Wisata di Bali

Nama Bali jelas bukanlah sesuatu yang asing bagi siapapun yang ingin menikmati liburan yang berkualitas. Saking terkenalnya bahkan akan lebih mudah mencari turis asing yang tahu mengenai Bali jika dibandingkan dengan Jakarta.  Terlepas dari masalah ini, Bali adalah pulau kecil dengan segudang potensi wisata. Bukan hal yang aneh jika kemudian ada wisatawan yang bahkan menetap di Bali hingga bertahun-tahun.  Salah satu yang sering dicari orang adalah wisata pantai di Bali. Sebagai sebuah pulau, pantai adalah aset alami yang bisa dengan mudah dinikmati di Bali.

wisata di pantai kuta
pantai kuta
Pantai yang biasa dicari oleh para turis adalah pantai Kuta. Pantai ini terletak di sebelah selatan pulau Bali. Jaraknya yang hanya 1,5 km dari bandara Ngurah Rai menjadi alasan mengapa banyak turis asing yang langsung mengrahkan tujuannya ke pantai Kuta. Sebagai objek wisata, pantai Kuta sudah dikembangkan sejak 1970-an. Karena itu untuk soal urusan fasilitas sudah memadai. Pantai Kuta adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Karena itu, banyak  yang menyebutnya sunset beach atau pantai matahari terbenam.

bali
sanur - Bali
Bagi wisatawan yang ingin berselancar, pantai Sanur adalah pilihannya. Pantai ini ada di sebelah timur Denpasar. Selain selancar, wisatawan juga bisa menikmati wisata selam dan snorkeling.  Untuk wisata jenis ini, nyaris tidak dibutuhkan pelatihan khusus karena situasi perairan yang relatif aman. Dengan demikian, menyelam di Sanur bisa jadi pengalaman penting bagi banyak penyelam pemula. Ketika wisatawan ada di pantai Sanur, fenomena alam yang banyak ditunggu adalah matahari terbit. Fenemana ini adalah kebalikan dari apa yang terjadi di Kuta.

pulau seminyak bali
Seminyak
Di luar pantai Sanur dan pantai Kuta, Seminyak adalah alternatif yang patut dipertimbangkan. Jika dibandingkan dengan dua pantai sebelumnya, pantai seminyak atau biasa juga disebut pantai Dhyanapura tidak sepadat keduanya terutama pada masa kunjungan puncak. Alasan inilah yang membuat pantai ini menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai  secara lebih bebas. Pasir yang ada di pantai ini sangat lembut dan cukup landai. Saat mengunjungi pantai ini, sudah ada cukup sarana penunjang seperti restoran, villa  dan hotel.
legian bali
Selain Seminyak, yang bisa dijadikan alternatif kunjungan pantai di Bali adalah pantai Legian. Pantai ini ada di utara pantai Kuta. Pantai ini sudah cukup punya nama. Semuanya berkat seringnya peliputan dari berbagai majalah tour and travel. Pantai ini secara khusus mendapat label sebagai pantai yang harus dikunjungi selain Kuta.

pasar seni sukawati
Pasar Seni Sukawati
Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi suatu tempat wisata adalah berbelanja. Secara khusus, benda-benda yang memiliki nilai seni yang unik dan khas biasanya menjadi incaran wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri. Untuk alasan inilah, pasar seni Sukawati punya arti penting dalam rencana wisata ke Bali. Sebagai sebuah pasar, reputasi pasar seni Sukawati sudah mendunia. Pasar ini tepatnya ada di desa Sukawati kabupaten Gianyar. Jika dilihat dari bandara di Denpasar, pasar ini ada sekitar 30 kilometer. Dengan menggunakan mobil, wisatawan bisa sampai sekitar 45 menit. Barang dagangan utama yang terkenal di pasar ini adalah aneka pakaian dan kerajinan yang secara tradisional menjadi ciri khas Bali. Aneka barang yang dijual bisa didapat dengan murah jika anda bisa menawar. Untuk pakaian yang bersifat tradisional, pola batik  dengan ornamen khas Bali adalah ciri utamanya.

mediakalbarSelain wisata pantai dan wisata belanja, Bali juga memiliki tempat tujuan yang unik. Salah satu hal unik yang bisa menarik perhatian adalah patung Garuda Wisnu Kencana. Patung ini rencananya akan memiliki tinggi sekitar 20 meter. Di lokasi patung dewa Wisnu ini, wisatawan bisa menikmati sekaligus matahari terbit dan tenggelam.
dreamland Bali
Saat menuju lokasi patung Garuda Wisnu Kencana, sebenarnya ada lagi pantai lainnya yang mungkin bisa dikunjungi wisatawan yaitu pantai Dreamland. Pantai ini terletak di bukit unggasan. Pantai ini punya tebing yang tinggi dengan batu karang besar di lokasi pantai. Karena pantai ini relatif belum banyak kenal, tidak ada salahnya untuk bertanya pada orang setempat.


bedugul
Jika ada waktu ekstra, tidak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan dari bandara Ngurah Rai  ke Bedugul. Bedugul secara sederhana adalah kebun raya yang ada di kercamatan Baturiti, Tabanan bali. Dari Bandara Ngurahg Rai sekitar 62,6 km. jika sebelumnya wisatawan sibuk menikmati keindahan pantai, di Bedugul kesegaran dan keindahan pemandangan gunung dan danau adalah nilai utamanya. Tempat ini sesuai untuk siapa saja yang ingin menenangkan diri dari aneka rutinitas yang menekan.

tanah lot bali
Tanah Lot adalah salah satu ikon Bali yang juga sayang untuk ditinggalkan. Penting untuk dicatat bahwa untuk mencapai Tanah Lot pada masa puncak kunjungan bisa lebih lama dari 1 jam jika perjalanan dimulai dari bandara Ngurah Rai. Lalu lintas yang padat adalah salah satu masalah yang bisa menghambat perjalanan ke Tanah Lot.

nusa dua bali
 Untuk tempat wisata yang punya kesan kuat akan kemewahan dan kerapian, Nusa Dua adalah pilihan yang tepat. Tempat ini memiliki kebersihan yang terjaga. Jajaran rapi pepohonan yang terpelihara menjadi ciri daerah ini. Karena itu, bukan hal yang aneh jika ada beragam hotel maupun resort dengan kualitas terbaik.

Meskipun Bali terkesan sebagai sebuah pulau yang kecil, namun dengan beragamnya daerah tujuan wisata, perencanaan yang matang akan diperlukan. Dengan demikian waktu berkunjung yang terbatas bisa dimaksimalkan untuk menikmati keindahan Bali yang sesungguhnya.

0 Response to "Wisata di Bali"

Posting Komentar