Sejarah dan Fakta Menarik Tentang Danau Toba

Fakta Menarik Tentang Danau Toba
Berbicara tentang keindahan danau vulkanik yang ada di Indonesia, tentu yang terlintas pertama di pikiran kita adalah Danau Toba. Danau yang menjadi ikon wisata Sumatera Utara ini memiliki panorama yang sangat menakjubkan dengan dikelilingi perbukitan dan pegunungan. Sedangkan di bagian tengahnya terdapat sebuah pulau bernama pulau Samosir.

Tak hanya menawarkan panorama yang indah, danau toba juga menyimpan fakta-fakta spektakuler yang membuatnya layak dijuluji sebagai surganya dunia. Nah, berikut ini beberapa fakta menarik dibalik permai Danau Toba. Read out!

Fakta-Fakta Menarik Danau Toba

1.  Terbentuk akibat letusan Gunung Api Raksasa

Bukan hanya alamnya saja yang menawan, asal-muasal terbentuknya danau Toba pun juga sungguh spektakuler. Danau ini terbentuk dari ledakan supervolkano sebuah gunung berapi “gunung toba” yang terjadi sekitar 74.000 tahun silam.

Letusan tersebut memiliki skala kekuatan 8.0 VEI dan ketinggian mencapai 50 km. Beragam material dimuntakan dari dasar gunung ke daratan menyebar hingga mencapai lebih dari 1000 kilometer kubik. Hal inilah yang menjadi awal terbentuknya kawah vulkanik, disertai dengan pergeseran lapisan bumi yang membuat dasar kawah naik dan membentuk pulau Samosir.

Bencana alam ini terjadi selama 1 minggu berturut-turut hingga menyebabkan iklim bumi turun mencapai 3 derajat celcius. Menurut ilmuwan, letusan itu menjadi salah satu letusan terdahsyat di sepanjang sejarah yang menyebabkan kematian populasi manusia hingga 60%.

2. Danau Vulkanik Terluas kedua di Dunia

danau vulkanik terbesar se-Asia Tenggara masuk Guiness World Record
Berdasarkan letak geografisnya, danau Toba berada di pegunungan bukit barisan tepatnya di provinsi Sumatera Utara. Luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi (lebih luas dari Negara Singapura) dengan ketinggian sekitar 903 meter dari permukaan air laut. Maka dari itu, tak heran jika danau toba dinobatkan sebagai danau terbesar se-Asia Tenggara, bahkan masuk dalam daftar Guiness World Record.

Yang lebih menakjubkan lagi, ternyata danau toba bukan hanya dikenal di nusantara atau wilayah Asia saja. Dunia pun telah mengakui keberadaan danau toba, dan menetapkannya sebagai kawah/danau vulkanik terluas kedua di dunia setelah danau Victoria yang ada di Afrika.

3. Panorama dan Wisata yang Menakjubkan

Sejak fenomena letusan itu terjadi hingga saat ini, keberadaan danau Toba terus menyedot perhatian khalayak dunia. Sampai pada akhirnya, kawasan tersebut dijadikan lokasi wisata. Penobatan danau Toba sebagai destinasi wisata bukan tanpa alasan. Pasalnya danau vulkanik ini memiliki keindahan panorama yang tak bisa dipungkiri.

Jejeran gunung yang menjulang tinggi dan perbukitan yang mengitari danau Toba dapat menyihir mata siapapun yang memandangnya. Danau ini juga dikelilingi oleh hutan pinus dan air terjun yang menambah kesan eksotis. Di samping itu, pengunjung juga bisa menyaksikan aneka fauna, bunga-bunga nan mempesona, dan mencoba berbagai macam kegiatan seperti mengelilingi danau naik perahu, rileksasi di pemandian air hangat, bermain jetsky, dan sebagainya.

Spot yang paling banyak dinimati pengunjung adalah menara Pandang Tele. Dari menara tersebut, kamu bisa melihat pemandangan di sekitar danau yang spektakuler, gunung, lautan biru, dan pepohonan hijau. Jika punya waktu lebih, sempatkan juga untuk menyinggahi pulau Samosir, kampung halaman warga batak. Di pulau ini penduduknya ramah, dan ada berbagai tempat wisata seperti Wisata Air Panas Simbolon, Wisata Batu Marhosa, Wisata Gua Sidamdam, Wisata Pantai Bebas, dan masih banyak lainnya.

Nah, itulah beberapa fakta-fakta dan keindahan Danau Toba. Jika kamu belum pernah berkunjung kesini, buruan deh agendakan liburanmu ke wisata Danau Toba. Dijamin kamu bakal memperoleh pengalaman yang tak terlupakan.

0 Response to "Sejarah dan Fakta Menarik Tentang Danau Toba"

Posting Komentar