Rahasia Membuat Kopi Tubruk yang Mantap dan Nikmat, Hanya dalam 5 Menit!

Rahasia Membuat Kopi Tubruk yang Mantap dan Nikmat
Di tengah munculnya berbagai varian resep kopi yang semakin modern, keberadaan kopi tubruk nyatanya masih banyak diminati oleh masyarakat kita. Di warung-warung, di rumah, bahkan di kantor, sajian kopi tubruk-lah yang paling sering dihidangkan. Yak, mengingat cara pembuatannya yang emang gampang dan menghemat waktu (tentunya), gak heran kalo kopi tubruk jadi favorit orang Indonesia, terutama di Kalimantan, Jawa dan Bali.

Sejarah kopi tubruk sendiri, dulunya dibawa oleh para pedagang Timur Tengah yang datang ke Indonesia 3,5 abad silam. Kemudian resep ini meluas ke seluruh wilayah nusantara dan berkembang menjadi warisan budaya yang tidak bisa dipisahkan hingga saat ini.

Pada dasarnya, proses penyajian kopi ini sesuai dengan namanya “Tubruk”, yang berarti menubrukan bubuk kopi dengan air tanpa ada campuran apapun. Beberapa orang ada yang menambahkan gula pasir, namun adapula yang tidak.  Well, cukup sederhana kan?

Tapi bila kamu ingin mendapatkan sajian kopi tubruk yang benar-benar mantap dan enak, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses peracikannya. Mulai dari jenis kopinya, air, hingga cara penyeduhan.

Berikut Trik Membuat Kopi Tubruk yang Enak Hanya Dalam Waktu 5 Menit. Here We Go!

1. Kopi

Bila anda ingin memperoleh rasa kopi yang fresh dan nikmat, maka gunakan biji kopi yang baru digiling dari tempat roasting (sangrai). Jangan biji kopi yang telah mendekam lebih dari 2 bulan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mempunyai alat penggiling kopi (grinder) di rumah. Dengan begitu, anda bisa menggiling sendiri tepat sebelum menyeduhnya. Di samping itu, pastikan juga anda membeli alat penggiling berukuran kecil (fine) agar biji kopi dapat tergiling halus dan nantinya kopi tubruk yang dihasilkan akan lebih beraroma.

2. Air

Hal kedua yang tidak kalah penting dari biji kopi, yang perlu diperhatikan adalah jenis air. Kita tahu bahwa proses penyajian kopi dalam cangkir, 90% terdiri dari air. Oleh karena itu, peranan air sangatlah berpengaruh!
  • Pertama, pastikan air yang akan digunakan terjamin kebersihannya. Sebab air yang kotor tidak hanya mengurangi cita rasa, tapi juga mengganggu kesehatan.
  • Kedua, penggunaan air mineral lebih disarankan daripada air sumur/air keran. Hal ini dikarenakan air mineral dapat melarutkan minyak essensial yang terkandung dalam kopi secara optimal, sehingga karakter dari kopi juga lebih terasa. Tapi bila tidak ada air kemasan, anda boleh menggunakan air biasa (air sumur atau keran) untuk menyeduh kopi. Pada dasarnya, air sumur/keran juga mengandung mineral meski tidak sebanyak air kemasan. Yang terpenting, pastikan airnya bersih dan tidak berbau.
  • Terakhir, perhatikan suhu saat mendidihkan air. Umumnya, dalam pembuatan kopi tubruk, air dipanaskan hingga mencapai suhu 90 derajat celcius. 

3. Rasio kopi dan air

Perbandingan jumlah kopi dan air yang akan dicampurkan juga enggak boleh asal-asalan. Apabila anda memasukkan bubuk kopi terlalu banyak, rasanya akan pahit. Sebaliknya, jika airnya yang terlalu banyak, maka seduhannya bakal encer dan terasa hambar.

Rasio yang tepat untuk membuat kopi tubruk adalah 1:15., dimana 1 bagian untuk kopi dan 15 bagian untuk air. Jadi semisal anda menggunakan 20 gram bubuk kopi, maka volume airnya harus 300 ml. Kalau ditakar dengan sendok maka kira-kira 2 sendok teh bubuk kopi ke dalam 1 gelas air.

4. Proses penyeduhan

Selain kopi, air, dan rasio, faktor lain yang perlu diperhatikan dalam menghasilkan kopi tubruk yang nikmat adalah proses penyeduhan.

Setelah anda menuangkan kopi bubuk ke dalam cangkir, basahi dengan air mendidih sedikit aja sekitar 30 detik. Hal ini bertujuan untuk proses pre-heating (pemanasan awal) serta mengeluarkan gas yang terkandung di dalam kopi.

Selanjutnya, seduh kopi dengan air mendidih secukupnya (sesuai dengan rasio). Namun jangan diberi gula atau diaduk terlebih dahulu. Diamkan selama 5 menit, dengan begitu seduhan kopi akan menghasilkan rasa dan aroma terbaik.

Langkah-Langkah Membuat Kopi Tubruk:

Apabila anda bingung memahami penjelasan diatas, berikut langkah-langkah singkat dalam membuat kopi tubruk yang enak:
  1. Siapkan air mineral atau air biasa yang terjamin kualitas dan kebersihannya
  2. Didihkan air hingga suhu 90 derajat celcius. Atau setelah mendidih diamkan sebentar
  3. Masukkan biji kopi yang selesai digiling ke dalam cangkir (sekitar 20 gram atau setara 2 sendok teh bubuk kopi)
  4. Tuang sedikit air mendidih dalam cangkir, lalu diamkan selama 30 detik
  5. Tuang seluruh dosis air (sekitar 300 ml atau secangkir) dan diamkan selama 5 menit
  6. Setelah 5 menit, aduk secara merata (kopi tubruk lebih enak dinikmati tanpa tambahan gula pasir)
  7. Dan selesai, kopi tubruk pun siap dihidangkan!
Demikian trik membuat kopi tubruk yang enak. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Rahasia Membuat Kopi Tubruk yang Mantap dan Nikmat, Hanya dalam 5 Menit!"

Posting Komentar