Kurang Afdol Rasanya Jika Berkunjung ke Pontianak Belum Mampir di sini

Ada berbagai hal menarik yang bisa ditemukan di kota Pontianak. Selain menjadi pusat bisnis, kota yang dijuluki sebagai Kota Bumi khatulistiwa ini juga dikenal sebagai “kota pariwisata paling menarik di Indonesia”. Sebut saja Tugu Khatulistiwa (Equator Monumen) yang merupakan tempat teristimewa di Pontianak. Di tempat ini, setiap 2 kali dalam setahun diadakan event tahunan kota untuk memperingati fenomena titik kulminasi.

Di samping itu, keindahan Sungai Kapuas yang bahkan tergambar di logo kota, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler. Nah, berikut ini beberapa destinasi wisata di kota pontianak:

Destinasi Wisata Populer di Pontianak

1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatuliswa atau biasa disebut juga “Equator Monumen” merupakan ikon sejarah kota Pontianak, pertama kali dibangun pada tahun 1928. Di dalam bangunan ini, kamu bisa menemukan sejarah pembangunan Tugu Khatulistiwa dan informasi mengenai garis imajinasi bumi. Selain itu, tersedia juga toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik dan miniatur Tugu.

Yang unik dari tempat ini, setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September terjadi fenomena menakjubkan di sekitar tugu, yaitu fenomena titik kulminasi matahari. Pada saat itu, matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Sehingga semua benda (termasuk tugu) tidak akan memilki bayangan selama beberapa detik. Fenomena alam ini diperingati menjadi event tahunan yang selalu ramai pengunjung.

Bila kamu ingin berkunjung, lokasi Tugu Khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat kota, tepatnya di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Kamu tidak perlu membayar uang masuk. Tapi jika ingin mendapatkan sertifikat kunjungan, kamu harus membayar 10.000 rupiah.

2. Masjid Raya Mujahidin

Masjid yang berdiri megah di Jalan A. Yani, Pontianak Selatan ini tak sekedar berperan sebagai tempat beribadah bagi kaum muslimin. Gaya arsitektur yang menyuguhkan modernitas dengan dibalut nuansa khas Kalimantan Barat berhasil menjadikan Masjid Raya Muhajidin sebagai destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Bangunan Masjid Raya Mujahidin memiliki luas sekitar 60 meter x 60 meter, dan dapat menampung hingga 9000 jamaah. Beberapa orang yang telah mengunjunginya, mengatakan bahwa Masjid ini menyerupai masjid Nabawi di Madinah.

3. Maha Vihara Maitreya

Sejak berdiri di tahun 2013, Maha Vihara Maitreya ini menjadi destinasi wisata yang ramai didatangi para turis. Walaupun pada dasarnya bangunan ini merupakan tempat suci umat Budha, namun pengunjung beragama lain juga diperbolehkan untuk datang.

Bangunan ini memiliki gaya arsitektur klasik khas buddhist, dimana saat pertama kali masuk, kamu akan disambut oleh patung Maitreya berukuran raksasa. Bila ingin berkunjung, Maha Vihara Maitraya berlokasi di jalan Ahmad Yani 2 (Arteri Supadio),  Kabupaten Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat. Keberadaan Maha Vihara Maitreya ini dianggap sebagai wadah untuk mengembangkan persaudaraan antar umat beragama.

4. Gereja Saint Joseph Cathedral

Gereja Kathedral Santo Yosep, via: littlenomadid.com
Apakah kamu pernah mendengar cerita tentang keindahan bangunan St Joseph Cathedral di Pontianak? Yuph, gereja yang menjadi Katedral termegah di Asia Tenggara ini benar-benar memiliki daya tarik luar biasa.

Desain bangunannya yang tampak elegan dengan menyuguhkan nuansa Eropa seperti di vatikan mampu membuat siapapun terkesima. Tak ketinggalan pula, unsur budaya khas Kalimantan juga menghiasi bangunan ini. Salah satu contohnya dekorasi pintu bewarna perak keemasan yang dipenuhi motif ala etnis Dayak.

Gereja Kathedral Santo Yosep ini dapat menampung sekitar 10.000 orang. Lokasinya berdekatan dengan pusat pemberlanjaan, yaitu di Jalan Patimura no 195, Pontianak.

5.  Taman Alun-Alun Kapuas

Ketika berlibur ke Kota Khatulistiwa, pastikan kamu mampir dulu ke Taman Alun-alun Kapuas. Taman yang terletak di Jalan Rahadi Usman ini menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi kalangan muda hingga orang dewasa.

Pepohonan rindang yang tumbuh disekitar taman membuat suasana menjadi teduh dan damai. Di samping itu ada juga tanaman bunga berwarna-warni yang menambah daya tarik Alun-Alun Kapuas.

Disini kamu bisa menikmati panorama kota, dan berbagai janjanan kuliner yang dijual di pasar apung sungai Kapuas. Ada juga replika Tugu Khatulistiwa yang bisa dijadikan backgroud unik untuk foto selfiemu.

6. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak (atau disebut Masjid Abdurrahman) merupakan masjid terbesar sekaligus tertua yang menjadi penanda berdirinya kota Pontianak pada 1771 Masehi. Masjid ini terletak di kawasan kampung Beting, dan berhadapan dengan sungai Kapuas.

Masjid ini dibangun dengan gaya rumah panggung untuk menghidari banjir dari luapan sungai Kapuas. Untuk menuju kesana, pengunjung harus menggunakan sampan yang ada di Pelabuhan Seng Hei atau bisa menyusuri jembatan Sungai Kapuas dengan kendaraan bermotor.

Di sekitar masjid, kamu bisa menemukan pusat penjual oleh-oleh dan cinderamata. Selain itu, di sisi kiri pintu masjid juga terdapat pasar tradisional. Tak ketinggalan pula warung makan dan restoran terapung bagi wisatawan yang ingin bersantap kuliner.

7. Museum Negeri Pontianak

Dikenal juga dengan sebutan Museum Kalimantan Barat. Letaknya di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Museum ini memiliki 3 zona ruangan, yaitu ruang pameran artefak dan geologi, ruang pameran barang khas tradisional (Seperti etnogradi suku dayak), serta ruang pameran barang-barang yang terbuat dari keramik China.

Di luar ruangan, kamu bisa menyaksikan pemandangan taman dengan jembatan kayu yang unik. Ada juga hiasan miniatur yang berkaitan erat dengan budaya daerah (seperti rumah-rumah tradisional). Yang jelas, kamu gak bakal bosan berwisata sejarah di Museum Negeri Pontianak.

8. Paradis-Q Waterpark

Paradis-Q menjadi satu-satunya World Class Waterpark terbesar dan pertama di Kalimantan Barat. Bisa dibilang, tempat ini adalah surganya wahana air. Ada berbagai spot menyenangkan, mulai dari Kolam Seni Olympic, Kolam Ombak, Kolam Landing, Kolam Arus, Race Water Slide, Spiral Water Slide, dan masih banyak lainnya.

Meskipun baru diresmikan, tepatnya soft opening pada tanggal 3-10 Juli 2016 lalu, Paradis-Q Waterpark langsung jadi tempat wisata hits dan diincar para wisatawan. Lokasinya berada di Jalan Ayani 2, Kabupaten Kubu Raya.

9. Taman Fantasia Kalbar

Saat mendengar kata “Dunia Fantasi” pasti yang terpikirkan di benakmu adalah wahana rekreasi yang dipenuhi permainan anak. Ya, memang benar. Tapi Dufan yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat ini juga menyuguhkan keunikan lain.

Di sini kamu bisa menikmati wahana ilmu pengetahuan, kolam renang, cafe, dan pemandangan taman yang hijau nan asri. Wahana ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani II, Kabupaten Kubu Raya, dan dikenal juga dengan nama Dufan Ayani II. Di sini juga tersedia penginapan berkonsep alam buat keluarga yang menginginkan kesejukan dan pesona alam kota.

10. Rumah Radakng

Rumah Radakng Pontianak merupakan sebuah replika dari rumah adat suku dayak di Kalimantan Barat, yang dikenal dengan nama Rumah Betang atau Rumah Panjang. Tak main-main, panjang rumah ini mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter. Sehingga tidak heran jika Rumah Radakng disebut Rumah Adat Terpanjang di Indonesia.

Sejak peresmiannya pada tanggal 2 Juli 2013, rumah Radakng kini berhasil menjadi landmark kota Pontianak yang dibanggakan pemerintah setempat. Bagi suku dayak, rumah ini merupakan simbol kekeluargaan dan persaudaraan.

11. Aloe vera center

agro wisata tanaman lidah buaya, via: www.clozette.co.id
Aloevera Center merupakan kawasan agro wisata pertanian lidah buaya yang didirikan sejak tahun 20002. Lokasinya terletak di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak. Kira-kira sekitar 8 km dari pusat kota.

Di tempat ini kamu bisa menyaksikan pemandangan dari tanaman lidah buaya raksasa yang berjejer rapi. Selain itu, kamu juga akan ditunjukkan berbagai produk olahan lidah buaya, mulai dari snack, permen, dodol, coklat, jelly, kerupuk, minuman sari lidah buaya, teh, dan berbagai kuliner lainnya. Ada juga bermacam-macam kosmetik aloe vera. Produk-produk tersebut merupakan produk kualitas internasional, yang biasanya diekspor ke Malaysia dan Brunai Darusalam.

Oiya, yang bikin seru pengunjung diizinkan untuk mencicipi olahan makanan dan minuman tersebut. Atau bila kurang puas, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas Pontianak.

12. Mall Ayani Mega

Kalian mungkin sudah tak asing mendengar nama Mall yang satu ini. Ayani Mega Mall, ya sebagai pusat pembelanjaan terbesar di Pontianak, dan terbesar ke-3 di Indonesia, mall ini hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Di samping itu, bangunan ini juga menjadi mall terlengkap yang memiliki luas gedung sekitar 100.000 meter persegi. Ayani Mega Mall terdiri dari 4 lantai dengan anchor tenant seperti Cinema XXI, Hypermart, Matahari Department Store, Ace Hardware, Fun Station, Gramedia, Pizza Hut, KFC, Dunki’ Donut, Fiesta Food Court,  dan  berbagai tenant lainnya yang berskala nasional maupun internasional.

13. Pusat souvenir jl.Pattimura

Jalan-jalan ke Pontianak rasanya tak lengkap kalau belum berburu cinderamata sebagai oleh-oleh. Nah, jika kamu mencari pusat osouvenir terbesar di Pontianak, langsung saja datang ke kompleks ruko PSP yang berada Jalan Pattimura.

Di ruko ini, tersedia beragam souvenir (seperti kain batik khas Kalimantan Barat, gantungan kunci, miniatur tugu, dan sebagainya) hingga aneka kuliner. Harga yang ditawarkan juga murah meriah, sangat cocok dijadikan tempat untuk berburu buah tangan.

14. Surga Warung Kopi (Kawasan Gajah Mada)

Salah satu kebiasaan unik yang sering kita temukan di Pontianak adalah gaya hidup masyarakatnya yang doyan banget ngopi. Sebenarnya, kebiasaan ini merupakan asimilasi budaya dari etnis Tionghoa yang bermukim di Kalimantan Barat, dan kemudian menjadi tradisi turun-menurun hingga saat ini.

Berbicara tentang kopi, Pontianak memiiki kawasan khusus yang dikenal sebagai “surga warung kopi”. Kawasan ini terletak di jalan Gajah Mada. Disini, kamu dapat menemukan kedai-kedai kopi yang berderet sepanjang jalan. Mulai dari warung kopi tradisional hingga yang berkonsep modern. Beberapa diantaranya yang cukup populer seperti warung kopi Winny dan Warung kopi Suka Hati. Karena banyaknya warkop yang tersebar di daerah tersebut, warga setempat menyebutnya sebagai kawasan Gajah Mada sebagai Coffee Street.

Itulah beberapa destinasi wisata yang populer di Pontianak. Tunggu apa lagi? Ayooo berlibur ke Kota Khatulistiwa!!


0 Response to "Kurang Afdol Rasanya Jika Berkunjung ke Pontianak Belum Mampir di sini"

Posting Komentar