Keindahan Bawah Laut Pulau Lemukutan

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak potensi wisata tersembunyi dan patut dikembangkan. Pulau Lemukutan adalah satu di antara sekian banyak obyek wisata andalan Kalimantan Barat ini. Pulau yang secara administratif terletak dalam Kabupaten Bengkayang ini berada tidak jauh dari Pulau Randayan. Meskipun letaknya terpencil namun sudah ada penduduk yang menetap di Pulau Lemukutan.



Jika Pulau Randayan terkenal akan keelokan panorama pantai dan hamparan pasir putihnya, maka Pulau Lemukutan ini lebih terkenal akan keindahan alam bawah laut. Di pulau ini Anda bisa menemukan beberapa spot menarik untuk diving ataupun snorkeling. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang memburu keindahan bawah laut Pulau Lemukutan ini. Saat sampai di pulau ini Anda akan takjub dengan keindahan alam bawah lautnya.

Salah satu spot yang paling disukai oleh wisatawan di Pulau Lemukutan adalah Bungoran. Di spot ini Anda dapat melihat dengan jelas keindahan bawah laut Pulau Lemukutan karena airnya sangat jernih. Untuk anda yang tidak bisa berenang tentu snorkeling dan diving tidak bisa dilakukan. Sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan perahu warga untuk berkeliling di spot Bungoran ini. airnya yang jernih akan membuat Anda tetap bisa menikmati keindahan bawah laut dari atas perahu. Anda akan merasa seperti berada di atas sebuah akuarium besar. Jangan lupa untuk membawa kamera ya..



Untuk mengunjungi pulau ini Anda harus menggunakan transportasi laut seperti Kapal Kelotok dan juga speed boat. Anda akan memulai perjalanan dari pelabuhan di Teluk Suak Kabupaten Bengkayang. FYI, sebaiknya Anda menyeberang di pagi hari saat gelombang laut sedang tenang demi faktor keamanan. Sampai di Pulau Lemukutan Anda tidak perlu bingung tentang akomodasi penginapan. Meskipun hanya ada sedikit penginapan di pulau ini namun Anda bisa juga menginap di rumah warga sekitar jika memang kondisi penginapan sedang penuh.

Anda bisa memilih untuk ikut paket wisata ke Pulau Lemukutan ataupun pergi secara mandiri. Hanya saja jika Anda memilih paket wisata maka Anda tidak perlu bingung soal konsumsi, akomodasi menginap hingga peralatan untuk snorkeling ataupun diving. Namun untuk menghasilkan keseruan yang berbeda, berwisata secara mandiri adalah pilihan yang tepat.


Indahnya pesona wisata alam bawah laut di Pulau Lemukutan memang sangat indah. Namun sayang besarnya keinginan para wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini tidak diiringi dengan pembangunan yang merata. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa di pulau cantik ini hanya ada fasilitas yang minim. Selain itu promosi yang diadakan untuk menarik minat wisatawan juga masih kurang. Semoga saja kedepannya pemerintah Provinsi Kalimantan Barat membuka mata dan bergerak untuk memajukan pariwisata Kal-Bar secara keseluruhan termasuk juga Pulau Lemukutan ini.

0 Response to "Keindahan Bawah Laut Pulau Lemukutan "

Posting Komentar