Kesalahan Promosi Yang Tanpa Disadari Bikin Bisnis Anda Gagal

Dalam membangun usaha bukan hanya modal saja yang menjadi permasalahan utama seorang pelaku bisnis namun juga bidang promosi. Hal ini juga dituturkan beberapa peneliti yang pernah menganalisa kegagalan sebuah bisnis. Faktanya  83%  kegagalan suatu produk disebabkan kurangnya pengetahuan dalam hal strategi promosi. Kenyataan inipun membuktikan bahwa promosi produk  merupakan poin yang tak bisa dianggap sepele.
Kesalahan Promosi Yang Bikin Bisnis Anda Gagal

Promosi merupakan bidang yang berfokus pada  pengenalan produk dimata calon pelanggan anda.  Strategi promosi yang tepat mampu membuat produk anda mudah dikenal dan meningkatkan penjualan. Sayangnya strategi  promosi yang kurang efektif juga bisa membuat usaha anda mudah gulung tikar. Nah, bagi beberapa pelaku usaha kesalahan promosi juga dilakukan bahkan tanpa disadari oleh pemilik usaha sendiri.

Menghindari kegagalan dalam kegiatan tersebut ada baiknya anda mencermati terlebih dahulu poin-poin berikut ini agar tak terjadi kegagalan di masa depan :


Ukur  Dan Analisa

Kesalahan yang pertama dilakukan dalam promosi terletak pada kurangnya analisa pasar. Pelaku bisnis jarang melihat kondisi masyarakat atau sasaran konsumen yang dituju sebelum menerapkan promosi. Misalnya saja bila hendak mempromosikan busana untuk kalangan anak muda seharusnya lebih aktif dalam media sosial ketimbang hanya melalui iklan brosur.

Step By Step

Semua usaha yang sukses awalnya tidak mungkin didapat dengan cara yang instan, pastinya butuh ketekunan dan ketelatenan. Anda jangan hanya berharap pada satu metode promosi saja untuk memasarkan produk yang sedang diperdagangkan. Beberapa metode promosi dapat pula diterapkan agar dapat mengetahui strategi mana yang paling efektif. Terkadang promosi dengan budget yang minimal juga mampu meningkatkan penjualan anda. Tidak semua hal bisa dinilai berdasarkan berapa besar modal yang anda keluarkan. Bisnis juga dipengaruhi oleh hal-hal yang tak bisa diprediksi berdasarkan hitungan angka seperti selera masyarakat.

Ingat Pelanggan Anda Itu Penting

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat dalam hal promosi yaitu respon dari pelanggan yang telah membeli produk yang Anda jual. Saran dan kritik mereka merupakan sumbangsih yang berharga untuk kemajuan produk anda di masa depan. Merespon keluhan dan pertanyaan dari pelanggan juga merupakan salah satu cara untuk membangun kepercayaan antara perusahaan dan konsumen. Merekrut pegawai yang selalu bisa melayani pelanggan secara prima tentunya merupakan poin yang perlu diperhitungkan.

Konsisten

Tren ekonomi memang tidak selalu bisa stabil dikarenakan berbagai faktor yang juga tak jarang mempengaruhi usaha yang sedang dijalankan. Hal ini bukan menjadi suatu alasan untuk mengurangi standar kualitas barang yang anda jual. Konsisten dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi akan membuat pelanggan anda tetap setia dan tak pindah ke lain hati.

Up To Date

Berkembangnya teknologi juga ikut mengubah tren social di masyarakat yang berujung pada bagaimana seharusnya sebuah produk dipromosikan. Tak ada salahnya mencoba mempromosikan sebuah produk dengan mengikuti tren yang ada. Contohnya saja makin maraknya promosi dengan menggunakan metode endorse untuk para artis. Endorse sendiri adalah mengakomodasi seseorang yang cukup dikenal untuk memberikan review atas barang yang Anda jual.

0 Response to "Kesalahan Promosi Yang Tanpa Disadari Bikin Bisnis Anda Gagal"

Posting Komentar