Demam "Om Telolet Om" yang Mendunia

om telolet om apaan tuh
“Om telolet om..telolet. om”, belakangan hari ini kalimat tersebut mendadak jadi trending topic di kalangan netizen Indonesia bahkan sampai go internasional. Berbagai macam linimasa mulai dari facebook, twitter, instragam, hingga Youtube, semunya dipenuhi dengan postingan dan komen berisi “om telolet om”. Gak tanggung-tanggung, para selebritis dunia seperti Martin Garrix, DJ Snake, Zedd, The Chainsmokers, dan Hardwell ikut terserang demam “om telolet om”.

Sebenarnya apa sih arti “om telolet om”? Darimana asalnya? Dan kenapa sampe bisa mendunia?

5 Fakta Unik "Om Telolet Om"

1. Telolet adalah suara klakson bus Indonesia

suara klakson telolet on
via: kompas.com

Nah, buat kamu yang bingung, gagal paham dan bertanya-tanya, apa sih “om telolet om”, sebenarnya “om telolet om” berasal dari dua kata, yaitu “om” dan “telolet”.

Telolet merupakan suara klakson bus yang ada di Indonesia, apabila ditekan berbunyi irama panjang “telolet...telolet...telolet”. Sedangkan “om” adalah panggilan untuk bapak supir bus. Jadi maksud dari kata “om telolet om” adalah seruan yang diucapkan oleh orang-orang yang meminta supir bus untuk membunyikan klaksonnya.

2. Asal Mula Fenomena “Om Telolet Om”

Asal Muasal  “Om Telolet Om”
via: merdeka.com

Fenomena “om Telolet om” yang saat ini jadi pembicaraan hangat di media sosial sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Beberapa media menyebutkan “om telolet om” sudah ada sejak 5 atau 6 tahun lalu. Bermula dari wilayah Surabaya, Jawa timur hingga kemudian meluas sampai ke Jawa Tengah.

Sumber lain, mengatakan bahwa fenomena “om telolet om” berawal dari keisengan bocah-bocah di desa Jepara, Jawa Tengah. Mereka berkumpul di pinggir jalan sambil membawa kertas bertuliskan “om telolet om” yang diarahkan ke jalan raya. Saat bus melintas, mereka berteriak “om telolet om..telolet om” berharap si supir bus membunyikan klaksonnya. Dan saat bus tersebut mengeluarkan suara “telolet”, mereka langsung gembira.

Fenomena tersebut kemudian meluas dan banyak dituri oleh remaja-remaja Indonesia. Ada juga yang membuat video plesetan dengan meminta “telolet” kepada pesawat, helikopter, dan kereta api. Netizen menganggap hal ini sebagai tanda jika kebahagian muncul dari hal yang sederhana.

3.  “Om Telolet Om” Mendunia

“Om Telolet Om” yang Mendunia
via: viva.co.id

Klakson Telolet menjadi semakin ramai dibicarakan sejak DJ Internasional, yaitu DJ Snake mengunggah postingan “om telolet om” di akun instragamnya pada tanggal 20 Desember lalu. Selain itu, musisi dunia dan DJ terkenal asal Belanda, Zedd dan Martin Garrix juga turut beramai-ramai mengicaukannya di akun twitter mereka.

Tak berhenti disana, keisengan orang-orang Indonesia malah terus berlanjut dengan menjarah sejumlah akun instragam selebritis dunia dengan komen “om telolet om”. Bahkan yang lebih lucu, akun milik Presiden Amerika Serikat, Donal Trump juga tak luput dari spamming komen “om telolet om.” Sampai-sampai media asing seperti Reddit dan Billboard juga membahas fenomena tersebut.

4. Dibikin Sebuah Lagu

Seperti dugaan para netizen, tak berselang lama setelah fenomena ini viral, sang penyanyi dangdut Indonesia “Imey Mey” langsung merilis lagu berjudul “Om Telolet Om”. Atas peluncuran lagu tersebut, Imey mendapatkan dukungan dari para followersnya.

5. Dapat Peringatan Dari Menhub

Ternyata tren klason “telolet” tak terlepas dari kontra. Kabarnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menghimbau kepada para supir bus agar tidak menyalakan klakson saat berkendara di jalan raya. Sebab menurutnya, hal tersebut berbahaua dan bisa memicu terjadinya kecelakaan. Budi juga menegaskan bahwa klakson boleh dinyalakan, asalkan kendaraan sedang terparkir.

Nah, kalau pendapat kalian gimana nih gaes? Apakah “om telolet om” cukup menghibur? Atau malah menganggu kenyamanan?

0 Response to "Demam "Om Telolet Om" yang Mendunia"

Posting Komentar