Mengintip Pesona Karimunjawa, Wisata Alam di Laut Jawa





Keindahan pesona Karimunjawa memang sudah bukan rahasia lagi. Kepulauan yang terletak di laut Jawa, tepatnya di kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini memiliki kekayaan alam yang sangat menakjubkan, mulai dari terumbukarangnya, fauna, flora, pasir putih, serta hamparan laut yang jernih berwarna kehijauan. Sungguh luar biasa! Karena potensinya tersebut, Karimunjawa ditetapkan oleh Pemerintah setempat sebagai Taman Nasional sejak tahun 2001.

Karimunjawa sendiri merupakan gugusan kepulauan yang terdiri 27 pulau dengan daratan seluas ±1.500 hektar dan perairan seluas ±110.000 hektar. Masyarakat menyebut Karimunjawa dengan julukan “Perawan Jawa” karena perairannya yang begitu jernih hingga tampak dasar lautnya. Wisata yang memiliki kekayaan bahari ini tidak hanya digemari oleh wisatawan domestik, tetapi juga sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Nah, kira-kira apa saja sih hal menarik yang bisa kita dapatkan saat mengunjungi wisata Karimunjawa? Berikut ini ulasannya!

Keindahan Kepulauan Karimunjawa

Ada banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan dan nikmati saat berkunjung di wisata kepulauan Karimunjawa, diantaranya adalah:

1. Kekayaan Bahari yang Memukau

Kepaulauan Karimunjawa dikenal dengan pemandangan alam dan bawah lautnya yang sangat memukau. Di tempat ini kamu akan disuguhkan penampakan pantai yang begitu indah. Airnya bening kehijauan dengan dihiasi pasir putih yang bersih. Selain itu, Karimunjawa juga mempunyai kekayaaan bahari yang terdiri ekosistem flora dan fauna, hutan mangrove, hutan pantai, serta hutan bakau.

Di wilayah perairan, kamu bisa menyaksikan beraneka spesies fauna laut yang jumlahnya mencapai 400 spesies, seperti terumbu karang, ikan hias, penyu hijau, penyu sisik, karang lunak, spons, dan sebagainya. Sedangkan di wilayah daratan kamu dapat melihat rusa, landak, ular, trenggiling, bangau abu, hingga binantang langka seperti elang laut.

2. Spot diving yang Indah

via:faunadanflora.com



Salah satu kegiatan yang banyak diburu oleh wisatawan saat mengunjungi Karimunjawa adalah mencoba snorkelling dan diving. Ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati saat menyelam ke bawah laut, seperti melihat bangkai kapal milik Belanda yang karam di tahun 1960, aneka terumbu karang, hiu yang jinak, dan berbagai biota laut lainnya.

Paling tidak, ada sekitar 30 spot diving yang sering disambangi para traveler. Beberapa diantaranya ada di Pulau Menjangan, Pulau Cemara, Pulau Krakal Kecil, Pulau Kembar, dan Pulau Bengkoang. Bagi kamu yang tidak ingin menyelam, kamu bisa menyewa glass bottom boat, yaitu perahu yang dilengkapi dengan kaca dibagian bawahnya sehingga kamu bisa menyusuri pulau sambil melihat-lihat biota yang ada di dalam laut.


3. Wisata kuliner yang menggiurkan

Selain menikmati alam yang mempesona, di Karimun jawa ini kamu juga bisa mencoba berbagai macam kuliner seafood yang menggiurkan. Mulai dari olahan udang, ikan, cumi, dan masing banyak yang lain.

Beberapa kuliner yang banyak digemari wisatawan seperti siomay tongkol, tongseng cumi, pindang serani, lontong krubyuk, serta bakso ikan ekor kuning. Selain itu ada juga jajanan ringan misalnya jenang krimun, pisang panggang, klepon alang-alang, dan sebagainya. Kamu bisa menemukan makanan-makanan tersebut dengan mudah di sekitar alun-alun Karimunjawa.

4. Aneka macam souvenir nan menarik

Karimunjawa juga dikenal sebagai pusat souvenir yang unik dan lucu. Ada kerajinan tangan berupa tongkat, tasbih, dan keris yang dibuat dari kayu-kayu langka (kayu kalimasada, kayu dewadaru, dan kayu setigi). Jika ingin membeli sovenir tersebut, kamu bisa berkunjung ke pusat kerajinan Labiki yang berada di Jalan Kapuran dan Al Badri di Desa Legon Cikmas. Di samping itu, ada juga pakaian dan topi khas Karimunjawa. Namun bila ingin membeli makanan, biasanya yang paling laris adalah makanan olahan rumput laut, ikan teri, jenang, dan ikan asin.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di wisata Karimunjawa adalah menikmati indahnya sunset dan sunrise dari tepian laut. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau memancing. Yang perlu diperhatikan, pastikan kamu berkunjung pada saat bulan Maret-Juli, karena pada saat itu pasang air laut rendah sehingga jadwal kapal berjalan lancar dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman.

Untuk penginapan, kamu tidak perlu khawatir sebab disana banyak penduduk yang menyewakan rumahnya sebagai penginapan bagi para traveler. Alternatif lain, kamu juga bisa menginap di wisma atau hotel. Dan bila ingin yang lebih asik, tersedia juga hotel terapung yang di atas lautan. Hmm, seru kan?

0 Response to "Mengintip Pesona Karimunjawa, Wisata Alam di Laut Jawa"

Posting Komentar