Wah, Viral Marketing Bisa Buat Produk Anda Semakin Ngehits

Perkembangan teknologi nyatanya tak hanya mempengaruhi kehidupan social namun juga dunia bisnis. Selain kemudahan transaksi teknologi juga mendorong semakin kreatifnya strategi pemasaran. Bila dahulu iklan banyak ditemukan di televisi, koran maupun radio namun di era 2000an iklan telah berkembang di dunia internet. Hal ini ditengarai biaya iklan yang digunakan melalui internet jauh lebih murah dan lebih cepat diketahui publik.

Viral marketing merupakan pemasaran dari mulut ke mulut namun menggunakan media online. Strategi pemasaran jenis ini mulai popular digunakan semenjak Tim Draper dan Steve Jurvetson menggunakannya pada tahun 1997.  Viral Marketing membuat para penonton atau pembaca bereaksi berbeda-beda terhadap viral produk yang ditampilkan. Nantinya setiap orang malah memiliki pemahaman yang berbeda-beda akan pesan yang disampaikan. Di sisi lain viral marketing seperti layaknya virus yang mampu menyebar ke manapun dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu pesan online ini juga banyak menghibur dan mendorong konsumen menyampaikannya ke orang lain.

Bentuk dari viral marketing ini bisa dilakukan melalui video yang diunggah ke jejaring sosial ataupun situs video seperti Youtube. Anda juga bisa menggunakan E-book, gambar hingga artikel berlangganan sebagai media iklan.  Fungsi dari viral  Marketing ini terdiri dari dua hal yakni sebagai berikut :

Traffic

Viral marketing tentu juga berpengaruh terhadap traffic  suatu blog atau website yang mengunggah iklan viral tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan contoh video iklan free Macbook Air yang menggunakan lagu Celine Dion berjudul my heart will go on. Fantastisnya ada lebih dari 21 juta orang telah menonton video tersebut dan menaikan traffic youtube.

Penjualan

Selain traffic viral marketing juga mampu meningkatkan penjualan produk yang sedang dipasarkan. Bila anda pernah menonton video Ronaldinho berjudul touch of gold yang memasarkan produk nike maka akan takjub dengan jumlah penjualan perusahaan apparel kenamaan dunia tersebut. Pantas saja banyak yang membeli produk nike karena memang sebelumnya iklan viral yang dibintangi Ronaldinho itu telah ditonton lebih dari 23 juta kali.

Membuat iklan viral tak selalu melulu mengajak bintang ternama yang muncul di iklan biarpun hal ini cukup efektif. Anda bisa mengakalinya dengan ide yang fresh dan kreatif sehingga menarik minat public untuk menelusuri iklan anda lebih dalam lagi. Kenali tren pasar atau pemberitaan yang marak dibicarakan masyarakat tanah air. Gunakan slogan yang melekat atau mudah diingat oleh pendengar atau pembaca.  Apabila anda mampu menampilkan poin – poin tersebut dalam iklan anda maka keuntungan-keuntungar dari viral marketing berikut yang akan anda dapatkan.

# Jangkauan Luas dan tak terbatas bisa dicapai dengan viral iklan yang begitu booming di internet. Tidak hanya terkenal di tanah air saja namun juga bisa sampai ke penjuru dunia. Ini akan membantu produk anda dikenal dengan mudah secara internasional.

# Tanpa batas. Dikarenakan menggunakan internet maka jangka waktu iklan terpasang tidak terbatas akan waktu layaknya iklan TV , radio maupun media cetak.  Bisa dikatakan viral marketing bekerja 24 jam penuh dan setiap hari.

# Murah dan memunculkan marketer baru. Tak jarang iklan viral anda diremake ulang oleh netizen dan membuatnya semakin terkenal tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.  Hal ini juga dapat meningkatkan traffic website atau toko online anda.


Bagaimana luar biasa bukan dampak viral marketing ini? Kira-kira kapan anda siap untuk membuat satu viral iklan untuk produk anda? 

0 Response to "Wah, Viral Marketing Bisa Buat Produk Anda Semakin Ngehits"

Posting Komentar