Dahsyatnya Daya Tarik Packaging dalam Periklanan

Berbicara mengenai sebuah produk tentu tidak ketinggalan dengan cara pengemasannya atau packaging. Selain untuk melindungi produk, kemasan produk juga sangat penting digunakan sebagai pemasaran produk tersebut. Kemasan sebuah produk merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi jumlah penjualan dan juga banyaknya minat konsumen pada produk tersebut. Kebanyakan pengusaha berfikir jika aspek utama yang digunakan dalam meningkatkan jumlah penjualan adalah kualitas produk dan juga cara pemasaran yang dilakukannya, aspek kemasan dinilai tidak begitu mempengaruhi.

Kenyataannya baik itu kualitas produk, cara pemasaran, pelayanan, dan juga kemasan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa diabaikan untuk membuat penjualan dan  minat konsumen terhadap produk meningkat.

Jika produk sudah memiliki kualitas yang baik namun penjualan masih belum juga meningkat, maka mungkin harus diperhatikan lagi bagaimana kemasan produknya. Umumnya para pengusaha akan melakukan riset guna menentukan kemasan produk yang akan dibuat, melalui riset tersebut akan diketahui skema warna dan desain yang cocok untuk produk yang telah dihasilkan.

Kemasan produk juga harus memiliki daya tarik dalam peningkatan penjualan, daya tarik kemasan ini dibagi menjadi dua yaitu: 

Daya Tarik Visual

Kemasan Penting sebagai daya tarik visual

Jika desain kemasan tersebut bagus, maka akan mendapat nilai lebih pada produk yang dikemas. Menurut sebuah penelitian, 80 % penginderaan manusia adalah melalui penglihatan atau visual. Untuk itu sangat penting menampilkan visual kemasan yang semenarik mungkin, mulai dari warna, tulisan, gambar, bentuk dan tata letaknya agar konsumen tertarik untuk membeli. Daya tarik visual dapat menciptakan ketertarikan pada konsumen untuk membeli dan akan membuat produk terlihat berbeda dari produk lain yang telah ada di pasaran.

Daya Tarik Fungsional

kemasan sebagai daya tarik fungsional

Daya tarik fungsional merupakan efisiensi dan juga efektivitas kemasan yang diperuntukkan baik itu bagi konsumen maupun bagi produsen. Efisiensi dan efektifitas itu misalnya kemudahan dalam penyimpanan bagi konsumen dan juga produsen. Selain itu konsumen juga mempertimbangkan aspek lain yang berkaitan dengan kemasan, antara lain: 
# Apakah kemasan tesebut dapat melindungi produk dengan baik atau tidak?
# Dapat digunakan kembali, jika isi sudah habis wadah bisa dugunakan untuk isi ulang
# Mudah ketika dibuka atau ditutup kembali ketika tidak habis dan disimpan
# Mudah ketika dibawa

Dalam kemasan produk pastilah mencantumkan beberapa informasi penting yang berhubungan dengan produk tersebut, informasi tersebut dapat mendukung konsumen untuk membelinya. Pengemasan atau packaging yang efektif dan tepat maka akan secara langsung membantu dalam mengefektifkan pemasarannya. Ketika suatu iklan yang efektif jelas dapat memberikan gambaran manfaat emosional dan juga manfaat fungsional dari produk tersebut. Packaging akan menyimpulkan apa yang telah digambarkan dalam iklan, sehingga secara tidak langsung sangat menentukan apakah produk tersebut akan dibeli oleh konsumen atau tidak. Packaging yang telah dibuat harus bisa membuat konsumen berfikir bahwa produk tersebut adalah produk yang memang dicari selama ini, sehingga konsumen tersebut langsung membelinya.

Banyakan pengusaha berfikir bagaimana cara mendapat keuntungan yang sebesar mugkin, namun dengan biaya yang dikeluarkan seminim mungkin. Perlu diingat untuk mendapatkan keuntungan tersebut tidak harus mengurangi biaya pengemasanya, namun harus dipertimbangkan sebagai biaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan nilai tambah dari produk dan juga citra dari merk tersebut. Jadi packaging juga merupakan salah satu aspek penting untuk pengiklanan produk guna meningkankan jumlah penjualan dan juga mendapatkan banyak pelanggan.

0 Response to "Dahsyatnya Daya Tarik Packaging dalam Periklanan"

Posting Komentar