Kita Bangga Punya Candi Borobudur, Kenapa?





Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya nama Candi Borobudur sudah tak asing lagi di telinga kita. Candi yang menjadi ikon Bumi Pertiwi ini telah dibangun sejak abad ke-8, dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Sungguh menakjubkan! Bahkan Candi Borobudur dinobatkan sebagai Candi dan Monumen Buddha Terbesar di Dunia.


Candi Borobudur bukan sekedar wisata alam, tapi juga menjadi wisata sejarah.  Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam peninggalan sejarah dan kebudayaan lokal yang mempesona. Dengan demikian, tak heran jika UNESCO menetapkan Borobudur sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia (World Heritage).

4 Fakta Keindahan Candi Borobudur

1. Mahakarya Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

via: Prema Bali Adventure

Keberadaan Candi Borobudur sudah lama dikenal oleh dunia. Tak tanggung-tanggung, kuil yang terletak di Magelang ini dijuluki sebagai salah satu keajaiban dunia. Ya bagaimana tidak, pasalnya candi yang berdiri kokoh tersebut merupakan bangunan tangan manusia, tanpa ada bantuan teknologi sedikitpun.

Coba lihat saja kemegahannya! Monumen raksasa ini tersusun dari bebatuan andesit (jumlanya mencapai sekitar 2 juta balok batu) yang dibuat dengan sistem interlock, dimana strukturnya berbentuk punden berundak (Piramida bertingkat). Sementara itu, sebagai simbol kosmologi buddhist, dinding bangunan ini dihiasi oleh pahatan-pahatan relief yang jumlahnya mencapai 2672 panel. Tak ketinggalan, candi ini juga dihiasi oleh 504 arca buddha “duduk bersila” yang diletakkan di dalam stupa-stupa berlubang. Dimana stupa terbesar ada di bagian tengah, sedangkan sisanya berjumlah 72 stupa tersebar di berbagai area. Sungguh menakjubkan, bukan? Benar-benar mahakarya terbesar manusia sepanjang sejarah!

2. Tempat Beribadah Sekaligus Lokasi Wisata

Sebenarnya pembangunan Candi Borobudur masih menjadi misteri hingga saat ini. Sebagian besar catatan sejarah menyebutkan bahwa candi ini dibangun sekitar tahun 770-800 Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Dengan dinaungi oleh arsitektur benama Gunadharma, dan proses pembangunannya menghabiskan waktu hingga 75 tahun.

Fungsi utama candi Borobudur sendiri adalah sebagai tempat beribadah. Kamu bisa menyaksikan pada saat hari raya Waisak, tepatnya di bulan Mei pada bulan purnama, umat Buddha akan mengadakan prosesi keagamaan di candi Borobudur dengan mengundang para wisatawan. Mereka melakukan beberapa ritual dan pelepasan ratusan lampion ke langit.

Di samping itu, Candi Borobudur juga difungsikan sebagai tempat wisata. Keindahan alam dan gaya bangunanya yang menyiratkan unsur magis berhasil membuat Borobudur menjadi destinasi wisata yang banyak diburu wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Biasanya para wisatawan akan mengitari candi searan putaran jarum jam (dari kiri ke kanan). Menaiki tangga dari tingkatan satu hingga ke tingkatan teratas untuk menemukan cerita sejarah yang terukir berurutan di relief-relief pada dinding candi.

3. Keindahan Alam di Puncak Borobudur

via:lovethesepict



Selain menyuguhkan keindahan sejarah, wisata Borobudur juga menghadirkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Tepatnya saat berada di puncak kuil. Di sana, pengunjung bisa melihat gunung-gunung (seperti gunung Merapi, gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing) dan perbukitan hijau yang berjejer mengelilingi candi.

Ketika matahari tenggelam, cahaya sunset akan tampak sangat jelas dan mempesona. Begitupun di pagi hari, sunrise juga bisa dinikmati pengunjung di atas puncak. Yang jelas, pemandangan disana telah menggambarkan Keagungan Tuhan Sang Maha Pecipta.


4. Hiburan dan Souvenir

Tak hanya menikmati pemandangan dan candi-candi, disini kamu juga dapat mencoba berbagai hiburan lho! Seperti mengunjungi museum secara gratis, naik menunggangi Gajah, atau mengelilingi area candi Borobudur dengan sepeda, andong, dan kereta kelinci.

Nah, bagian yang tak kalah penting adalah tempat pembelian souvenir. Tak jauh dari kompleks candi, kamu bisa melihat kios-kios yang berderat yang menjual berbagai macam oleh-oleh, seperi miniatur candi borobudur, gantungan kunci, topi, kaos, dan sebagainya.

Demikianlah beberapa fakta-fakta unik tentang keindahan Candi Borobudur. Nah, kalau kalian pengen berkunjung ke bangunan bersejarah ini, langsung saja goes to Magelang, gaes!! Dan jangan lupa sediakan budgetnya ya. Untuk tiket masuk (HTM) orang dewasa harganya cukup murah, yakni Rp.30.000. So, tunggu apa lagi??!

0 Response to "Kita Bangga Punya Candi Borobudur, Kenapa?"

Posting Komentar