Memainkan Warna yang Tepat Tingkatkan Konversi Penjualan

Promosi melalui iklan baik yang berbentuk selembar kertas, animasi maupun video gambar merupakan salah satu langkah dalam menjalankan strategi pemasaran. Keberhasilan penjualan suatu produk sendiri juga dipertimbangkan dari kualitas iklan yang dipakai sehingga mampu mempengaruhi penontonnya. Dalam sebuah iklan sendiri tidak hanya konten atau materi saja yang memiliki peran penting namun penggunaan warna juga mendukung keberhasilan dalam pengenalan suatu produk. Warna ternyata memiliki kekuatan untuk memainkan perasaan seseorang atau mempersepsikan image suatu produk di mata seseorang.



Hal ini juga didukung dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh  beberapa kampus di Inggris seperti Universitas Oxford dan Valencia yang pernah memaparkan bahwa seserang akan mempersepsikan coklat panas lebih enak bila disajikan dengan menggunakan cangkir berwarna orange atau krem ketimbang menggunakan cangkir berwarna merah. Padahal coklat panas yang disajikan dalam gelas – gelas tersebut sama dan tak ada penambahan apapun. Inilah kekuatan dari sebuah warna yang sebenarnya sehingga mampu mempengaruhi calon pelanggan anda. 

Tak ada salahnya bila anda mempelajari psikologis warna untuk membantu kegiatan promosi produk anda berikut ini.


Warna Kaitannya Dengan Tindakan Seseorang

Para peneliti menuturkan bahwa bagi restoran maupun produsen makanan sebaiknya menggunakan warna merah atau orange dalam kemasan produk yang akan dijual sebab warna ini mendorong seseorang yang melihatnya untuk segera menduk makanan tersebut. Warna hitam juga banyak digunakan dalam produk pakaian dalam karena memiliki kesan konteks seksual  bagi yang melihatnya. Ada pula beragam  produk anak – anak yang menggunakan warna cerah karena anak –anak lebih cepat merespon dengan warna terang ketimbang menggunakan warna kalem seperti warna pastel.

Warna Kaitannya Kondisi Masyarakat

Warna juga terkadang memiliki efek yang berbeda pada beberapa masyarakat dikarenakan faktor budaya setiap negara berbeda. Anda pun harus lebih cermat lagi dalam memilih warna yang anda butuhkan misalnya untuk masyarakat tradisional akan lebih tertarik dengan warna pink atau biru maupun pastel.  Bagi kalangan borjuis warna hitam juga mampu mengesankan glamor dan keeleganan serta prestise pada sebuah produk. Warna merah atau hitam dan biru sangat pas bagi kalangan yang suka sekali berbelanja namun warna pink dan biru muda dirasa lebih menarik bagi kalangan berpendapatan pas – pasan.

Warna Kaitannya Dengan Merek

Warna kuning umumnya digunakan untuk merek yang memiliki karater ceria,  kebahagiaan, optimis, ramah seperti yang ditampilkan oleh McDonald ataupun Nikon. Warna merah kerap digunakan untuk merek dagang yang berkarakter agresif, cinta, gairah, petualangan seperti halnya logo Coca – Cola dan Redbull. 

Warna biru mengandung makna percaya diri, otoritas dan loyalitas seperti digambarkan IBM. Warna orange lebih menggambarkan semangat tinggi, fun dan energic seperti halnya Niklelodeon. Untuk yang berkarakter romantis, feminim, lembut bisa menggunakan warna pink. Bagaimana dengan anda lebih baik menggunakan warna apa?

0 Response to "Memainkan Warna yang Tepat Tingkatkan Konversi Penjualan"

Posting Komentar