Pulau Randayan, Si Kecil yang Memiliki Pesona Besar



Selain Pulau Lemukutan ada juga Pulau Randayan yang menjadi obyek wisata favorit di Kalimantan Barat. Pulau ini sudah lama dikenal karena keindahan panoramanya. Warga sekitar di daerah Bengkayang, Singkawang dan sekitarnya tidak ada yang tidak mengenal pulau kecil ini. Pulau Randayan memiliki letak yang strategis karena jauh dari serbuan ombak ganas Laut Natuna.

Bagi Anda yang memburu keindahan pantai dan biota laut maka wajib untuk mengunjungi Pulau Randayan. Pantai di pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan lambaian pohon nyiur yang pastinya membuat pemandangan semakin eksotis. Air laut yang jernih dengan kedalaman yang sedang membuat anda dengan mudah menyaksikan warna-warni flora dan fauna bawah laut Pulau Randayan.

Untuk mencapai Pulau Randayan Anda dapat melalui dua dermaga yang menyediakan akses transportasi umum. Kedua dermaga tersebut adalah Dermaga Teluk Suak dan Dermaga di Pantai Indah Samudera. Dari kedua dermaga tersebut, Anda bisa menyeberang menggunakan kapal motor warga dengan tarif sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 35.000 per orang. Selain membawa penumpang untuk menyeberang ke Pulau Randayan, kapal-kapal ini juga membawa bahan kebutuhan pokok masyarakat Pulau Lemukutan yang berada tidak jauh dari Pulau Randayan sendiri.

Untuk jam keberangkatan, kapal-kapal ini biasa berangkat di pagi hari atau menjelang siang saat ombak masih tenang. Dalam perjalanan, penumpang yang akan turun di Pulau Randayan biasanya turun paling akhir. Penumpang yang menuju Pulau Penata dan Pulau Lemukutan lah yang turun terlebih dahulu.



Sesampainya di Pulau Randayan, Anda harus membayar tiket untuk masuk ke pulau sebesar RP. 15.000 saja. Untuk mencari akomodasi penginapan, Anda juga tidak perlu khawatir karena di Pulau Randayan sudah tersedia cukup banyak penginapan, tidak seperti kondisi di Pulau Lemukutan. Di Pulau Randayan tarif kamar berada di kisaran Rp. 400.000 hingga Rp. 800.000 per malam. Tergantung dengan tipe penginapan serta kamar yang Anda pilih. Setiap penginapan memiliki fasilitas yang berbeda-beda pula. Di penginapan biasanya disediakan dapur umum yang bisa digunakan oleh pengunjung yang bermalam. Jadi sebelum berlibur ke Pulau Randayan sebaiknya Anda menyiapkan perbekalan terlebih dahulu.


Di sisi barat Pulau Randayan, Anda dapat melihat ada rumah-rumah penduduk yang berjajar. Anda bisa membeli perlengkapan atau kebutuhan memasak di warung-warung milik warga. Terkadang ada juga warga sekitar yang menjual hasil melaut mereka dengan harga terjangkau. Saat malam tentu Anda bersama orang-orang terkasih bisa ber-barbeque ria di tepi pantai sambil bercengkerama. Saat pagi menjelang anda bisa menanti sunrise sambil bersantai di bale atau saung yang disediakan di tepi pantai. Ingin snorkeling dan diving? Semuanya bisa Anda lakukan di Pulau Randayan yang eksotis ini. Hmm sudah terbayang keseruan berlibur di Pulau Randayan bukan?

0 Response to "Pulau Randayan, Si Kecil yang Memiliki Pesona Besar"

Posting Komentar