Pantai Losari, ikon wisata kota Makassar





Jalan-jalan ke Makassar rasanya tidak lengkap bila tak menyambangi pantai yang jadi ikon kota tersebut. Yak, apa lagi kalau bukan Pantai Losari! Pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar ini menjadi tempat wisata populer yang banyak dikunjungi turis lokal maupun asing. Bagi warga sekitar, mereka selalu menghabiskan waktu di pagi dan sore hari di pantai Losari untuk menikmati pemandangan langit di sudut pantai yang begitu memukau.

Fasilitas dan Keindahan Pantai Losari

Ada beberapa hal menarik yang membuat pantai Losari begitu spesial dan menjadi kebanggaan warga Makassar, diantaranya adalah:

1. Panorama Sunrise dan Sunset Sangat Mempesona

Tak heran jika pantai Losari disebut-sebut sebagai pantai terindah bagi para pecinta wisata alam, sebab Losari memiliki keistimewaan yang tak dimiliki pantai lain, yaitu pemandangan sunrise dan sunsetnya yang sangat mempesona.

Ketika pagi hari, banyak pengunjung datang untuk berolahraga sambil menikmati udara yang sejuk dan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang tampak cantik. Sedangkan di sore hari, biasanya para pemuda pemudi memburu tempat ini agar bisa menikmati romantisme fenomena matahari tenggelam, sambil melihat deburan ombak dan ditemani semilir angin sepoi-sepoi. Yang jelas, suasana di Losari begitu tenang dan mendamaikan.

2. Pantai dengan Warung Terpanjang di Dunia

Tak hanya menyuguhkan keindahan sunrise dan sunset, Pantai Losari juga menyediakan aneka macam kuliner yang lezat. Disana, kamu akan melihat warung-warung penjual makanan yang berjajar di sepanjang pantai. Saking panjangnya deretan warung tersebut (kira-kira satu kilometer panjangnya), sampai-sampai pantai Losari disebut sebagai Pantai dengan Warung Terpanjang di Dunia.

Jajanan yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari hidangan laut (seperti lobster, cumi-cumi, ikan pari) hingga berbagai masakan khas Makassar yang paling populer adalah pisang epek. Pisang epek merupakan pisang yang dibakar dan disuguhkan dengan gula merah. Selain itu, ada juga masakan lain seperti soto Makassar, pisang ijo, sop konro, dan sebagainya.

3. Aktivitas seru dan Hotspot gratis

Selain menikmati pemandangan, ada beberapa permainan seru yang bisa dilakukan para pengunjung di pantai Losari misalnya saja naik sepeda air, bermain banana boat, atau mengelilingi pantai dengan perahu. Sedangkan untuk kegiatan berenang tidak dianjurkan, sebab air di pantai Losari cukup dalam sehingga berenang dianggap berbahaya.

Oiya, keseruan lain yang bisa dirasakan pengunjung adanya fasilitas hotspot gratis yang bisa diakses di sepanjang pantai Losari. Jadi semisal kamu lagi males bermain, kamu bisa duduk di sudut pantai atau menikmati makanan di warung sambil berselancar di dunia maya. Hmm, asik kan?!

4. Wisata Religi: Masjid Terapung

via: bello.id 



Bagi kamu pecinta wisata religi, di pantai Losari terdapat sebuah masjid unik yang terapung diatas perairan. Warga sekitar menyebutnya sebagai Masjid Amirul Mukminin. Masjid tersebut diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia. Letaknya di timur laut pantai Losari, berhadapan dengan rumah pejabat Wali Kota Makassar.

Walaupun berdiri di atas air, bangunannya tetap berdiri megah dan memiliki kubah berwarna biru nan unik berdiameter mencapai 9 meter. Gaya arsitekturnya pun juga modern dengan dinding dibalut warna putih abu-abu. Masjid yang diresmikan sejak tahun 2012 tersebut mampu menampung sekitar 400 jamaah.


5. Tiket Masuk Gratis

Satu lagi keistimewaan pantai Losari yang membuatnya tak pernah sepi pengunjung, yakni tiket masuk gratis! Jadi kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini kapapun tanpa dipungut biaya sepersenpun alias gratis.

Untuk akses akomodosainya juga cukup mudah. Dari pelabuhan Soekarno-Hatta bisa ditempuh dalam waktu 20 menit, sedangkan dari Bandara Hasanuddin sekitar 45 menit. Jika anda ingin menginap, disana tersedia berbagai macam penginapan, mulai dari wisma hingga hotel. Di samping itu, ada juga restoran, rumah sakit, dan pusat pembelanjaan aneka souvenir.

Nah, itulah beberapa hal menarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke tempat wisata pantai Losari di Makassar. Oiya, waktu ideal untuk mengunjungi pantai ini sekitar jam 3 sore hingga jam 9 malam. Di saat itu, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset yang memukau dan pedangan kuliner juga semakin ramai. Dijamin gak akan menyesal deh!

pict source: hellomakassar.com

0 Response to "Pantai Losari, ikon wisata kota Makassar"

Posting Komentar