Bagaimana Membuat Email Newsletter Anda Kian Menggigit

Banyak marketplace atau toko online kini menggunakan email newsletter sebagai salah satu taktik promosi yang efektif. Lewat email newsletter calon pelanggan akan mengetahui update terbaru dari produk yang sedang anda jual lewat website ataupun berita seputar toko online anda. Berdasarkan sebuah penelitian terkait dengan internet marketer menyatakan bahwa 50 % pembaca hanya melihat sekilas newsletter yang diterima. Bagi yang membaca secara keseluruhan hanya berkisar 23 % dan 27 % bahkan tidak melihat newsletter mereka.

Pengguna internet yang semakin melonjak tentunya membuat strategi pemasaran mengikuti perubahan yang cukup signifikas. Salah satunya ialah menggunakan email newsletter ini namun bak pisau bermata dua newsletter juga bisa menjadi boomerang bagi produk anda sendiri. Perlu diketahui bahwa penerima newsletter anda juga memiliki puluhan bahkan ratusan email dari pihak lainnya. Inilah yang membuat para pembaca newsletter menjadi kurang berminat untuk membaca newsletter secara keseluruhan.

Menghindari hal tersebut anda bisa menggunakan tips berikut ini agar newsletter anda mendapat perhatian pembaca sebagai berikut :

Bagaimana Membuat Email Newsletter Anda Kian Menggigit

Desain Itu Penting

Saat membuka newsletter pada inbox tentu saja desain atau template email newsletter anda menjadi poin pertama yang dilihat pembaca. Oleh sebab itu buatlah desain yang kompetitif dengan pemilihan warna dan gambar yang tepat. Gunakan warna cerah untuk menarik perhatian dan jangan gunakan terlalu banyak ornamen yang tak diperlukan.

Judul Provokatif

Jika desain sudah oke jangan lupa gunakan kata – kata yang memprovokasi pembaca untuk membuat mereka tambah penasaran. Anda bisa memperdayakan kata diskon atau produk terbatas pada barang-barang tertentu yang memang terkena potongan harga. Anda juga bisa menggunakan ungkapan seperti “ Ini Hadiah Untuk Kamu” sebagai subject emailnya. Hadiah yang bisa anda tawarkan yakni voucher belanja yang membuat pembaca berhasrat untuk membeli produk yang ditawarkan.

Sudah Pakai Line Break

Untuk membuat tulisan anda pada email newsletter enak dibaca bisa gunakan line break. Anda bisa menset line break 60-70 karakter per baris. Pada karakter ke 65 gunakanlah hard carriage returns di akhir setiap baris. Bila anda kebingungan mengedit text pada newsletter yang telah dibuat anda juga bisa menggunakan textpad sebagai editor online.

Cermati HTML Anda

Tidak hanya desain yang menjadi poin utama tampilan sebuah email newsletter sebab tipe HTML yang digunakan juga ikut turut andil dalam performa newsletter.  Resolusi layar yang biasa digunakan banyak orang ialah 800 x 600 pixel namun tampilan pada preview email cenderung lebih kecil dari resolusi ini. Disarankan anda menggunakan resolusi layar berkisar 500 x 600 pixel sehingga ukuran terlihat pas di badan email.

Persingkat Link

Hyperlink yang terlalu panjang membuat format email menjadi berantakan. Nah sebelum hal tersebut terjadi anda bisa menggunakan bit.ly atau lainnya yang cenderung lebih singkat.  Jangan lupa juga menyertakan versi teks biasa sehingga bagi email yang versi lama mampu menampilkan newsletter anda secara maksimal.

Unsubcribe Mudah

Bagi beberapa orang mendapatkan email newsletter berlebihan akan mampu membuat kesal dan tak berbelanja lagi di tempat anda. Buatlah tombol  atau link berhenti berlangganan yang jelas dan mudah. Tentunya anda juga membuat subscribe yang mudah diikuti pembaca sehingga jika mereka mendapati informasi yang menarik maka dengan mudah dapat mensubcribe. Tidak lupa untuk memperhatikan aturan pesan spam sehingga mampu meningkatkan pula kepercayaan pembaca.

0 Response to "Bagaimana Membuat Email Newsletter Anda Kian Menggigit"

Posting Komentar