10 Resep Panjang Umur Ala Tiongkok Kuno


Setiap orang  pastinya ingin hidup sehat dan panjang umur. Namun untuk memperoleh umur yang panjang tentu bukanlah perkara mudah, terlebih lagi di era modern saat ini. Budaya masyarakat urban yang kian tak sehat, seperti sering duduk di depan komputer, jarang bergerak, dan terbiasa mengonsumsi makanan instan menjadi salah satu faktor pemersingkat usia. Sehingga tidak heran jika anak muda jaman sekarang rentan menderita penyakit degeneratif.

Tapi hal ini tidak berlaku bagi penduduk di China. Yuph, China memang dikenal sebagai salah satu negara yang mayoritas penduduknya berusia panjang. Misalnya saja di desa Chengmai, disana para lansia hidup sehat hingga berusia lebih dari 100 tahun. Nah, kira-kira apa sih rahasinya? Berikut ini 10 resep panjang umur ala tiongkok kuno yang bisa kamu tiru. Cekidot!

Resep Panjang Umur Ala Tiongkok Kuno

1. Pijat kepala  (Baihui)

Menurut Pengobatan Tradisional Tiongkok (Tradisional Chinese Medicine / TCM), organ manusia memiliki titik-titik syaraf yang meliputi 12 titik meredian, 40 titik akupuntur, dan lebih dari selusin titik akupresur yang berkumpul di kepala. Titik ini berkaitan erat dengan kesehatan, dan apabila dipijat dapat meningkatkan metabolisme serta pencegahan terhadap penyakit tertentu.

Melakukan pemijatan refleksi pada kepala dapat merangsang kecerdasan dan kesehatan. Anda bisa menggunakan sisir berbentuk sikat yang memiliki bulatan di ujungnya untuk menekan titik-titik syaraf di kepala. Lakukan sebanyak 3 kali sehari (pagi, siang, dan malam) selama 2 menit, masing-masing 60-100 kali sisiran.

Kebiasaan ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme otak, mempertajam daya ingat, mengurangi uban, menjaga stamnina, mengobati insomnia, dan meningkatkan nafsu makan.

2. Memijat telapak kaki (Yongquan)

Tau nggak sih, ternyata fungsi kaki bukan sekedar untuk berjalan lho! Faktanya, kaki memiliki titik-titik penting (disebut Yongquan) yang bisa memberikan efek luar biasa terhadap kesehatan tubuh. TCM sendiri mengatakan bahwa terdapat lebih dari 60 titik akunpuntur di kaki yang terkait erat dengan 12 titik meredian di organ internal.

Dengan memijat-mijat titik tersebut (tepatnya di pusat lekungan telapak kaki) secara rutin bisa membantu meredakan sakit kepala, mengobati insomnia, mengurangi kelelahan, melancarkan sirkulasi darah, merileksan otot-otot kaki, mengobati hipertensi, hernia, nefritis, kejang, penyakit jantung, gangguan tenggorokan, kaki pecah-pecah, dan penyakit lainnya. Sebelum memijat, usahakan merendam kaki di dalam air hangat terlebih dahulu untuk memberikan efek rileksasi.

3. Menelan air liur 300 kali sehari

Air liur yang selama ini mungkin kamu fikir menjijikan, ternyata juga menjadi bagian dari resep panjang umur penduduk China. Pengobatan kuno Tiongkok percaya bahwa dengan menelan air liur 300 kali sehari bisa mempengaruhi kesehatan organ internal (seperti lambung dan limpa), melumasi sendi, meningkatkan stamina tubuh, dan menjernihkan ikiran.

Menariknya, hal ini bukan hanya sekedar kepercayaan kuno. Para ilmuwan Amerika menemukan bahwa air liur berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel syaraf dan epidermis. Selain itu, studi yang dilakukan di University of Georgia School of Medicine juga menunjukkan manfaat luar biasa dari air liur, yaitu mampu menghancurkan zat karsinogenik alfatoksin (pemicu kanker).

4. Menggertakkan gigi

Pernahkah kamu menggertakan gigi atas dan bawah secara bersamaan? Entah itu sekedar iseng atau memang sengaja melakukannya? Jika kamu sering menggertakan gigimu, tandanya kamu benar-benar peduli dengan kesehatan tubuh. Lho kok bisa?

Yuph, pengobatan kuno Tiongkok mengatakan bahwa aktivitas menggertakan gigi secara berirama dan berulang-ulang kali sangat efektif dalam membantu melancarkan sirkulasi darah dalam mulut, menyeimbangkan Yin dan Yang, meningkatkan sekresi air liur, menjaga kekuatan gigi dan otot-otot rahang, serta meningkatkan resistensi anti mikroba.

5. Pijat punggung suami-istri

Khusus untuk kamu yang sudah menikah, sering-seringlah meminta pasanganmu untuk memijat area punggung. Selain dapat meningkatkan keharmonisan, ternyata pijatan pada punggung ini memiliki banyak manfaat.

Di punggung terdapat titik-titik akupuntur yang bisa menstimulasi dan menjaga keseimbangan sistem syaraf. Selain itu, pijatan punggung juga berfungsi untuk mencegah nyeri pada punggung, merilekskan otot-otot, menjernihkan pikiran, serta mencegah insomia.

Ada 2 teknik pijatan yang bisa kamu coba. Pertama, teknik menepuk (Patting) yaitu memijat  menggunakan telapak tangan. Kedua, teknik memukul (hitting) yaitu memijat dengan kepalan tangan kosong secara lembut. Lakukan terapi ini 50-60 kali pukulan setiap hari untuk memperoleh hasil yang optimal.

6. Peregangan tubuh (Stretching)

Ketika merasa lelah, seringkali kita akan meregangkan tubuh disertai menguap secara spontan. Misalnya saja mengangkat kedua lengan tangan, meluruskan leher, mengambil nafas panjang, atau meregangkan pinggang.

Ya, kegiatan peregangan tubuh (streching) ini masuk dalam resep panjang umur Tiongkok kuno, dan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya melancarkan sirkulasi darah ke otak, mengurangi kelelahan, meningkatkan asupan oksigen, melancarkan proses metabolisme, menghilangkan ketegangan otot, sertar membantu pengedaran nutrisi ke seluruh tubuh.

7. Memijat perut

TCM (Traditional Chinese Medicine) mengatakan bahwa perut merupakan sumber Yin dan Yang, serta berpengaruh terhadap kesehatan organ-organ internal. Memijat perut dapat membantu sistem pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan berat badan, mengobati maag, sembelit, insomnia, hernia, nefritis, radang prostat, hipertensi, diabetes, dan jantung koroner.

Teknik memijat perut yang baik adalah dengan menggosok perut (diatas pusar) searah jarum jam menggunakan tumit tangan sebanyak 130 kali. Kemudian pijat area bawah pusar sebanyak 120 kali. Terakhir, pijat seluruh daerah perut dengan telapak tangan sebanyak 120 kali. Lakukan teknik pemijatan ini secara berulang dan konsisten.

8. Memijat daerah antara ibu jari dan telunjuk (Hegu)

Sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahui teknik akupuntur yang satu ini. Yak, pemijatan pada titik di ibu jari hingga jari telunjuk (titik Hegu) dapat membantu menyembuhkan sakit kepala, mengobati kelumpuhan wajah, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan panca indera.

Lakukan pemijatan selama 5 menit dengan cara menekan titik tersebut dengan ibu jari atau jari tengah sebanyak 15-20 kali tekanan.

9.  Memijat pergelangan tangan (Nei Guan)

Melakukan pemijatan di sekitar 5 cm dari lipatan tangan (titik Nei Guan) bisa membantu pengobatan sakit perut, mual, muntah, hipertensi, epilepsi, asma, dan jantung berdebar.
Lakukan pemijatan selama 5 menit dengan cara menekan titik tersebut dengan ibu jari atau jari tengah sebanyak 15-20 kali tekanan.

10. Memijat area bawah lutut  (Zu San Li)

Memijat di daerah bawah pusat lutut (sekitar 7,5-10 cm bawah lutut)  bisa meningkatkan stamina tubuh, melancarkan sirkulasi darah, serta menjaga kesehatan perut, merangsang lambung dan usus, meningkatkan nafsu makan, merangsang produksi sel darah merah, meningkatkan kadar hormon endokrin, mengikatkan sistem imun, serta membantu mengobati hipertensi.
Lakukan pemijatan selama 5 menit dengan cara menekan titik tersebut dengan ibu jari atau jari tengah sebanyak 15-20 kali tekanan.

Ketiga teknik pemijatan akunpuntur tersebut (Hegu, Nei Guan, Zu San Li) menjadi rahasia perawatan medis China kuno. Teknik ini memilki manfaat luar biasa untuk menyehatkan saraf, organ, jaringan dan otot. Begitu juga dengan teknik-teknik lainnya yang memberikan efek positif terhadap tubuh.

Sumber: erabaru.net

0 Response to "10 Resep Panjang Umur Ala Tiongkok Kuno"

Posting Komentar