Kepulauan Raja Ampat, Wisata Impian Bagi Para Traveler

raja ampat terletak di daerah papua
Raja Ampat merupakan tempat wisata paling populer di provinsi Papua, bahkan diklaim sebagai destinasi wisata bahari terindah di Indonesia dan dunia. Pemandangan lautnya yang mempesona dengan dikelilingi gugusan kepaulauan nan eksotis membuat Raja Ampat banyak dilirik oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Yang lebih keren lagi, keindahan wisata Raja Ampat pernah diabadikan dalam film dokumenter karya Avant Preimere yang berjudul “Edis Paradise 3”, yang pertama kali tayang di Swiss. Dalam film tersebut, panorama bawah laut Raja Ampat dieksplore secara jelas. Tampak berbagai macam terumbu karang, flora, dan fauna yang tersembunyi dibawah lautan biru lazuardi. So, tidak heran jika wisata yang berada di Indonesia Timur ini dijuluki sebagai surga biota laut.

Nah, kira-kira keseruan apa saja sih yang bisa kamu dapatkan jika berlibur kesini? Yuk, langsung simak fakta-fakta menarik wisata Raja Ampat! Lets cekidot!

Keindahan dan Keunikan Wisata Raja Ampat

1.  Lautan dengan flora dan fauna terlengkap di dunia

Karena letaknya berada di pusat segitiga karang dunia (coral triangle), Raja Ampat dijuluki sebagai “Kawasan Amazon Lautan Dunia” yang berarti kaya akan keragaman hayati. Menurut penelitian, sekitar seperempat satwa laut di dunia hidup di perairan Raja Ampat, jumlahnya ada 1.320 spesies ikan dan 5 spesies penyu.

Raja Ampat juga disebut-sebut sebagai perairan yang memilki flora dan fauna terlengkap di dunia. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam satwa laut, mulai dari ikan duyung legendaris, ikan jenis wobbegong (seperti cumi-cumi) , papuan epaulette, kuda laut pigmy, ikan tuna, ikan hiu, Snappers, gerombolan ikan Barakuda, dan masih banyak lainnya.

2.  Surganya terumbu karang

Tak hanya kaya akan flora dan fauna, lautan di Raja Ampat juga dikenal akan pesona terumbu karangnya. Penelitian oleh Lembanga Consevation Internasional (CI) yang bekerja sama dengan LIPI dan LON (Lembaga Oseanografi Nasional) menemukan bahwa Raja Ampat memiliki 75% terumbu karang yang ada dunia. Sedangkan penelitian lain oleh pusat kajian ekologi, The Nature Conservancy (TNC) pada tahun 2002 mengemukakan terdapat 537 jenis terumbu karang yang hidup dalam perairan Raja Ampat. Hal ini tentu menjadi aset wisata bahari yang sangat berharga bagi Indonesia.

Keindahan terumbu karang di lautan Raja Ampat tak hanya terlihat dari dalam laut saja. Bagi kamu yang tidak menyelam, warna-warni karang bisa kamu nikmati dari kampung Saondarek. Ketika lautan mengalami pasang surut terendah, hamparan terumbuh karang akan tampak jelas dari daratan.

3.  Spot Diving Terindah di Dunia


Spot Diving bawah laut raja ampat papua
Menyelam di perairan Raja Ampat tentunya akan memberikan pengalaman yang terlupakan bagi para pencinta diving. Pesona bawah laut yang spektakuler, dengan dihiasi bebatuan, aneka terumbu karang dan satwa laut yang berenang hilir mudik mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya.
Untuk wilayah yang memiliki spot bagus untuk diving, biasanya berada diantara pulau Batanta, Weigo, Misool, Kofiau, Salasawati, serta kepualauan Wayag.

Jika ingin sesuatu yang lebih ekstrim, kamu bisa mencoba drift dive, yaitu menyelam sambil mengikuti arus yang kencang. Dijamin adrenalinmu bakal terpicu! Tapi bila tak suka kegiatan diving, pengunjung bisa menikmati hiburan lainnya, seperti snorkeling, berlayar, mengitari pulau dengan naik perahu, menjelajahi gua kelelawar, trekking menemukan air terjun, mengunjungi satwa daratan, atau membuat patung kayu sendiri.

4.  Gugusan kepulauan yang eksotis

Wisata Raja Ampat terletak di kawasan Papua Barat
Wisata Raja Ampat yang terletak di kawasan Papua Barat ini merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 610 pulau, tapi hanya 35 pulau yang dihuni penduduk. Dari ratusan pulau yang eksotis tersebut, ada 4 pulau terbesar diantaranya pulau Waigeo, Salaswati, Misool, dan Batanta.
Gugusan pulau-pulau itu membentang begitu indah, masih belum terjamah. Ada berbagai macam bentuk pulau yang unik, seperti pulau pensil (berbentuk pensil) dan pulau Ayau yang merupakan pulau karang raksasa.

5.  Wisata pantai pasir putih

pantai pasir putih raja ampat papua
via: raja-ampat-tour.com
Pemandangan lain yang menjadi daya pikat kepulauan Raja Ampat adalah pantai pasir putihnya yang cantik, sebut saja pantai Arborek, pantai Yeben, pantai Cemara, pantai Waiwo, pantai Waisai Torang Cinta, dan masih banyak lainnya
.
Pengunjung bisa menikmati pemandangan air laut yang tenang dengan diiringi ombak yang mendayu-dayu dan hembusan angin sepoi-sepoi. Sungguh indah, bahkan tak bisa dideskripsikan dengan kalimat apapun. Di samping itu, pelancong juga bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang romantis di tepi lautan. Tak heran, tempat ini sering dijadikan destinasi wisata honeymoon.

6.  Wisata kuliner yang lezat

Jenis kuliner khas objek wisata Raja Ampat adalah seafood. Kamu bisa menemukan berbagai macam hidangan laut yang diolah secara tradisonal maupun internasional. Selain itu, ada juga masakan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat sana yaitu Barapen Ayam dan Bapeda. Makanan ini merupakan kudapan yang terbuat dari tepung sagu, bentuknya seperti lem. Tapi rasanya sungguh nikmat.

7.  Souvenir unik

Setelah puas menikmati keindahan pesona Raja Ampat, sempatkan waktu untuk membeli souvenir juga dong! Disana dijual berbagai macam souvenir yang unik seperti patung buatan suku Asmat, kerajinan anyaman, kain tradisional, suling, tambur, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal menarik yang bisa kamu temukan di wisata alam Raja Ampat. Bila kamu berniat mengunjungi, sebaiknya agendakan di bulan Oktober atau November sebab pada saat itu kondisi ombak tidak terlalu ekstrim. Laut akan tampak biru dan tenang. Dan terpenting, jangan lupa sediakan dana yang memadai dan pastikan tubuhmu dalam kondisi fit.

0 Response to "Kepulauan Raja Ampat, Wisata Impian Bagi Para Traveler"

Posting Komentar