Primadona di Kalbar"

Posting Komentar